RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Topik : Introducing Oneself
Pertemuan Ke- :
1
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris.
1.1.2
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 Menyapa guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris.
2.1.2 Menjawab atau menjelaskan
pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi memperkenalkan
diri
2.1.3Menggunakan
ungkapan memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
2.1.4 Menjawab ungkapan pamitaan guru
dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
|
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
perkenalan diri, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan untuk
memperkenalkan diri sendiri dan responnya.
3.1.2
Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan untuk
memperkenalkan orang lain dan responnya.
3.1.3
Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan perkenalan
diri sendiri dan responnya.
3.1.4
Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan perkenalan
orang lain dan responnya.
3.1.5
Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan
diri sendiri.
3.1.6 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
pada ungkapan memperkenalkan orang lain.
|
|
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1
Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan
perkenalan identitas diri sendiri.
4.1.2
Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan
memperkenalkan orang lain.
4.1.3
Melakukan perkenalan diri sendiri.
4.1.4
Melakukan percakapan untuk memperkenalkan orang lain.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui contoh, peserta
didik dapat menggunakan ungkapan memperkenalkan diri ke dalam praktik berbicara
bahasa Inggris.
2.
Melalui contoh, peserta didik
dapat menggunakan ungkapan memperkenalkan diri ke dalam praktik berbicara
bahasa Inggris.
D. Materi Pembelajaran
1.
Fungsi sosial:
mengidentifikasi dan menyebutkan identitas diri untuk menjalin hubungan antar
pribadi, teman dan guru
2.
Struktur teks: Hello/Hi,
My name is …
Good morning, I’d like to introduce myself. I
am ….
3.
Unsur kebahasaan:
Kata
ganti sebagai Subject( I, you, we, she, he, they, it)
Kata
ganti sebagai Object ( me, you, us, him, her, them, it )
Kata
Kerja: call, come, live, study, like
Kosakata
yang berhubungan dengan aktivitas memperkenalkan diri: nick name, call, introduce, dll
4.
Topik : jati diri tentang
perkenalan dengan lingkungan sekitar yang memberikan keteladanan tentang
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan: scientific approach
2.
Strategi: Project Based-Learning
F.
Sumber/
Media Pembelajaran
1. Sumber: Buku Paket Siswa
2. Media:
Teks lisan dan tertulis, gambar, white board, board marker
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris ex: “Good morning, students”.
·
Pastikan peserta didik merespon dengan
menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
·
Jika peserta didik belum merespon, jangan
dulu melanjutkan pelajaran.
·
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke
beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat
merespon perkataan guru.
·
Guru memberi motivasi siswa dengan
memberi beberapa gambar tokoh yang
sudah dikenal siswa
·
Guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang
identitas tokoh tokoh tersebut
·
Guru menanyakan nama peserta didik dan
beberapa data pribadi
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mendengarkan teks yang dibaca
oleh guru tentang memperkenalkan diri
dan memperhatikan ujaran dan intonasi guru dalam membaca
·
Peserta didik menirukan pengucapan cara
memperkenalkan diri
·
Beberapa peserta didik membaca teks dan
guru membetulkan jika ada kesalahan dalam membaca
Menanya
·
Siswa dengan arahan guru bertanya pada
teman, kelompok atau guru tentang hal
hal yang mereka belum paham
·
Siswa bertanya kepada Guru tentang
gambar-gambar yang ada pada teks tentang perkenalan diri.
Mengumpulkan
informasi
·
Siswa
bertanya jawab tentang perkenalandiri secara berkelompok. role play
Mengasosiasi
·
Siswa membedakan ungkapan perkenalan diri
dan orang lain.
·
Siswa
membandingkan antara ungkapan perkenalan diri dalam bahasa Inggris dan dalam
bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik mengisi data pribadi
·
Pesrta
didik mengkomunikasikan perkenalan diri dengan data pribadi secara lisan di
depan kelas dan secara tertulis
·
Peserta
didik berlatih memperkenalkan diri dengan menggunakan data pribadi yang
diberikan guru
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya
(REFLEKSI)
·
Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang
“Introducing Oneself”
·
Siswa diminta membuat
kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini
·
Siswa diberi tugas
kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek
|
10
menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru memberi salam
Ø Guru memotivasi siswa
Ø Guru menyampaikan apersepsi
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
:
·
Siswa mempelajari ungkapan perkenalan diri dari
sumber yang lain
Menanya :
·
Siswa menanyakan tentang kemungkinan menggunakan
ungkapan lain dalam memperkenalkan diri sendiri maupun orang lain.
Mengumpulkan
informasi :
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi perkenalan diri.
Mengasosiasi :
·
Guru
mengkonfirmasi struktur teks, unsur kebahasaan yang ada pada ungkapan
perkenalan diri seperti : I’m ..., My name is..., Tobe ( is, am, are ) kata
ganti ( he,she, they, we, .. )
Mengkomunikasikan
:
Ø
Siswa secara individu mendemonstrasikan perkenalan diri dengan ucapan dan intonasi yang baik di depan kelas
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø Siswa membuat Jurnal Belajar ( refleksi )
|
10 menit
|
H. Penilaian
1. Jenis/ teknik :
a.Aspek pengetahuan
Jenis/ teknik penilaian : Testulis
b.
Aspek Ketrampilan
Jenis penilaian : Unjuk
kerja
c. Aspek Sikap
Jenis Penilaian :
Observasi, Penilaian teman sejawat.
2. Bentuk Instrumen : butir tes
tertulis, butir tes
lisan dan lembar penugasan.
3. Pedoman Penskoran :
a. Untuk tes tertulis:
Jawaban
benar = 1
Jawaban salah = 0
Nilai =
b.Untuk tes lisan
Skala penilaian dibuat
rentang dari 1 s.d 5.
Penafsiran angka:
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = amat baik
Surakarta, Januari 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
………………………………. ………………………….
LAMPIRAN
A. MATERI
B. Kisi- kisi Soal
C. Kunci Jawaban
D. Rubrik Penilaian
a. Kompetensi Sikap
Lembar observasi
kompetensi sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Sopan
|
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan
|
|
3.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
4.
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5.
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri
|
|
6.
|
Bertanggung
jawab
|
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung
jawab
|
b. Kompetensi Pengetahuan
Butir tes lisan:
1. Please introduce yourself in front of
the class
Hello, my name is …
I am ….
I am a student of ….
I live in ….
I like ….
My favorite color is ….
My favorite food is ….
Nice to meet you.
2.
Rubrik penilaian tes lisan (kompetensi pengetahuan)
No.
|
Butir
Pengetahuan
|
Deskripsi
|
Peroleh-an skor
|
1.
|
Kosa kata
|
5 = sangat banyak
4 = banyak
3 = cukup banyak
2 = kurang banyak
1 = sedikit
|
|
2.
|
Kelancaran
|
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan
mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan
sehingga sulit dipahami
|
|
5.
|
Intonasi
|
5 =
Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan
mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan
sehingga sulit dipahami
|
|
6.
|
Pemahaman
|
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami
|
|
7.
|
Pilihan kata
|
5 = sangat bervariasi
4 = bervariasi
3 = cukup bervariasi
2 = kurang bervariasi
1 = sedikit bervariasi
|
Butir tes Tertulis:
c. Kompetensi Keterampilan
Lembar
penilaian projek (rubrik)
No.
|
Butir
Keterampilan
|
Deskripsi
|
Peroleh-an skor
|
1.
|
Perancangan
|
5: sangat
tepat
4: tepat
3: cukup tepat
2: kurang
tepat
1: tidak tepat
|
|
2.
|
Pelaksanaan
|
5: sangat
sesuai
4: sesuai
3: cukup
sesuai
2: kurang
sesuai
1:
tidak sesuai
|
|
3.
|
Pelaporan
|
5: sangat
benar
4: benar
3: cukup benar
2: kurang
benar
1:
tidak benar
|
lampran materinya tidak muncul gambarnya, blank .. bagaimana cara mengatasinya ??
BalasHapuslampran materinya tidak muncul gambarnya, blank .. bagaimana cara mengatasinya ??
BalasHapus