RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Sekolah :
SMP ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :
VIII
Materi Pokok : Ungkapan meminta perhatian, mengecek
pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan
pendapat
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (8 JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 Meminta perhatian guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris
yang berterima.
2.1.2 mengecek pemahaman guru dan
teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menghargai kinerja yang baik
dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima
2.1.4 Meminta dan mengungkapkan
pendapat menggunakan bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5Menjawab atau menjelaskan
pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta
serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
|
|
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan , meminta perhatian, mengecek pemahaman,
menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan pendapat serta responsnya
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan meminta perhatian dan responsnya.
3.1.2 Mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan mengecek pemahaman dan responsnya.
3.1.3 Mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya.
3.1.4 Mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.5 Mengidentifikasi struktur teks percakapan
yang menggunakan ungkapan meminta perhatian dan responsnya.
3.1.6 Mengidentifikasi struktur teks
percakapan yang menggunakan ungkapan mengecek pemahaman dan responsnya.
3.1.7 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang
menggunakan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya.
3.1.8 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang
menggunakan ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.9 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
pada ungkapan meminta perhatian dan responsnya.
3.1.10 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
pada ungkapan mengecek pemahaman dan
responsnya.
3.1.11 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
pada ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya.
3.1.12 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
pada ungkapan meminta serta mengungkapkan
pendapat dan responsnya.
|
|
4.1. Menyusun teks lisan seder hana untuk pengucapkan dan merespon meminta perhatian,
mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta
mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan
fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.1.1 Melengkapi teks percakapan yang
melibatkan ungkapan meminta perhatian.
4.1.2 Melengkapi teks percakapan yang
melibatkan ungkapan mengecek pemahaman.
4.1.3 Melengkapi teks percakapan yang
melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik
4.1.4 Melengkapi teks percakapan yang
melibatkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat.
4.1.5 Melakukan percakapan yang
melibatkan ungkapan meminta perhatian.
4.1.6 Melakukan percakapan yang
melibatkan ungkapan mengecek pemahaman
4.1.7 Melakukan percakapan yang
melibatkan ungkapan menghargai kinerja guru
4.1.8 Melakukan percakapan yang
melibatkan ungkapan meminta serta
mengungkapkan pendapat
|
|
|
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1
bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris;
1.1.2.1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1
Meminta perhatian guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2.1
mengecek pemahaman guru dan teman menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3.1
Menghargai kinerja yang baik dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima
2.1.4.1
Meminta dan mengungkapkan pendapat menggunakan bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5.1
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan meminta perhatian,
mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta
mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan meminta
perhatian dan responsnya.
3.1.2.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan mengecek
pemahaman dan responsnya.
3.1.3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan menghargai
kinerja yang baik dan responsnya.
3.1.4.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan meminta
serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.5.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang
menggunakan ungkapan meminta perhatian dan
responsnya.
3.1.6.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang
menggunakan ungkapan mengecek pemahaman dan responsnya.
3.1.7.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang
menggunakan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya.
3.1.8.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang
menggunakan ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan
meminta perhatian dan responsnya.
3.1.10.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan
mengecek pemahaman dan responsnya.
3.1.11.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan
menghargai kinerja yang baik dan
responsnya.
3.1.12.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan meminta serta mengungkapkan
pendapat dan responsnya.
4.1.1.1
melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan meminta perhatian
dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan
dengan tepat;
4.1.2.1
melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan mengecek
pemahaman dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan
dengan tepat;
4.1.3.1
melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat
berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.4.1
melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan meminta serta
mengungkapkan pendapat dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan
teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.5.1
menyusun ungkapan meminta perhatian lisan dan responsnya dengan tepat
berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2
melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan meminta perhatian dan
responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.5.1
menyusun ungkapan mengecek pemahaman lisan dan responsnya dengan tepat
berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2
melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan mengecek pemahaman dan
responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.5.1
menyusun ungkapan menghargai kinerja yang baik lisan dan responsnya dengan
tepat berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2
melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang
baik dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.5.1
menyusun ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat lisan dan responsnya
dengan tepat berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2
melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan meminta serta
mengungkapkan pendapat dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
D. Materi
Pembelajaran
1. Fungsi Sosial dari
ungkapan:
a.
Meminta perhatian
b.
mengecek pemahaman
c.
menghargai kinerja yang baik
d.
meminta serta mengungkapkan pendapat
2. Struktur Teks dari
percakaan yang menggunakan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman,
menghargai kinerja yang baik, meminta serta mengungkapkan pendapat, yaitu:
a. opening
b. content/sustaining
c. closing
3. Unsur Kebahasaan dari
ungkapan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja
yang baik, meminta serta mengungkapkan pendapat, yaitu:
a. ungkapan
meminta perhatian (Excuse me, Attention,
please)
b. ungkapan
mengecek pemahaman (It’s good, isn’t it? Is it clear? Do you understand?)
c.
ungkapan menghargai kinerja yang baik (That’s great, It’s beautiful, Excellent)
d.
ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat (What do you think …, Do you think
it is good?
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik
2. Pendekatan Komunikatif
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Video
percakapan pendek sedehana yang melibatkan ungkapan meminta perhatian, mengecek
pemahaman, menghargai kinerja yang baik, meminta serta mengungkapkan pendapat
beserta responsnya. (Tersedia di www.dreamenglish.com dan/atau www.englishwithjenifer.com)
2. Alat/Bahan
·
Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. Bahasa Inggris
When English
Rings a Bell SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi
salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka,
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa
kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau
telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang
melibatkan ungkapanmeminta perhatian dan
mengecek pemahaman.
b)
Peserta didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi
dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2) Menanya
a)
Dengan bimbingan guru peserta didik
merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks,
serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)
Dengan bimbingan guru merumuskan
pertanyaan tentang bagaimana cara meminta perhatian dan mengecek pemahaman dan meresponnya.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)
Secara berpasangan peserta didik
menjawab pertanyaan tentang isi teks dari lima percakapan yang disaksikan.
b)
Secara berpasangan peserta didik
menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari lima percakapan yang
disaksikan.
c)
Secara berpasangan peserta didik
menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari lima percakapan yang disaksikan.
d)
Secara berpasangan peserta didik
menemukan ungkapaan meminta perhatian dan mengecek pemahaman beserta responsnya yang
terdapat dalam lima percakapan yang disaksikan.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)
Dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data
yang dimiliki saat bekerja berpasangan, peserta didik menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b)
Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a)
Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui
wakil kelompok.
b)
Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c. Penutup (10 Menit)
1)
Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan
belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru memberikan tugas kepada peserta
didik untuk mempraktikkan ungkapan meminta perhatian dan mengecek pemahaman dan
mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)
Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,
mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak
peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta
didik.
2)
Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi yang dipelajari sebelumnya.
3)
Guru menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1)
Mencipta
a)
Secara berpasangan peserta didik
melengkapi 2 dialog rumpang yang melibatkan ungkapan ungkapan meminta perhatian dan mengecek pemahaman dan responsnya lalu memperagakannya.
b)
Secara berpasangan peserta didik melengkapi dialog rumpang berdasarkan
gambar yang tersedia.
c)
Secara berpasangan peserta didik
menyusun dialog dengan menggunakan ungkapan meminta perhatian dan mengecek pemahaman
dan responnya berdasarkan situasi yang diberikan.
c. Penutup (10 Menit)
1)
Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan
belajar yang telah mereka lakukan.
3) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
3. Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi
salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak
peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran
peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau
telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang
melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan
mengungkapkan pendapat .
b)
Peserta didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi
dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2) Menanya
a)
Dengan bimbingan guru peserta didik
merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks,
serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)
Dengan bimbingan guru merumuskan
pertanyaan tentang bagaimana cara menghargai kinerja yang baik dan meminta dan
mengungkapkan pendapat .
dan meresponnya.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)
Secara berpasangan peserta didik
menjawab pertanyaan tentang isi teks dari lima percakapan yang disaksikan.
b)
Secara berpasangan peserta didik
menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari lima percakapan yang
disaksikan.
c)
Secara berpasangan peserta didik
menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari lima percakapan yang disaksikan.
d)
Secara berpasangan peserta didik
menemukan ungkapaan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan
mengungkapkan pendapat beserta responsnya yang terdapat dalam lima
percakapan yang disaksikan.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)
Dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data
yang dimiliki saat bekerja berpasangan, peserta didik menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b)
Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a)
Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui
wakil kelompok.
b)
Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c. Penutup (10 Menit)
1)
Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan
belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru memberikan tugas kepada peserta
didik untuk mempraktikkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat dan mencatat kepada siapa saja peserta didik
mengucapkan ungkapan tersebut.
4)
Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang
4. Pertemuan Keempat
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,
mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak
peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta
didik.
2)
Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi yang dipelajari sebelumnya.
3)
Guru menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1)
Mencipta
a)
Secara berpasangan peserta didik
melengkapi 2 dialog rumpang yang melibatkan ungkapan menghargai
kinerja yang baik dan meminta
dan mengungkapkan
pendapat dan responsnya lalu memperagakannya.
b)
Secara berpasangan peserta didik melengkapi dialog rumpang berdasarkan
gambar yang tersedia.
c)
Secara berpasangan peserta didik
menyusun dialog dengan menggunakan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat dan responnya berdasarkan situasi yang
diberikan.
c. Penutup (10 Menit)
1)
Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan
belajar yang telah mereka lakukan.
3) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a.
TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi
dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Bersyukur
|
Bersemangat dalam melaksanakan setiap
kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris.
|
1
|
Serius dalam melaksanakan setiap
kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris
|
1
|
||
|
|
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
2. Kompetensi Sikap Sosial
a. TeknikPenilaian :
Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen :
Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Instrumen
|
1.
|
Santun
|
Meminta perhatian guru dan teman menggunakan Bahasa
Inggris yang berterima.
|
1
|
Merespon
pertanyaan guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris
yang berterima
|
1
|
||
2.
|
Peduli
|
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan
teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan meminta
perhatian dan responsnya
|
1
|
Mengecek pemahaman
teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
Merespon guru dan teman yang mengecek
pemahamannya menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
|
|
Jumlah
|
5
|
3. Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik Penilaian
:TesTertulis
b. j. Bentuk Instrumen :
Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c. k.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir
Soal
|
Nomor Butir
Soal
|
1
|
Disajikan pernyataan/ilustrasi
situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan meminta
perhatian, mengecek
pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan
pendapat serta responnya dengan
benar.
|
8
|
I.1-8
|
2
|
Disajikan ungkapan mengecek pemahaman
beserta responnya secara acak, peserta didik dapat menjodohkan ungkapan dan respon
dengan benar.
|
4
|
II.1-4
|
3
|
Disajikan
gambar 2 orang atau lebih dengan ilustrasi yang jelas, peserta didik dapat menentukan ungkapan
meminta perhatian, mengecek pemahaman,
menghargai kinerja yang baik dan meminta serta mengungkapkan pendapat yang tepat.
|
8
|
III.1-8
|
|
JUMLAH
|
20
|
|
4. Keterampilan
a. TeknikPenilaian :Tes
Tertulis dan Praktik
b. Bentuk Instrumen :
Pilihan Ganda (Tes Tertulis )
c. Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan
Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Soal
|
1
|
Disediakan
teks percakapan yang melibatkan ungkap an meminta
perhatian peserta didik dapat
menjawab pertanyaan tentang konteks
situasi dari teks tersebut.
|
3
|
1-3
|
2
|
Disediakan
teks percakapan yang melibatkan ungkap an meminta
perhatian, peserta
didikdapatmenjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan)
pada teks tersebutdenganbenar.
|
2
|
4-5
|
3
|
Disediakan teks percakapan yg
melibatkan ungkapan mengecek pemahaman,
peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
|
3
|
6-8
|
4
|
Disediakan teks percakapan yang melibatkan
ungkap an meminta perhatian,
peserta didikdapatmenjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur
kebahasaan) pada teks tersebutdenganbenar.
|
2
|
9-10
|
5
|
Disediakan teks percakapan yg
melibatkan ungkapan mengecek pemahaman,
peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
|
3
|
11-13
|
6
|
Disediakan teks percakapan yg
melibatkan ungkapan mengecek pemahaman,
peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
|
2
|
14-15
|
7
|
Disediakan teks percakapan yg
melibatkan ungkapan mengecek pemahaman,
peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
|
3
|
16-18
|
8
|
Disediakan teks percakapan yg
melibatkan ungkapan mengecek pemahaman,
peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
|
2
|
19-20
|
|
|
20
|
|
2) Tes Praktik
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
|
Disajikan 2 kartu situasi yang
berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik,
dengan menggunakan kartu berupa gambar,
peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan meminta perhatian
dan mengecek pemahaman,
menghargai kinerja yang baik dan meminta serta mengungkapkan pendapat serta responsnya dengan lancar,
runtut dan berterima secara berpasangan.
|
4
|
Surakarta, __ _____________ 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________
_________________________
NIP. ... NIP.
...
sip, terima kasih
BalasHapusPagi,,, Bapak dan Ibu semua. Dalam Blog ini siapa yang bisa sy hubungi secara personal karena saya perlu RPP dan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 SMP dalam bentuk file. doc untuk dijadikan referensi saya dalam penyusunan RPP di Sekolah saya.
BalasHapus