SATUAN
PENDIDIKAN : SMP
MATA
PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS
/ SEMESTER : VII / Gasal
MATERI
POKOK : I Love People
Around Me
ALOKASI
WAKTU : 1 X 40 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI
DASAR
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1.
Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.4. Menangkap makna pemaparan jati diri lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
INDIKATOR
1.
Peserta didik dapat menyebutkan anggota dari keluarga yang bisa
dilihat dari gambar.
2.
Peserta didik dapat menyebutkan hubungan dalam Family Tree
3.
Peserta didik dapat menyebutkan anggota keluarga yang tinggal di
dalam rumahnya
4.
Peserta didik dapat saling bertanya dan memberikan informasi
tentang anggota keluarga mereka
5.
Peserta didik dapat memahami informasi yang dia dapat dari hasil
wawancara dari temannya.
6.
Peserta didik dapat menuliskan hubungan keluarga dari hasil tanya
jawab antar peserta didik
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Bab IV,
peserta didik dapat:
-
Menunjukkan kesungguhan dalam belajar bahasa Inggris tentang
pemaparan jati diri
-
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi tentang pemaparan jati diri
-
Menunjukkan perilaku disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri
-
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks pemaparan jati diri.
-
Mengidentifikasi makna dalam teks lisan dan tulis tentang
pemaparan jati diri
-
Menyusun teks lisan dan tulis tentang pemaparan jati diri.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Fungsi
sosial
Mengidentifikasi, mengenalkan,
menanya
Struktur teks
Kata
benda ( noun) : father, mother,
brother, sister, children
Kata
ganti (pronoun) : I, you, he, She, They,
We, his, her, my, your, their, our
Ungkapan
pendek : beautiful girl, handsome
boy, tall man, graceful woman
Kalimat : Mr. Harry is my father.
He is 40 years old. He is a judge.
Unsur Kebahasaan :
Kalimat
penanya : How many sister(s) do
you have?, How old is your mother?
Kalimat
pernyataan : I have one sister. She is
a Senior High School Student.
Topik :
Sifat orang di kelas yang
memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli , percaya diri,
bertanggung jawab, kerjasama, dan cinta damai.
E.
METODE PEMBELAJARAN
Scientific
Approach
dengan model Discovery Learning.
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
- Gambar foto sebuah keluarga
- Gambar Family Tree
G. SUMBER BELAJAR
Buku wajib Siswa SMP Kelas VII
H. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
LANGKAH PEMBELAJARAN UMUM
Mengamati
·
Siswa terbiasa dan sering mendengar dan
menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tentang
keluarga dalam bahasa Inggris dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi
sosialnya.
·
Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan
menyebutkan dan menanyakan tentang keluarga dalam bahasa Inggris dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan unsur sosialnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang keluarga dalam bahasa Inggris
Mengumpulkan
informasi
·
Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak
contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang keluarga dalam
bahasa Inggris dari suara guru dan gambar
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri – ciri ( fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) tentang keluarga
·
Siswa mengajukan pertanyaan dan memberikan
informasi tentang jati diri keluarga teman yang diwawancarainya.
Mengasosiasi
·
Siswa menuliskan hasil wawancara tentang
keluarga dari temannya dengan menggunakan kalimat – kalimat sederhana menjadi
sebuah teks pendek.
Mengkomunikasikan
·
Siswa memperlihatkan hasil tulisannya kepada
guru dan teman wawancaranya.
·
Siswa memberikan masukan atas hasil tulisan
dari temannya.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN KHUSUS
1 X 40 menit
Kegiatan Pembuka :
·
Guru
menyapa siswa
·
Berdoa
(apabila pelajaran dilaksanakan pada jam pertama)
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
mengulang pembelajaran yang lalu dan mengkaitkannya dengan pelajaran yang akan
dibahas dengan memberikan lagu” I am here because you here”.
·
Guru
memberikan motivasi dan apersepsi.
Kegiatan Inti :
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
Kegiatan Mengamati
|
|
·
Siswa mengamati gambar yang diberikan oleh
guru
·
Siswa menyebutkan anggota keluarga dari
gambar yang diberikan oleh guru
|
·
Guru meminta siswa mengamati gambar tentang
keluarga yang ditampilkan
·
Guru meminta siswa menyebutkan anggota
keluarga yang ditampilkan melalui gambar
|
Kegiatan Bertanya
|
|
·
Siswa menanyakan arti beberapa kata yang
masih dirasa sulit
·
Siswa menanyakan bagaimana cara penulisan
yang benar mengenai beberapa kata yang masih sulit
|
·
Guru menanyakan pemahaman siswa mengenai
materi yang sedang diajarkan
·
Guru menjelaskan apa yang ditanyakan oleh
peserta didik
|
Kegiatan
Mengumpulkan Informasi
|
|
·
Siswa secara berpasangan saling bertanya dan
memberi informasi tentang keluarga masing – masing
·
Siswa menuliskan informasi yang dia peroleh
secara sederhana
|
·
Guru memberikan pendampingan kepada siswa
mengenai kegiatan yang sedang dilaksanakan
|
Kegiatan
Mengasosiasi
|
|
·
Siswa menuliskan hasil wawancaranya menjadi
kalimat – kalimat sederhana sehingga menjadi paragrap pendek sederhana
|
·
Guru memberikan pendampingan kepada siswa
mengenai kegiatan yang sedang dilaksanakan
|
Kegiatan
Mengkomunikasikan
|
|
·
Siswa memperlihatkan hasil tulisannya kepada
guru dan teman yang diwawancarainya
·
Siswa memberikan masukan mengenai jawaban
temannya
|
·
Guru memberikan masukan atas jawaban yang
dituliskan siswa.
|
Kegiatan Penutup :
Guru memberikan tugas untuk membuat
Family Tree dari masing – masing siswa
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
Salam penutup
I.
PENILAIAN
1.
Jenis/Teknik
Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap
selama pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes lisan
·
Keterampilan: interview, menulis
2.
Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
NAMA
|
SIKAP
|
KET
|
|||||
Santun
|
Peduli
|
Percaya diri
|
Bertanggung jawab
|
Kerja sama
|
Cinta damai
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
Penilaian Ketrampilan
Nama : ________________________
Kelas : ________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
PELAKSANAAN / PENULISAN
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Isi
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Struktur Teks
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Kosakata
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kalimat
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Surakarta, .................... 2015
Kepala Sekolah, Guru Mapel
Bahasa Inggris,
........................... .............................................
NIP. NIP.
Tabel Konversi
Nilai dalam Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi
Predikat
(KI 3 & KI 4)
|
Interval Nilai Kompetensi
|
|||
Interval Pengetahuan
(KI 3)
|
Interval Keterampilan
(KI 4)
|
Predikat Sikap
(KI 1 & KI 2)
|
Interval Sikap
(KI 1 & KI 2)
|
|
A
|
3,83 < x ≤ 4,00
|
3,83 < x ≤ 4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
3,50 < x ≤ 4,00
|
A-
|
3,50 < x ≤ 3,83
|
3,50 < x ≤ 3,83
|
||
B+
|
3,17 < x ≤ 3,50
|
3,17 < x ≤ 3,50
|
B
(Baik)
|
2,50 < x ≤ 3,50
|
B
|
2,83 < x ≤ 3,17
|
2,83 < x ≤ 3,17
|
||
B-
|
2,50 < x ≤ 2,83
|
2,50 < x ≤ 2,83
|
||
C+
|
2,17 < x ≤ 2,50
|
2,17 < x ≤ 2,50
|
C
(Cukup)
|
1,50 < x ≤ 2,50
|
C
|
1,83 < x ≤ 2,17
|
1,83 < x ≤ 2,17
|
||
C-
|
1,50 < x ≤ 1,83
|
1,50 < x ≤ 1,83
|
||
D+
|
1,17 < x ≤ 1,50
|
1,17 < x ≤ 1,50
|
K
(Kurang)
|
1,00 < x ≤ 1,50
|
D
|
1,00 ≤ x ≤ 1,17
|
1,00 ≤ x ≤ 1,17
|
Lampiran-lampiran
I.
Fill in the blank with suitable words in the box!
We are three (1)… I’m Randy.
Hasna is my (2)… and Ridwan is my older brother. I study in Junior High School
of 8 Surakarta. Now, I’m in the (3)… year. I’m in the VII C class.
My sister Hasna is about three
years old. She is a (4)… in the factory. She (5)…to work by Yamaha Mio. She is
a hard (6)…. She types some letters to send to the relationships.
My brother Ridwan is (7)…. He is
about twenty five years old. He is 172 cm (8)…. He is taller than me. He goes
to the workshop every day except, Sunday. He (9)… many kinds of motorcycles
with patiently.
He likes traveling by his
motorcycle once a month when he is off from work. We are unified. I’m very
(10)… of them.
a mechanic sibling
repairs secretary
tall worker
goes first
proud sister
|
II.
Match these words in the left to the meaning on
the right side
No
|
Indonesia
|
English
|
1.
|
Harap
|
Sharp
|
2.
|
Saudara
sepupu
|
Cousin
|
3.
|
Saudara
kandung
|
Patiently
|
4.
|
Pirang
|
Hope
|
5.
|
Gemuk
|
Fat
|
6.
|
Mancung
|
Carefully
|
7.
|
Baik
hati
|
Sibling
|
8.
|
Dengan
sabar
|
Park
|
9.
|
Dengan
hati-hati
|
Blonde
|
10.
|
Taman
|
Kind
|
III. Please
answer these questions according to the descriptions below!
1.
Mr.
Widodo is a very busy man. Every day he goes to school. He doesn’t teach the
students, but he manages the school. What is he?
2.
Mrs.
Sumarno is an old woman. She is 88 years old now. She is the mother in law of
Mr. Widodo. Who is she?
3.
The
man works in a rice field. He ploughs the rice field and fertilizes it by using
NPK sometimes. What is she?
4.
My
neighbor always wears the brown uniform. He has a gun on his belt. He helps the
people to defend the secure of the town. What is he?
5.
My
sister works in a general hospital. She wears white uniform. She helps the
doctor to cure and examine the patient. What is my sister?
KUNCI
JAWABAN
A. 1. Sibling 6.
worker
2.sister 7.
mechanic
3.first 8.tall
4.secretary 9.
Repairs
5. goes 10.
Proud
II.
1.
Hope 6.sharp
2. Cousin 7.kind
1.
Sibling 8.patiently
2.
Blonde 9. carefully
3.
Fat 10.
park
III1. Headmaster
2. Mother in law
3. A farmer
4. Police man
5. Nurse
C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
1.
Kelas : VII
2.
Semester : Satu
3.
Tahun Pelajaran : 2014/2015
4.
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
5.
Butir Nilai : Bersyukur
6.
Indikator Sikap :
1. Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada
pembelajaran Bahasa Inggris.
2. Serius dalam melaksanakan setiap
kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor
Indikator Sikap Spiritual (1 – 4)
|
Jumlah
Perolehan
Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/
Tidak Tuntas
|
|
Indikator
1
|
Indikator
2
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
31.
|
|
|
|
|
|
|
32.
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar