Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 8 Bab 1 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)

Sekolah              :  SMP ...
Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester        :  VIII
Materi Pokok     :  Ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan pendapat
Alokasi Waktu :  4 Pertemuan (8 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 Meminta perhatian  guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 mengecek pemahaman guru dan teman  menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menghargai kinerja yang baik dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima
2.1.4 Meminta dan mengungkapkan pendapat menggunakan bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.


3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan , meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan pendapat serta responsnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan meminta perhatian dan responsnya.
3.1.2 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan mengecek pemahaman dan responsnya.
3.1.3 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya.
3.1.4 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.5 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan meminta perhatian  dan responsnya.
3.1.6 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan mengecek pemahaman  dan responsnya.
3.1.7  Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan menghargai kinerja yang baik  dan responsnya.
3.1.8  Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat  dan responsnya.
3.1.9 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian dan responsnya.
3.1.10 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan mengecek pemahaman  dan responsnya.
3.1.11 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan menghargai kinerja yang baik  dan responsnya.

3.1.12 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada  ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat   dan responsnya.



4.1. Menyusun teks lisan  seder hana untuk  pengucapkan dan merespon meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan pendapat  dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1 Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan meminta perhatian.
4.1.2 Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan mengecek pemahaman.
4.1.3 Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik
4.1.4 Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat.
4.1.5 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan meminta perhatian.
4.1.6 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan mengecek pemahaman
4.1.7 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja guru
4.1.8 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan meminta serta  mengungkapkan pendapat





C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 Meminta perhatian  guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2.1 mengecek pemahaman guru dan teman  menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3.1 Menghargai kinerja yang baik dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima
2.1.4.1 Meminta dan mengungkapkan pendapat menggunakan bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5.1 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan  konteks/materi ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan meminta perhatian dan responsnya.
3.1.2.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan mengecek pemahaman dan responsnya.
3.1.3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya.
3.1.4.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya.
3.1.5.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan meminta perhatian  dan responsnya.
3.1.6.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan mengecek pemahaman  dan responsnya.
3.1.7.2  Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan menghargai kinerja yang baik  dan responsnya.
3.1.8.2  Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat  dan responsnya.
3.1.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian dan responsnya.
3.1.10.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan mengecek pemahaman  dan responsnya.
3.1.11.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan menghargai kinerja yang baik  dan responsnya.

3.1.12.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada  ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat   dan responsnya.
4.1.1.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan meminta perhatian dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.2.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan mengecek pemahaman dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.3.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik  dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.4.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.5.1 menyusun ungkapan meminta perhatian lisan dan responsnya dengan tepat berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2 melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan meminta perhatian dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.5.1 menyusun ungkapan mengecek pemahaman lisan dan responsnya dengan tepat berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2 melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan mengecek pemahaman dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.5.1 menyusun ungkapan menghargai kinerja yang baik lisan dan responsnya dengan tepat berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2 melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.5.1 menyusun ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat lisan dan responsnya dengan tepat berdasarkan gambar yang disediakan;
4.1.5.2 melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan meminta serta mengungkapkan pendapat dan responsnya sesuai dengan konteksnya;


D.  Materi Pembelajaran
1.  Fungsi Sosial dari ungkapan:
a. Meminta perhatian
b. mengecek pemahaman
c. menghargai kinerja yang baik
d. meminta serta mengungkapkan pendapat
2.  Struktur Teks dari percakaan yang menggunakan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, meminta serta mengungkapkan pendapat, yaitu:
a. opening
b. content/sustaining
c. closing
3.  Unsur Kebahasaan dari ungkapan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, meminta serta mengungkapkan pendapat, yaitu:
a. ungkapan meminta perhatian  (Excuse me, Attention, please)
b. ungkapan mengecek pemahaman (It’s good, isn’t it? Is it clear? Do you understand?)
c. ungkapan menghargai kinerja yang baik (That’s great, It’s beautiful, Excellent)
d. ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat (What do you think …, Do you think it is good?
E.  Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Saintifik
2.  Pendekatan Komunikatif

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.      Video percakapan pendek sedehana yang melibatkan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, meminta serta mengungkapkan pendapat beserta responsnya. (Tersedia di www.dreamenglish.com dan/atau www.englishwithjenifer.com)
2. Alat/Bahan
·         Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·         KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.


b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan ungkapanmeminta perhatian dan mengecek pemahaman.
b) Peserta didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana cara meminta perhatian dan mengecek pemahaman dan meresponnya.

3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks dari lima percakapan yang disaksikan.
b)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari lima percakapan yang disaksikan.
c)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari lima percakapan yang disaksikan.
d)  Secara berpasangan peserta didik menemukan ungkapaan meminta perhatian  dan mengecek pemahaman beserta responsnya yang terdapat dalam lima percakapan yang disaksikan.

4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data yang dimiliki saat bekerja berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.

5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan meminta perhatian dan mengecek pemahaman dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara berpasangan peserta didik melengkapi 2 dialog rumpang yang melibatkan ungkapan ungkapan meminta perhatian dan  mengecek pemahaman dan responsnya lalu memperagakannya.
b) Secara berpasangan peserta didik melengkapi dialog rumpang berdasarkan gambar yang tersedia.
c)  Secara berpasangan peserta didik menyusun dialog dengan menggunakan ungkapan  meminta perhatian dan mengecek pemahaman dan responnya berdasarkan situasi yang diberikan.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
3. Pertemuan Ketiga

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.


b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat .
b) Peserta didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana cara menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat .
     dan meresponnya.

3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks dari lima percakapan yang disaksikan.
b)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari lima percakapan yang disaksikan.
c)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari lima percakapan yang disaksikan.
d)  Secara berpasangan peserta didik menemukan ungkapaan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat  beserta responsnya yang terdapat dalam lima percakapan yang disaksikan.

4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data yang dimiliki saat bekerja berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.

5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat  dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang

4. Pertemuan Keempat

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara berpasangan peserta didik melengkapi 2 dialog rumpang yang melibatkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat  dan responsnya lalu memperagakannya.
b) Secara berpasangan peserta didik melengkapi dialog rumpang berdasarkan gambar yang tersedia.
c)  Secara berpasangan peserta didik menyusun dialog dengan menggunakan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan meminta dan mengungkapkan pendapat   dan responnya berdasarkan situasi yang diberikan.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
a.    TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.    Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Santun

Meminta perhatian guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1

Merespon pertanyaan  guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan meminta perhatian  dan  responsnya
1

Mengecek pemahaman teman  menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Merespon guru dan teman yang mengecek pemahamannya  menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



Jumlah
5


3.  Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian :TesTertulis
b.      j. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c.       k. Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta serta mengungkapkan pendapat serta responnya dengan benar.
8
I.1-8
2

Disajikan ungkapan mengecek pemahaman beserta responnya secara acak, peserta didik dapat menjodohkan ungkapan dan respon dengan benar.
4

II.1-4
3

Disajikan gambar 2 orang atau lebih  dengan ilustrasi  yang jelas, peserta didik dapat menentukan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik dan meminta serta mengungkapkan pendapat yang tepat.
8
III.1-8

JUMLAH
20




4. Keterampilan
a.    TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
b.    Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis )
c.      Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Disediakan teks percakapan yang melibatkan ungkap an meminta perhatian peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang konteks situasi dari teks tersebut.
3

1-3
2

Disediakan teks percakapan yang melibatkan ungkap an meminta perhatian, peserta didikdapatmenjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks tersebutdenganbenar.
2

4-5
3

Disediakan teks percakapan yg melibatkan ungkapan mengecek pemahaman, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
3
6-8
4
  Disediakan teks percakapan yang melibatkan ungkap an meminta perhatian, peserta didikdapatmenjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks tersebutdenganbenar.
2
9-10
5
Disediakan teks percakapan yg melibatkan ungkapan mengecek pemahaman, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
3
11-13
6
Disediakan teks percakapan yg melibatkan ungkapan mengecek pemahaman, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
2
14-15
7
Disediakan teks percakapan yg melibatkan ungkapan mengecek pemahaman, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
3
16-18
8
Disediakan teks percakapan yg melibatkan ungkapan mengecek pemahaman, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan tersebut dengan benar.
2
19-20


20








2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu berupa gambar, peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan meminta perhatian dan mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik dan meminta serta mengungkapkan pendapat serta responsnya dengan lancar, runtut dan berterima secara berpasangan.

4




Surakarta,  __ _____________ 2015


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




________________________                                          _________________________
NIP. ...                                                                              NIP. ...      




2 komentar:

  1. Pagi,,, Bapak dan Ibu semua. Dalam Blog ini siapa yang bisa sy hubungi secara personal karena saya perlu RPP dan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 SMP dalam bentuk file. doc untuk dijadikan referensi saya dalam penyusunan RPP di Sekolah saya.

    BalasHapus