Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 7 Bab 8 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)

Sekolah              :  SMP ...
Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester        :  VII/Satu
Materi Pokok     :  Teks Lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang dan benda.
Alokasi Waktu :  4 Pertemuan (8 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
2.1.4 Menjawab sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5 Menjawab ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.

3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.1 Mengidentifikasi fungsi sosial pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang
3.7.2 Mengidentifikasi fungsi sosial pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat binatang
3.7.3 Mengidentifikasi fungsi sosial pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat benda
3.7.4 Mengidentifikasi struktur teks pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang
3.7.5 Mengidentifikasi struktur teks pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat binatang
3.7.6 Mengidentifikasi struktur teks pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat benda
3.7.7 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang
3.7.8 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat binatang
3.7.9 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat benda

4.8. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.8.1 Menanyakan dan menyatakan secara lisan sifat orang dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.2 Menanyakan dan menyatakan secara lisan sifat binatang dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.3 Menanyakan dan menyatakan secara lisan sifat benda dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.4 Mendeskripsikan sifat orang secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.5 Mendeskripsikan sifat binatang secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.6 Mendeskripsikan sifat benda secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar




C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.2.1 berpamitan pada guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.3.1 menjawab pertanyaan atau menjelaskan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya;
2.1.4.1 menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.5.1 menjawab ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
3.7.1 Mengidentifikasi fungsi sosial pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang
3.7.2 Mengidentifikasi fungsi sosial pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat binatang
3.7.3 Mengidentifikasi fungsi sosial pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat benda
3.7.4 Mengidentifikasi struktur teks pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang
3.7.5 Mengidentifikasi struktur teks pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat binatang
3.7.6 Mengidentifikasi struktur teks pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat benda
3.7.7 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang
3.7.8 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat binatang
3.7.9 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat benda
4.8.1 Menanyakan dan menyatakan secara lisan sifat orang dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.2 Menanyakan dan menyatakan secara lisan sifat binatang dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.3 Menanyakan dan menyatakan secara lisan sifat benda dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.4 Mendeskripsikan sifat orang secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.5 Mendeskripsikan sifat binatang secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar
4.8.6 Mendeskripsikan sifat benda secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar

D.  Materi Pembelajaran
1.  Fungsi Sosial:
Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela, mengagumi sifat orang, binatang dan benda
2.  Struktur Teks dari teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang benda, yaitu:
a. opening
b. content/sustaining
c. closing
3.  Unsur Kebahasaan dari teks lisan untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang dan benda, yaitu:
a)    Kata sifat terkait fisik, mental, psikologis
b)     Kata  tanya What ... look like? How?
c)     Nama benda-benda dan hewan yang sangat lazim di rumah, kelas,  sekolah, dan sekitarnya.
d)     Adverbia: very
e)    Kata ganti it, they, this, that, those, these.
f)      Kata kerja dalam simple present tense: be, have.
g)     Ucapan, tekanan kata, intonasi,
h)    Ejaan dan tanda baca
i)     Tulisan tangan.

E.  Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Saintifik
2.  Pendekatan Komunikatif

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.      Notasi dan lirik lagu “Old McDonald”.(Tersedia di Buku “When English Rings the Bell” halaman 135)
b.      Gambar/Poster Orang, Binatang dan Benda
c.       Foto Keluarga
d.      Flashcard yang terbuat dari HVS Putih, berukuran 15 cm x10, berisi gambar orang, bintang dan benda yang harus dideskripsikan oleh peserta didik.
2. Alat/Bahan
·         Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·         KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. Bahasa Inggris When English Rings the Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Old McDonald” untuk  membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mengamati gambar yang ditampilkan guru melalui LCD.
b) Peserta didik mendeskripsikan sifat dari gambar yang diamati secara lisan dan tertulis.
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks hasil pengamatan.
b)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pernyataan tentang sifat yang ada pada gambar.
c)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana sifat yang ada pada gambar
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks hasil pengamatan.
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial dari teks hasil pengamatan.
c)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari teks hasil pengamatan.
d)  Secara individu peserta didik menemukan kata sifat (Adjectives) dari teks hasil pengamatan
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik, dengan data yang dimiliki dari hasil kerja individu, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat deskripsi sederhana tentang salah satu anggota keluarganya, hewan peliharaan atau benda yang ada di sekitar lingkungan rumahnya.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

1. Pertemuan Kedua

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Old McDonald” untuk  membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mengamati gambar yang ditampilkan guru melalui LCD.
b) Peserta didik mendeskripsikan sifat dari gambar yang diamati secara lisan dan tertulis.
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks hasil pengamatan.
b)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pernyataan tentang sifat yang ada pada gambar.
c)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana sifat yang ada pada gambar
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks hasil pengamatan.
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial dari teks hasil pengamatan.
c)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari teks hasil pengamatan.
d)  Secara individu peserta didik menemukan kata sifat (Adjectives) dari teks hasil pengamatan
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik, dengan data yang dimiliki dari hasil kerja individu, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat deskripsi sederhana tentang salah satu anggota keluarganya, hewan peliharaan atau benda yang ada di sekitar lingkungan rumahnya.
            4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

1. Pertemuan Ketiga

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Old McDonald” untuk  membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mengamati gambar yang ditampilkan guru melalui LCD.
b) Peserta didik mendeskripsikan sifat dari gambar yang diamati secara lisan dan tertulis.
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks hasil pengamatan.
b)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pernyataan tentang sifat yang ada pada gambar.
c)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana sifat yang ada pada gambar
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks hasil pengamatan.
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial dari teks hasil pengamatan.
c)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari teks hasil pengamatan.
d)  Secara individu peserta didik menemukan kata sifat (Adjectives) dari teks hasil pengamatan
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik, dengan data yang dimiliki dari hasil kerja individu, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat deskripsi sederhana tentang salah satu anggota keluarganya, hewan peliharaan atau benda yang ada di sekitar lingkungan rumahnya.
            4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Keempat

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Peserta didik menerima Flashcard yang berisi gambar orang, binatang dan benda  secara acak.
b)  Peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang gambar yang mereka peroleh dari guru.
                    c)  Peserta didik membuat deskripsi singkat tentang gambar yang diperolehnya secara berpasangan
                    d) Peserta didik mempresentasikan hasil deskripsinya di depan kelas.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama mengomentari hasil kerja kelompok
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
a.    TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.    Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Santun

Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1

Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya
1

Menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Menjawab ungkapan pamitan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



Jumlah
5

d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.  Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian :TesTertulis
b.      j. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c.       k. Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan teks descriptive rumpang tentang orang
5
I. 1-5
2

Disajikan teks descriptive rumpang tentang binatang
5

II. 6-10
3

Disajikan teks descriptive rumpang tentang benda
5
III.11-15

JUMLAH
15


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
a.    TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
b.    Bentuk Instrumen : Unjuk Kerja, Flashcard
c.      Tes Praktik Keterampilan Berbicara, dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
1

Membuat deskripsi berdasarkan gambar orang dalam tayangan LCD
1

2

Membuat deskripsi berdasarkan gambar binatang dalam tayangan LCD
2

3

Membuat deskripsi berdasarkan gambar benda dalam tayangan LCD
3

JUMLAH
3

2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan flashcard yang berisi gambar berbeda (gambar orang, binatang dan benda) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat membuat deskripsi singkat secara lisan
1

e.  Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f.  Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.


Surakarta,  __ _____________ 2015


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




________________________                                          _________________________
NIP. ...                                                                              NIP. ...      



1 komentar:

  1. Sangat berguna bagi kami didaerah..terpencil terimaksih banyak,semoga terus berkarya.

    BalasHapus