RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP Chapter VII)
Sekolah
:
SMP ...
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/
Semester :
VIII/Dua
Materi
Pokok : Bigger is not Always Better
Alokasi
Waktu : 4 Pertemuan (8 JP)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada
pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada
pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh, tanggung
jawab, peduli, kerjasama dan santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
|
2.1.1 Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan
benda untuk menjaga hubungan interpersonal antara guru dan siswa.
2.1.2 Bertanya pada teman dan guru
dengan bahasa inggris yang berterima
terkait materi.
2.1.3 Menjawab pertanyaan guru dan teman menggunakan bahasa inggris
yang berterima terkait materi.
2.1.4 Menjawab dan menjelaskan pertanyaan teman yang
kurang paham terkait dengan materi.
|
|
3.9. Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.9.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan perbandingan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang
menggunakan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.3Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang,
binatang dan benda.
|
|
4.10. Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.10.1Menyusun percakapan
perbandingan jumlah, sifat orang,
binatang dan benda.
4.10.2 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan perbandingan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 Bersemangat
dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris.
2.1.1.1 Membandingkan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan
interpersonal antara guru dan siswa.
2.1.2.1 Bertanya
pada teman dan guru dengan menggunakan bahasa
inggris yang berterima terkait ungkapan perbandingan jumlah, sifat
orang, binatang dan benda.
2.1.3.1 Menjawab pertanyaan dengan menggunakan
ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.1.1 Mengidentifikasi perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda
3.9.2.1 Mengidentifikasi
fungsi sosial ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang,
binatang dan benda.
3.9.3.1 Mengidentifikasi
struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan perbandingan
jumlah,
sifat orang, binatang dan benda.
3.9.4.1 Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang,
binatang dan benda.
3.9.5.1 Menemukan makna ungkapan perbandingan jumlah,sifat orang,binatang dan benda
3.9.6.1 Melafalkan ungkapan perbandingan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda dengan pelafalan dan intonasi yang
benar;
4.10.1 Menyusun
percakapan berdasarkan gambar/benda yang tersedia.
4.10.2 Melakukan
percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang,
binatang dan benda.
D. Materi
Pembelajaran
1. Fungsi Sosial:
a. Membandingkan
Look! The
horse and the donkey look like each other. But, the horse is bigger than the
donkey. The donkey is smaller than the horse, right?
b. Memuji
Dayu: I think Bono will win the race!
Siti: I think so. Bono is smaller but stronger than
Gani. Gani is bigger but weaker than Bono
c. Mengkritik
Don’t
you think the picture is wrong? The helicopter is higher than the plane in the sky.
The plane is lower than the helicopter?
2. Struktur Teks dari
percakapan yang menggunakan ungkapan perbandingan
Who is taller?
Your sister or your brother?; No one in the class is as big as Candra. He is
the biggest. He is bigger than any other student in the class.; To me, writing
is more difficult than reading. Listening is the most difficult. Our library has
more books than the community library (dan semacamnya).
Dalam Bahasa inggris terdapat tiga tingkatan
perbandingan, yaitu:
a. Tingkatan sama ( Possitive ) (as…….as )
Pada
tingkatan sama kita membandingkan sesuatu dalam bandingan yang sama, maka untuk
perumusan kalimatnya adalah :
b. Tingkatan lebih ( Comparative
) (…er atau more…. )
c. Tingkatan paling ( Superlative
) ( the…est atau the most… )
Selain struktur teks diatas, ada bentuk
perkecualian untuk perbandingan, yaitu :
Adjective
|
Comparative
|
Superlative
|
Good / Well
|
Better
|
The best
|
Bad / ill
|
Worse
|
The worst
|
Many / Much
|
More
|
The most
|
Etc
|
|
|
3. Unsur
kebahasaan
(1)
Kosa kata: kata benda dan kata sifat
yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan
sekitarnya
(2)
those,
my, their, Perbandingan sifat: as ... as,
-er, -est, more ..., the most ...
(3)
Perbandingan jumlah: more, fewer, less
(4)
Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)
Ejaan dan tanda baca
(7)
Tulisan tangan.
Topik
Sifat
orang dan benda di kelas,
sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan
keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab.
E. METODE
PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan Scientific
2.
Pendekatan komunikatif
F. MEDIA PEMBELAJARAN:
Media
pembelajaran yang dipakai adalah :
a. Gambar - gambar
b. Benda – benda / orang – orang di
sekitar / realia
G. SUMBER BELAJAR
·
Buku Wajib Siswa SMP Kelas VIII
·
Buku Guru K13
·
Kamus
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan ke 1
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberi salam
2. Guru mengecek kehadiran siswa
3. Guru menanyakan materi sebelumnya
yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4. Guru memancing dan menanyakan
siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5. Guru menginformasikan apa yang
akan dipelajari dan tujuannya
b. Kegiatan Inti
Kegiatan Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar mengenai perbandingan perbandingan jumlah, sifat
orang, binatang dan benda
·
Peserta didik menirukan percakapan sederhana terkait dengan
perbandingan
·
Peserta didik bermain peran percakapan sederhana mengenai perbandingan
Kegiatan Bertanya
·
Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan fungsi sosial
dari teks yg telah dipelajari
·
Peserta didik menanyakan arti dan cara membaca beberapa kata yang masih
dirasa sulit.
·
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
Kegiatan Mengumpulkan Informasi
· Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang isi teks percakapan tentang perbandingan
· Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang fungsi sosial dari percakapan tentang perbandingan.
·
Perserta didik menemukan ungkapan perbandingan yang terdapat dalam percakapan.
(Buku paket hal 103)
Kegiatan Mengasosiasi
·
Peserta didik membaca
beberapa kalimat terkait dengan konteks perbandingan
·
Peserta didik menuliskan
kembali kalimat dengan konteks perbandingan dengan ungkapan perbandingan yang
sudah dipelajari sebelumnya
Kegiatan
Mengkomunikasi
·
Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya kepada guru dan juga rekan sekelas
·
Peserta didik memperhatikan
jawaban yang disampaikan oleh temannya dan memberikan masukan mengenai jawaban
temannya
c.
Kegiatan Penutup
a.
Guru meminta siswa untuk
mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
b.
Guru menanyakan kesulitan yang
dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
c.
Guru memberikan tugas pada siswa
yang terkait dengan materi
2.
Pertemuan ke 2
a.
Pendahuluan
1) Guru memberi salam
2) Guru mengecek kehadiran siswa
3) Guru menanyakan materi sebelumnya
yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4) Guru memancing dan menanyakan
siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5) Guru menginformasikan apa yang
akan dipelajari dan tujuannya
b. Kegiatan inti
Kegiatan Mengamati
·
Peserta didik mengamati dialog atau percakapan tentang perbandingan perbandingan jumlah, sifat
orang, binatang dan benda
Kegiatan Bertanya
·
Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan terkait
struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan perbandingan.
·
Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan bagaimana
membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
Kegiatan Mengumpulkan Informasi
·
Peserta didik membaca
kembali beberapa percakapan tentang teks perbandingan
·
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang struktur teks dan unsur
kebahasaan yang muncul di dalamnya terkait materi
Kegiatan Mengasosiasi
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok yang
terdiri dari tiga pasangan,tiap kelompok,dengan data yang dimiliki saat bekerja
berpasangan,peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka
rumuskan.
·
Peserta didik meminta bantuan guru bila
memerlukannya.
Kegiatan Mengkomunikasi
·
Setiap kelompok mempresentasikan jawaban
terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
·
Peserta didik menerima umpan balik dan
atau penguatan (isi,fungsi sosial dan struktur teks)
d.
Kegiatan Penutup
1)
Guru meminta siswa untuk
mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
2)
Guru menanyakan kesulitan yang
dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
3)
Guru memberikan tugas pada siswa
yang terkait dengan materi
3. Kegiatan ke 3
Pendahuluan
1) Guru memberi salam
2) Guru mengecek kehadiran siswa
3) Guru menanyakan materi sebelumnya
yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4) Guru memancing dan menanyakan
siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5) Guru menginformasikan apa yang
akan dipelajari dan tujuannya
Kegiatan
inti
-
Mencipta:
·
Peserta didik melengkapi kalimat rumpang (melengkapi kalimat rumpang buku
paket halaman 114, 115)
·
Peserta didik menyusun kalimat berdasarkan gambar yang tersedia (menyusun
kalimat buku paket halaman 112)
Penutup
1)
Guru meminta siswa untuk
mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
2)
Guru menanyakan kesulitan yang
dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
3)
Guru memberikan tugas pada siswa
yang terkait dengan materi
4. Kegiatan ke 4
Pendahuluan
1) Guru memberi salam
2) Guru mengecek kehadiran siswa
3) Guru menanyakan materi sebelumnya
yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4) Guru memancing dan menanyakan
siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5) Guru menginformasikan apa yang
akan dipelajari dan tujuannya
Kegiatan
inti
Mencipta:
-
Peserta didik menyusun dialog berdasarkan situasi yang diberikan
-
Peserta didik melakukan dialog teks perbandingan yang telah disusun
Penutup
1)
Guru meminta siswa untuk
mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
2)
Guru menanyakan kesulitan yang
dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
3)
Guru memberikan tugas pada siswa
yang terkait dengan materi
I. PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda.
·
Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam
menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda.
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata
bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan
tangan.
·
Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli,
dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
Cara
Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi
dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan
menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan
bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan
sifat orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar
kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan, tanggung
jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian dan
kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.
Penilaian
diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam
jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan
kesulitannya.
Tes
tertulis
Membaca
dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang
di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda.
J.
RUBRIK
PENILAIAN
a.
Kompetensi spiritual
1) TeknikPenilaian : Observasi dan
Penilaian Diri
2) Bentuk
Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi
:
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Bersyukur
|
Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris.
|
1
|
Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris
|
1
|
||
|
|
JUMLAH
|
2
|
3)
Instrumen:
lihat Lampiran .
4)
Petunjuk
Penentuan Skor: lihat Lampiran
b.
Kompetensi Sikap Sosial
1)
TeknikPenilaian
: Observasi dan Penilaian Diri
2)
Bentuk Instrumen :
Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang
sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
|
|
3.
|
Peduli
|
5: selalu peduli
4: sering peduli
3: kadang-kadang peduli
2: jarang peduli
1: tidak pernah peduli
|
|
4.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
5.
|
Santun
|
5: selalu santun
4: sering santun
3: kadang-kadang santun
2: jarang santun
1: tidak pernah santun
|
|
3)
Instrumen: lihat Lampiran
4)
Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran
c.
Kompetensi Pengetahuan
1) Teknik Penilaian :TesTertulis
2) Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
3)
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Soal
|
Nomor
Butir
Soal
|
1
|
Disajikan
pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan
perbandingan dengan benar.
|
5
|
I.1-5
|
2
|
Disajikan teks, peserta didik dapat menentukan fungsi
social ungkapan perbandingan
|
5
|
II. 1-4
|
3
|
Disajikan teks
rumpang , peserta didik dapat melengkapinya dengan ungkapan perbandingan yang
benar.
|
5
|
III.1-5
|
4
|
Disajikan beberapa kata sifat ,
peserta didik dapat menentukan tingkat positive, comparative dan superlative
dan maknanya dengan benar
|
20
|
IV.1-10
|
5
|
Disajikan beberapa tingkat
perbandingan positive, comparative dan superlative, peserta didik dapat melafalkannya dengan benar
|
10
|
V.1-10
|
|
JUMLAH
|
45
|
|
4)
Instrumen: lihat Lampiran.
(Test Pengetahuan).
5)
Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran.
d.
Kompetensi Keterampilan
1) TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan
Praktik
2) Bentuk Instrumen :menulis dialog berdasarkan situasi yang diberikan, Tes
Praktik Keterampilan Berbicara; melakukan
dialog teks perbandingan yang telah disusun
3) Kisi-kisi:
Tes Tertulis
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Tata
bahasa
|
Tata
bahasa benar
Tata
bahasa sedikit kesalahan
Tata
bahasa cukup banyak
kesalahan
Tata
bahasa banyak kesalahan
Tata
bahasa salah semua
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Pemilihan
Kosa Kata
|
Pemilihan
kosa kata tepat
Pemilihan
kosa kata hampir tepat
Pemilihan
kosa kata cukup tepat
Pemilihan
kosa kata kurang tepat
Pemilihan
kosa kata tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Keruntutan Teks
|
Keruntutan teks bagus
Keruntutan teks hampir bagus
Keruntutan teks cukup bagus
Keruntutan teks kurang bagus
Keruntutan teks tidak bagus
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Penulisan
|
Penulisan
benar
Penulisan
sedikit kesalahan
Penulisan cukup banyak kesalahan
Penulisan
banyak kesalahan
Penulisan
salah semua
|
5
4
3
2
1
|
2) Tes Praktik
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 =
ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 =
banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 =
terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir sempurna
4 =
ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 =
banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 =
terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Kelancaran
|
5
= sangat lancar
4
= lancar
3
= cukup lancar
2
= kurang lancar
1
= tidak lancar
|
|
Lampiran
INSTRUMEN
PENILAIAN
I. Make a dialogue to compare your
friends or things in your class!
II. Match the sentences in column A with the function in column B!
Column
A Column
B
1.
Rudi
is a diligent boy. He is more diligent than his brother. He always studies hard and helps his
parents.
|
a. To be proud
|
2.
Every year Rudi always gets prizes from his
parents because he is always to be the best student in his school.His parents are very proud of him.
|
b. To criticize
|
3.
Rudi’s
little brother is Roni. He is thinner than him. He is
also shorter. Besides his hair is
longer.
|
c. To show differences
|
4.
Rio
is Roni’s little brother. He is still 7 years old but he likes to speaks rudely. He is the
naughtiest boy in the village.
|
d. To praise
|
5.
Roni is better than Rio. Rudi is the best
child in the family. Roni is older than Rio. Rudi is the oldest.
|
e.To show differences
|
III.I have a...1) family, My beloved husband and my son are ...2)persons in my life. They make me
...3)than before. My husband is ...4) than me. He is 40 years old and I am 3 years younger than him. My son is …5) of
all
1. a. happy c. happiest
b.
happier d. the happiest
2. a.more important c.important
b. most important d. the most important
3. a.happier c.
the happiest
b. happy d.happiest
4. a.old c. the oldest
b.
older d.oldest
5. a.young c.
the youngest
b.
younger d.as
young as
IV.
Positive
|
Comparative
|
Superlative
|
Meaning
|
cheap
|
.... 1)
|
The cheapest
|
……………
|
...2)
|
Greater
|
The greatest
|
……………
|
tall
|
Taller
|
...3)
|
……………
|
high
|
...4)
|
The highest
|
……………
|
...5)
|
Smaller
|
The Smallest
|
……………
|
short
|
...6)
|
The Shortest
|
……………
|
long
|
...7)
|
The Longest
|
……………
|
...8)
|
Faster
|
The Fastest
|
……………
|
loud
|
...9)
|
The Loudest
|
……………
|
low
|
...10)
|
The Lowest
|
……………
|
old
|
Older
|
...11)
|
……………
|
strong
|
Stronger
|
...12)
|
……………
|
young
|
Younger
|
...13)
|
……………
|
...14)
|
More beautiful
|
The most beautiful
|
……………
|
Careful
|
...15)
|
The most careful
|
……………
|
Interesting
|
...16)
|
The most interesting
|
……………
|
Heavy
|
Heavier
|
...17)
|
……………
|
Expensive
|
More expensive
|
...18)
|
……………
|
...19)
|
More diligent
|
The most diligent
|
……………
|
lazy
|
...20)
|
The laziest
|
……………
|
Kunci Jawaban
I.
Kebijaksanaan Guru
II. 1)D
2)A
3)C
4)B
5)E
III.1)A
2)D
3)A
4)B
5)A
IV.1.cheaper (murah) 11.
The oldest (tua)
2.great (Besar) 12.the
strongest (kuat)
3.the tallest (tinggi) 13.the youngest (muda)
4.higher (tinggi) 14.beautiful (cantik)
5.small (kecil) 15.more
careful (hati-hati)
6.shorter (pendek) 16.more
interesting (menarik)
7.longer (panjang) 17.the
heaviest (berat)
8.fast (cepat) 18.the
most expensive (mahal)
9.louder(keras) 19.diligent
(rajin)
10.lower (rendah) 20.lazier
(malas)
Surakarta, 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
( ) ( )
NIP NIP
To create Outstanding Generation
BalasHapusit's very useful
BalasHapusThanks, it's very helpfull to me
BalasHapusOH MY GOD.. BIG THX FOR THIS
BalasHapusThanks alot 🤘🏻
BalasHapus