Minggu, 18 Januari 2015

RPP KElas 8 Bab 5 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pndidikan     :    SMP
Mata Pelajaran        :    Bahasa Inggris
Kelas / Semester       :    VIII / 1
Materi Pokok          :    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum .
Alokasi Waktu         :    4 x 2 JP

A.   Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Mengahargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berintraksi secara efektif dengan lingkungan social da alam dalam jangkauan prgaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat )  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.

B.   Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar
Indikator
1.1. Mensyukuri kesemptan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasiInternasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman

2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.6 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
·         Melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, denganmemperhatikanfungsisosial, struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.

·         Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·           Terampil menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benardansesuai konteks.


C.   Indikator
·         Melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·         Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, denganmemperhatikanfungsisosial, struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.
·         TerampilMenyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, denganmemperhatikanfungsisosial, strukturteks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.

                                                                                               
D.  Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·         Fungsi sosial
·         Menyatakan tindakan/kejadian yang  merupakan rutinitasdankebenaran umum dalammenjagahubungan interpersonal dengan guru danteman
·         Struktur teks
a.      Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin
·       I wake up at five every morning.Do you?
No, I don’t.
I wake up at four
·       Do you have breakfast before school?
Yes, I do.
Mom doesn’t prepare breakfast for us.
We prepare it ourselves.
·       How often do you have English at school?
We have it twice a week.
·       Who teaches you English?
Mrs Anna does.
b.        Tindakan/kejadian yang  merupakan kebenaran umum
·       Where does the sun rise?
It  rises in the east
·       How does salt taste?
It tastes salty
·       Dogs bark, cats meaow.
Unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata (action verbs: go, do, teach, prepare, adverb of time: every day, every morning, in the morning,  at night, adverb of frequency: always, usually, sometimes dsb) dan tata bahasa (Simple Present tense)

Simple Present Tense
A.    Pattern :
1.    (+) Subject + is, am, are + Complement
Ex : She is a teacher
(-) Subject + is, am, are + not + Complement
Ex : She is not a teacher
(?)is, am, are + Subject + Complement?
Ex : Is she a teacher
Note : we use “is” if the subject is singular  : He, she, It
     We use “are” if the subject is plural  : they, we, you
     We use “am” if the subject is “I”
2.   (+)Subject + Verb 1/es + Object
Ex : The bird has two wings
(-)Subject + do + not + Verb 1 + Object
                     does+not+Verb 1
Ex : The bird does not have four legs
(?) Do + Subject + Verb 1+ Object ?
      Does
Ex : Does the bird have two wings?       
Note :
-  We use Verb 1 if the subject is plural : They, we, I, You
- we use verb s/es if the subject is singular : she, he, it
                   B. The use of Simple Present tense

1. To express the habit ( untuk mengungkapkan kebiasaan)
Ex :
a.     I ussually get up at five in the morning
b.     Pussy, my lovely pet likes to sleep on sofa
1.     To express the fact (mengungkapkan kenyataan/fakta)
Ex :
a.     We believe the existence of God
b.     The earth is round

E.         MEDIA PEMBELAJARAN:
-                      Gambar – gambar terkait materi
-                      Things around us.
F.         SUMBER BELAJAR
-                      Buku “When English Rings a Bell” grade VIII page 70-79
-                      Dictionary


G.  Metode Pembelajaran
Scientific Approach dengan model discovery learning

H.  Langkah – Langkah Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a)   Mengucapkan salam dan berdoa.
b)   Memeriksa kehadran siswa
c)   Memberikan motivasi dan apersepsi.
d)  Menginformasikan tujuan pembelajaran.

2.   Kegiatan Inti
a.   Observing
Siswa
Guru
·         mendengarkan/membacaberbagaicontohkalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum sesuaidengankonteksnyaserta responnya.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat/ungkapan yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)
·          
·         Menyajikankalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum sesuaidengankonteksnyaserta responnya.

·         Guru membimbingdanmengarahkan siswa untuk mengidentifikasi ciri-ciri kalimat/ungkapan yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)
·   

b.   Questioning
Siswa
Guru
·  Denganbimbingandanarahan guru, siswamenanyaperbedaanantarberbagaikalimat/ungkapan yang menyatakandanmenanyakantindakan/ kejadian yang dilakukan /terjadisecararutinataumerupakankebenaranumumnyadalamberbagaikonteks
.
·  Guru membimbingdanmengarahkansiswauntuk menanyaperbedaanantarberbagaikalimat/ungkapan yang menyatakandanmenanyakantindakan/ kejadian yang dilakukan /terjadisecararutinataumerupakankebenaranumumnyadalamberbagaikonteks


c.   Experimenting
Siswa
Guru
·         membacakalimat-kalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dariberbagaisumber
·         menyusun kata-kata acakmenjadikalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·         membuatkalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·         menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umummenggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur


·    Guru mengamati dan menilai siswa yang melakukan role-playdankegiatan lain yang terstruktur.

·         menyediakan kata-kata acakyg menjadikalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·         membimbing peserta didik dalam membuat kalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·         mengamati peserta didik dalam kegiatan simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur


d.   Associating

Siswa
Guru
· Dalamkerjakelompokterbimbingsiswamenganalisisfungsisosial, makna dan fungsi ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum,struktur teks,dan unsure kebahasaan,serta format penulisannya.
· menanyakan balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang diasampaikan dalam kerja kelompok.
· Menarik kesimpulan tentang Fungsi sosial, struktur teks dan unsure kebahasaan dari ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum

· Membimbing siswa dalam menganalisis fungsisosial, makna dan fungsi ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, struktur teks, dan unsure kebahasaan,serta format penulisannya.

·      Membimbing dan mengamati siswa dalam kerja kelompok


· Bersama sama dengan siswa membuat kesimpulan tentangFungsi sosial, struktur teks dan unsure kebahasaan dari ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum




e.   Networking/Communicating
Siswa
Guru
·    menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas, di rumahdan di lingkungansekitar
·   menulis jurnal untuk mengungkapkanpengalaman yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulitdanmudahdipelajaridanstrategi yang sudahatauakandilakukanuntukmengatasinya

·   Memintasiswasecaraberkelompokmenyatakan dan
menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum dengan
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas, di rumah
dan di lingkungan sekitar meminta siswa secara individu
menulis jurnal untuk mengungkapkanpengalaman yang  mereka
peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan
 mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya


3.   PENUTUP
b.     Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
d.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
e.     Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
f.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

I.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.KINERJA (praktik)
-          Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi menanyakan dan menyatakan daily activities
-          Siswamembuat poster tentang daily activitiessecaraindividu.
2.       Observasi
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian
·       Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
·       Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Perilaku santun,  peduli, jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
Rubrik
a.     Aspek Sikap
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh

2.
Peduli
5: selalu menunjukkansikappeduli
4: sering menunjukkansikappeduli
3: kadang-kadang menunjukkansikappeduli
2: jarang menunjukkansikappeduli
1: tidak pernah menunjukkansikappeduli

3.
Jujur
5: selalu menunjukkansikapjujur
4: sering menunjukkansikapjujur
3: kadang-kadang menunjukkansikapjujur
2: jarang menunjukkansikapjujur
1: tidak menunjukkansikapjujur

4.
Percayadiri
5: selalu menunjukkansikappercayadiri
4: sering menunjukkansikappercayadiri
3: kadang-kadang menunjukkansikappercayadiri
2: jarang menunjukkansikappercayadiri
1: tidak menunjukkansikappercayadirii

5.
TanggungJawab
5: selalu menunjukkansikaptanggungjawab
4: sering menunjukkansikaptanggungjawab
3: kadang-kadang menunjukkansikaptanggungjawab
2: jarang menunjukkansikaptanggungjawab
1: tidak menunjukkansikaptanggungjawab


b.     Aspek Pengetahuan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

4.
Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami

5.
Kelancaran
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar

6.
Pilihan Kata
5 = sangat variatifdantepat
4 = variatifdantepat
3 = cukup variatifdantepat
2 = kurang variatifdantepat
1 = tidak variatifdantepat


3.       Aspek Tingkah laku
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat



Mengetahui,

KepalaSekolah

Surakarta, .........................2015

Guru Mata Pelajaran




Tidak ada komentar:

Posting Komentar