Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 8 Bab 7 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP Chapter VII)

                                                Sekolah                       :  SMP ...
                                                Mata Pelajaran          :  Bahasa Inggris
                                                Kelas/ Semester         :  VIII/Dua
                                                Materi Pokok             :  Bigger is not Always Better
                                                Alokasi Waktu           :  4 Pertemuan (8 JP)

A.    Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1 Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh, tanggung jawab, peduli, kerjasama dan santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal antara guru dan siswa.
2.1.2 Bertanya pada teman dan guru dengan bahasa inggris  yang berterima terkait materi.
2.1.3 Menjawab pertanyaan  guru dan teman menggunakan bahasa inggris yang berterima terkait materi.
2.1.4 Menjawab dan menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham  terkait dengan materi.

3.9. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.9.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.3Mengidentifikasi unsur kebahasaan  ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.

4.10. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10.1Menyusun percakapan perbandingan jumlah, sifat     orang, binatang dan benda.
4.10.2 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.

C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:

1.1.1.1    Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2.1    Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
2.1.1.1    Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga  hubungan   interpersonal antara guru dan siswa.
2.1.2.1    Bertanya pada teman dan guru dengan menggunakan bahasa  inggris yang berterima terkait ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.  
2.1.3.1    Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.1.1    Mengidentifikasi perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda
3.9.2.1    Mengidentifikasi fungsi sosial  ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.3.1    Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.4.1    Mengidentifikasi  unsur  kebahasaan  ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.5.1    Menemukan makna ungkapan perbandingan jumlah,sifat orang,binatang dan benda
3.9.6.1    Melafalkan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
4.10.1     Menyusun percakapan berdasarkan gambar/benda yang tersedia.
4.10.2     Melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.

D.    Materi Pembelajaran
1.  Fungsi Sosial:
a.       Membandingkan
Look! The horse and the donkey look like each other. But, the horse is bigger than the donkey. The donkey is smaller than the horse, right?
b.      Memuji
Dayu: I think Bono will win the race!
Siti: I think so. Bono is smaller but stronger than Gani. Gani is bigger but weaker than Bono
c.       Mengkritik
Don’t you think the picture is wrong? The helicopter is higher than the plane in the sky. The plane is lower than the helicopter?

2.  Struktur Teks dari percakapan yang menggunakan ungkapan perbandingan

Who is taller? Your sister or your brother?; No one in the class is as big as Candra. He is the biggest. He is bigger than any other student in the class.; To me, writing is more difficult than reading. Listening is the most difficult. Our library has more books than the community library (dan semacamnya).

Dalam Bahasa inggris terdapat tiga tingkatan perbandingan, yaitu:
a.       Tingkatan sama ( Possitive )   (as…….as )
Pada tingkatan sama kita membandingkan sesuatu dalam bandingan yang sama, maka untuk perumusan kalimatnya adalah :
Text Box: S1 + Aux/V + as ( adj ) as + S2
 





b.      Tingkatan lebih ( Comparative )  (…er atau more…. )
Text Box: S1 + Aux/V + Adj (er ) + than + S2
Text Box: S1 + Aux/V +  ( more )  Adj + than + S2 



 as + S2
 





c.       Tingkatan paling ( Superlative )    ( the…est atau the most… )
Text Box: S1 + Aux/V + the + Adj ( est ) + of all
 



Text Box: S1 + Aux/V + the ( most )  Adj + of all                    

          
Selain struktur teks diatas, ada bentuk perkecualian untuk perbandingan, yaitu :
Adjective
Comparative
Superlative
Good / Well
Better
The best
Bad / ill
Worse
The worst
Many / Much
More
The most
Etc



3. Unsur kebahasaan
(1)      Kosa kata: kata benda dan kata sifat yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(2)      those, my, their, Perbandingan sifat: as ... as, -er, -est, more ..., the most ...
(3)      Perbandingan jumlah: more, fewer, less
(4)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5)      Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)      Ejaan dan tanda baca
(7)      Tulisan tangan.

Topik
Sifat orang dan benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

E.     METODE PEMBELAJARAN:
1.      Pendekatan Scientific
2.      Pendekatan komunikatif


F.     MEDIA PEMBELAJARAN:
Media pembelajaran yang dipakai adalah :
a.       Gambar - gambar
b.      Benda – benda / orang – orang di sekitar / realia

G.    SUMBER BELAJAR
·       Buku Wajib Siswa SMP Kelas VIII
·       Buku Guru K13
·       Kamus

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan ke 1
a.      Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru memberi salam
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Guru menanyakan materi sebelumnya yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4.      Guru memancing dan menanyakan siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5.      Guru menginformasikan apa yang akan dipelajari dan tujuannya
b.      Kegiatan Inti
Kegiatan Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar mengenai perbandingan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda
·      Peserta didik menirukan percakapan sederhana terkait dengan perbandingan
·      Peserta didik bermain peran percakapan sederhana mengenai perbandingan
Kegiatan Bertanya
·      Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan fungsi sosial dari teks yg telah dipelajari
·      Peserta didik menanyakan arti dan cara membaca beberapa kata yang masih dirasa sulit.
·      Peserta didik menjawab pertanyaan guru
Kegiatan Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks percakapan tentang perbandingan
·      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial dari percakapan tentang perbandingan.
·      Perserta didik menemukan ungkapan perbandingan yang terdapat dalam percakapan. (Buku paket hal 103)

Kegiatan Mengasosiasi
·      Peserta didik membaca beberapa kalimat terkait dengan konteks perbandingan
·      Peserta didik menuliskan kembali kalimat dengan konteks perbandingan dengan ungkapan perbandingan yang sudah dipelajari sebelumnya
Kegiatan Mengkomunikasi
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya kepada guru dan juga rekan sekelas
·      Peserta didik memperhatikan jawaban yang disampaikan oleh temannya dan memberikan masukan mengenai jawaban temannya
c.       Kegiatan Penutup
a.       Guru meminta siswa untuk mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
b.      Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
c.       Guru memberikan tugas pada siswa yang terkait dengan materi
2.      Pertemuan ke 2
a.       Pendahuluan
1)      Guru memberi salam
2)      Guru mengecek kehadiran siswa
3)      Guru menanyakan materi sebelumnya yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4)      Guru memancing dan menanyakan siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5)      Guru menginformasikan apa yang akan dipelajari dan tujuannya
b.      Kegiatan inti
Kegiatan Mengamati
·      Peserta didik mengamati dialog atau percakapan tentang perbandingan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda
Kegiatan Bertanya
·      Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan terkait struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan perbandingan.
·      Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan bagaimana membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
Kegiatan Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik membaca kembali beberapa percakapan tentang teks perbandingan
·      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang struktur teks dan unsur kebahasaan yang muncul di dalamnya terkait materi

Kegiatan Mengasosiasi
·      Peserta didik dibagi dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan,tiap kelompok,dengan data yang dimiliki saat bekerja berpasangan,peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
·      Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
Kegiatan Mengkomunikasi
·      Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
·      Peserta didik menerima umpan balik dan atau penguatan (isi,fungsi sosial dan struktur teks)
d.      Kegiatan Penutup
1)      Guru meminta siswa untuk mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
2)      Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
3)      Guru memberikan tugas pada siswa yang terkait dengan materi
3.      Kegiatan ke 3
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam
2)      Guru mengecek kehadiran siswa
3)      Guru menanyakan materi sebelumnya yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4)      Guru memancing dan menanyakan siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5)      Guru menginformasikan apa yang akan dipelajari dan tujuannya
Kegiatan inti
-          Mencipta:
·         Peserta didik melengkapi kalimat rumpang (melengkapi kalimat rumpang buku paket halaman 114, 115)
·         Peserta didik menyusun kalimat berdasarkan gambar yang tersedia (menyusun kalimat buku paket halaman 112)
Penutup
1)      Guru meminta siswa untuk mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
2)      Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
3)      Guru memberikan tugas pada siswa yang terkait dengan materi

4.      Kegiatan ke 4
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam
2)      Guru mengecek kehadiran siswa
3)      Guru menanyakan materi sebelumnya yang akan dikaitkan dengan materi ajar
4)      Guru memancing dan menanyakan siswa apa yang sudah diberikan atau dikatakan oleh guru sebelumnya
5)      Guru menginformasikan apa yang akan dipelajari dan tujuannya
Kegiatan inti
Mencipta:
-          Peserta didik menyusun dialog berdasarkan situasi yang diberikan
-          Peserta didik melakukan dialog teks perbandingan yang telah disusun
Penutup
1)      Guru meminta siswa untuk mengkonfirmasi materi yang sudah diajarkan
2)      Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa yang berhubungan dengan materi
3)      Guru memberikan tugas pada siswa yang terkait dengan materi


I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Kriteria Penilaian
·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·         Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.

J.      RUBRIK PENILAIAN
a.       Kompetensi spiritual
1)      TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
2)      Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2
3)      Instrumen: lihat Lampiran .
4)      Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran
b.      Kompetensi Sikap Sosial
1)      TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
2)      Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
   Kisi-kisi :
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh

2.
Tanggung jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab

3.
Peduli
5: selalu peduli
4: sering peduli
3: kadang-kadang peduli
2: jarang peduli
1: tidak pernah peduli


4.
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama

5.
Santun
5: selalu santun
4: sering santun
3: kadang-kadang santun
2: jarang santun
1: tidak pernah santun


3)      Instrumen: lihat Lampiran
4)       Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran
c.       Kompetensi Pengetahuan
1)      Teknik Penilaian :TesTertulis
2)      Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
3)      Kisi-kisi :
No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan perbandingan dengan benar.
5
I.1-5
2
Disajikan teks,  peserta didik dapat menentukan fungsi social ungkapan perbandingan
5
II. 1-4
3

Disajikan teks rumpang , peserta didik dapat melengkapinya dengan ungkapan perbandingan yang benar.
5

III.1-5
4

Disajikan beberapa kata sifat , peserta didik dapat menentukan tingkat positive, comparative dan superlative dan maknanya dengan benar
20
IV.1-10
5
Disajikan beberapa tingkat perbandingan positive, comparative dan superlative, peserta didik  dapat melafalkannya  dengan benar
10
V.1-10

JUMLAH
45


4)      Instrumen: lihat Lampiran.  (Test Pengetahuan).

5)      Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran.

d.      Kompetensi Keterampilan
1)   TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
2)   Bentuk Instrumen :menulis dialog berdasarkan situasi yang diberikan, Tes Praktik Keterampilan Berbicara; melakukan dialog teks perbandingan yang telah disusun
3)   Kisi-kisi:
Tes Tertulis
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Tata bahasa
Tata bahasa benar
Tata bahasa sedikit kesalahan
Tata bahasa cukup banyak kesalahan
Tata bahasa banyak kesalahan
Tata bahasa salah semua
5
4
3
2
1
2
Pemilihan Kosa Kata
Pemilihan kosa kata tepat
Pemilihan kosa kata hampir tepat
Pemilihan kosa kata cukup tepat
Pemilihan kosa kata kurang tepat
Pemilihan kosa kata tidak tepat
5
4
3
2
1
3
Keruntutan Teks
Keruntutan teks bagus
Keruntutan teks hampir bagus
Keruntutan teks cukup bagus
Keruntutan teks kurang bagus
Keruntutan teks tidak bagus
5
4
3
2
1
4
Penulisan
Penulisan benar
Penulisan sedikit kesalahan
Penulisan cukup banyak kesalahan
Penulisan banyak kesalahan
Penulisan salah semua
5
4
3
2
1
 

2) Tes Praktik

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

4.
Kelancaran
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar

Lampiran  

INSTRUMEN  PENILAIAN
I.     Make a dialogue to compare your friends or things in your class!
II.  Match the sentences in column A with the function in column B!
                        Column A                                                       Column B
1.        Rudi is a diligent boy. He is more diligent than his brother. He always studies hard and helps his parents.

a. To be proud

2.        Every year Rudi always gets prizes from his parents because he is always to be the best student in his school.His parents are very proud of him.

b. To criticize

3.        Rudi’s little brother is Roni. He is thinner than him. He is also  shorter. Besides his hair is longer.

c. To show differences

4.        Rio is Roni’s little brother. He is still 7 years old but he likes to speaks rudely. He is the naughtiest boy in the village.

d. To praise

5.        Roni is better than Rio. Rudi is the best child in the family. Roni is older than Rio. Rudi is the oldest.

e.To show differences

III.I have a...1) family, My beloved husband and my son are   ...2)persons in my life. They make me ...3)than before. My husband is ...4) than me. He is 40 years old and I am  3 years younger than him. My son is …5) of all
1.  a. happy                                                 c. happiest
b. happier                                               d. the happiest
2.  a.more important                                   c.important
     b. most important                                  d. the most important 
3.  a.happier                                                c. the happiest            
     b. happy                                                 d.happiest
4.  a.old                                                       c. the oldest
b. older                                                  d.oldest
5.  a.young                                                  c. the youngest
b. younger                                              d.as young as



IV.
Positive
Comparative
Superlative
Meaning
cheap
.... 1)
The cheapest
……………
...2)
Greater
The greatest
……………
tall
Taller
...3)
……………
high
...4)
The highest
……………
...5)
Smaller
The Smallest
……………
short
...6)
The Shortest
……………
long
...7)
The Longest
……………
...8)
Faster
The Fastest
……………
loud
...9)
The Loudest
……………
low
...10)
The Lowest
……………
old
Older
...11)
……………
strong
Stronger
...12)
……………
young
Younger
...13)
……………
...14)
More beautiful
The most beautiful
……………
Careful
...15)
The most careful
……………
Interesting
...16)
The most interesting
……………
Heavy
Heavier
...17)
……………
Expensive
More expensive
...18)
……………
...19)
More diligent
The most diligent
……………
lazy
...20)
The laziest
……………
Kunci Jawaban
I.     Kebijaksanaan Guru
II.  1)D
2)A
3)C
4)B
5)E
III.1)A
2)D
3)A
4)B
5)A
IV.1.cheaper               (murah)                        11. The oldest                           (tua)
     2.great                    (Besar)                         12.the strongest                       (kuat)
     3.the tallest             (tinggi)                         13.the youngest                       (muda)
     4.higher                  (tinggi)                         14.beautiful                             (cantik)
     5.small                    (kecil)                          15.more careful                       (hati-hati)
     6.shorter                 (pendek)                      16.more interesting                 (menarik)
     7.longer                  (panjang)                     17.the heaviest                          (berat)
     8.fast                      (cepat)                         18.the most expensive             (mahal)
     9.louder(keras)                                           19.diligent       (rajin)
     10.lower (rendah)                                       20.lazier           (malas)

                                                                        Surakarta,                    2015
Mengetahui                                                    
Kepala Sekolah                                               Guru Mapel



(                                   )                                   (                                   )

NIP                                                                 NIP

5 komentar: