RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pndidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan
kebenaran umum .
Alokasi Waktu : 4
x 2 JP
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengahargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berintraksi secara efektif dengan
lingkungan social da alam dalam jangkauan prgaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat ) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /
teori.
B.
Kompetensi
Dasar
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1. Mensyukuri kesemptan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasiInternasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
|
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
|
|
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
|
|
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja
sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3.6 Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan
kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
·
Melaksanakan fungsi
sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.7
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, denganmemperhatikanfungsisosial,
struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.
|
·
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan
unsure
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
·
Terampil menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan
kebenaran umum, dengan
memperhatikan
fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benardansesuai
konteks.
|
C.
Indikator
·
Melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan
menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan
kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau
merupakan kebenaran umum, denganmemperhatikanfungsisosial,
struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.
·
TerampilMenyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum, denganmemperhatikanfungsisosial, strukturteks,
danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·
Fungsi
sosial
·
Menyatakan tindakan/kejadian yang merupakan rutinitasdankebenaran umum
dalammenjagahubungan interpersonal
dengan guru danteman
·
Struktur
teks
a.
Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin
·
I wake up at five
every morning.Do you?
No,
I don’t.
I wake up at four
·
Do you have
breakfast before school?
Yes,
I do.
Mom
doesn’t prepare breakfast for us.
We prepare it ourselves.
·
How often do you
have English at school?
We have it twice a week.
·
Who teaches you
English?
Mrs
Anna does.
b.
Tindakan/kejadian
yang merupakan kebenaran umum
·
Where does the sun
rise?
It rises in the east
·
How does salt taste?
It
tastes salty
·
Dogs bark, cats
meaow.
Unsur
kebahasaan
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, kosakata (action
verbs: go, do, teach, prepare,
adverb of time: every day, every morning, in the morning, at night, adverb of frequency: always,
usually, sometimes dsb) dan tata bahasa (Simple Present tense)
Simple
Present Tense
A. Pattern
:
1. (+)
Subject + is, am, are + Complement
Ex
: She is a teacher
(-)
Subject + is, am, are + not + Complement
Ex
: She is not a teacher
(?)is,
am, are + Subject + Complement?
Ex
: Is she a teacher
Note
: we use “is” if the subject is singular
: He, she, It
We use “are” if the subject is plural : they, we, you
We use “am” if the subject is “I”
2. (+)Subject
+ Verb 1/es + Object
Ex
: The bird has two wings
(-)Subject
+ do + not + Verb 1 + Object
does+not+Verb 1
Ex
: The bird does not have four legs
(?)
Do + Subject + Verb 1+ Object ?
Does
Ex
: Does the bird have two wings?
Note
:
- We use Verb 1 if the subject is plural :
They, we, I, You
-
we use verb s/es if the subject is singular : she, he, it
B.
The use of Simple Present tense
1.
To express the habit ( untuk mengungkapkan kebiasaan)
Ex
:
a. I
ussually get up at five in the morning
b. Pussy,
my lovely pet likes to sleep on sofa
1. To
express the fact (mengungkapkan kenyataan/fakta)
Ex
:
a. We
believe the existence of God
b. The
earth is round
E.
MEDIA
PEMBELAJARAN:
-
Gambar – gambar terkait materi
-
Things around us.
F.
SUMBER
BELAJAR
-
Buku “When English Rings a Bell”
grade VIII page 70-79
-
Dictionary
G. Metode Pembelajaran
Scientific Approach
dengan model discovery learning
H. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a) Mengucapkan
salam dan berdoa.
b) Memeriksa
kehadran siswa
c) Memberikan
motivasi dan apersepsi.
d) Menginformasikan
tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti
a. Observing
Siswa
|
Guru
|
·
mendengarkan/membacaberbagaicontohkalimat
yang menyatakan
dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau
merupakan kebenaran umum sesuaidengankonteksnyaserta responnya.
·
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat/ungkapan yang menyatakan
dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau
merupakan kebenaran umum. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)
·
|
·
Menyajikankalimat yang menyatakan
dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan
kebenaran umum sesuaidengankonteksnyaserta responnya.
·
Guru membimbingdanmengarahkan siswa untuk mengidentifikasi
ciri-ciri kalimat/ungkapan yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum. (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)
·
|
b. Questioning
Siswa
|
Guru
|
· Denganbimbingandanarahan
guru, siswamenanyaperbedaanantarberbagaikalimat/ungkapan yang
menyatakandanmenanyakantindakan/ kejadian yang dilakukan
/terjadisecararutinataumerupakankebenaranumumnyadalamberbagaikonteks
.
|
· Guru membimbingdanmengarahkansiswauntuk menanyaperbedaanantarberbagaikalimat/ungkapan
yang menyatakandanmenanyakantindakan/ kejadian yang dilakukan
/terjadisecararutinataumerupakankebenaranumumnyadalamberbagaikonteks
|
c.
Experimenting
Siswa
|
Guru
|
·
membacakalimat-kalimat yang menyatakan dan
menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau
merupakan kebenaran umum dariberbagaisumber
·
menyusun
kata-kata acakmenjadikalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·
membuatkalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·
menyatakan
dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau
merupakan kebenaran umummenggunakan
Bahasa Inggris dalam konteks
simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
|
·
Guru mengamati dan menilai siswa yang melakukan role-playdankegiatan lain yang terstruktur.
·
menyediakan kata-kata acakyg menjadikalimat yang
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum
·
membimbing peserta didik dalam
membuat kalimat yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·
mengamati peserta didik dalam
kegiatan simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur
|
d. Associating
Siswa
|
Guru
|
· Dalamkerjakelompokterbimbingsiswamenganalisisfungsisosial,
makna dan fungsi ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum,struktur teks,dan
unsure kebahasaan,serta format penulisannya.
· menanyakan balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
setiap yang diasampaikan dalam kerja kelompok.
· Menarik
kesimpulan
tentang
Fungsi sosial, struktur teks dan unsure kebahasaan dari ungkapan
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum
|
· Membimbing siswa dalam menganalisis fungsisosial, makna
dan fungsi ungkapan
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum, struktur teks,
dan unsure
kebahasaan,serta format penulisannya.
·
Membimbing dan mengamati siswa dalam kerja kelompok
· Bersama sama dengan siswa membuat kesimpulan tentangFungsi sosial, struktur teks dan unsure kebahasaan dari ungkapan
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum
|
e.
Networking/Communicating
Siswa
|
Guru
|
·
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dengan
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas, di rumahdan di lingkungansekitar
·
menulis jurnal untuk mengungkapkanpengalaman
yang mereka peroleh selama
pembelajaran, hal-hal yang sulitdanmudahdipelajaridanstrategi yang
sudahatauakandilakukanuntukmengatasinya
|
·
Memintasiswasecaraberkelompokmenyatakan
dan
menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan
kebenaran umum dengan
bahasa Inggris, di dalam dan
di luar kelas, di rumah
dan di lingkungan sekitar meminta siswa secara individu
menulis jurnal untuk mengungkapkanpengalaman
yang mereka
peroleh selama pembelajaran,
hal-hal yang sulit
dan
mudah dipelajari dan strategi yang
sudah
atau
akan
dilakukan
untuk
mengatasinya
|
3.
PENUTUP
b. Guru
dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
c. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
d. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
e. Memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
f. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1.KINERJA
(praktik)
-
Bermain
peran (role play) dalam bentuk interaksi menanyakan dan menyatakan daily
activities
-
Siswamembuat poster tentang daily activitiessecaraindividu.
2.
Observasi:
Penilaian
untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian
· Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk memahami, menyatakan, dan menanyakan teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi
· Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilaku
santun, peduli, jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
Rubrik
a. Aspek
Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu
sungguh-sungguh
4: sering
sungguh-sungguh
3: kadang-kadang
sungguh-sungguh
2: jarang
sungguh-sungguh
1: tidak pernah
sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Peduli
|
5: selalu menunjukkansikappeduli
4: sering menunjukkansikappeduli
3: kadang-kadang
menunjukkansikappeduli
2: jarang menunjukkansikappeduli
1: tidak pernah menunjukkansikappeduli
|
|
3.
|
Jujur
|
5: selalu menunjukkansikapjujur
4: sering menunjukkansikapjujur
3: kadang-kadang
menunjukkansikapjujur
2: jarang menunjukkansikapjujur
1: tidak menunjukkansikapjujur
|
|
4.
|
Percayadiri
|
5: selalu menunjukkansikappercayadiri
4: sering menunjukkansikappercayadiri
3: kadang-kadang
menunjukkansikappercayadiri
2: jarang menunjukkansikappercayadiri
1: tidak menunjukkansikappercayadirii
|
|
5.
|
TanggungJawab
|
5: selalu menunjukkansikaptanggungjawab
4: sering menunjukkansikaptanggungjawab
3: kadang-kadang
menunjukkansikaptanggungjawab
2: jarang menunjukkansikaptanggungjawab
1: tidak menunjukkansikaptanggungjawab
|
|
b. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir
sempurna
4 = ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak
kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir
sempurna
4 = ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak
kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat
teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang
teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5 = sangat
memahami
4 = memahami
3 = cukup
memahami
2 = kurang
memahami
1
= tidak memahami
|
|
5.
|
Kelancaran
|
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar
|
|
6.
|
Pilihan Kata
|
5 = sangat variatifdantepat
4 = variatifdantepat
3 = cukup variatifdantepat
2 = kurang variatifdantepat
1 = tidak variatifdantepat
|
|
3.
Aspek Tingkah laku
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
||
1.
|
Melakukan tindak
komunikasi yang tepat
|
5 =
Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 =
Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 =
Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 =
Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak
pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
|
||
Mengetahui,
KepalaSekolah
|
Surakarta,
.........................2015
Guru Mata Pelajaran
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar