RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP …
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/2 (Dua)
|
Materi Pokok
|
:
|
Teks (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice),
(c) tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 4 JP
|
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat
mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi
internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
|
2.
|
2.3
|
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3.
|
3.9
|
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
instruksi (instruction), tanda atau
rambu (short notice), tanda peringatan
(warning/caution), sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
3.9.1 Menyimpulkan fungsi sosial dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.2 Menyimpulkan struktur teks dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.3 Menyimpulkan unsur kebahasaan dari
teks instruksi (instruction), tanda
atau rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4
|
4.10
|
Menangkap
makna teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana
|
4.10.1 Menangkap makna teks instruksi (instruction) lisan dan tulis sangat
pendek sederhana
4.10.2 Menangkap makna teks tanda atau rambu (short notice) lisan dan tulis sangat
pendek sederhana
4.10.3 Menangkap makna teks tanda peringatan (warning/caution) lisan dan tulis
sangat pendek sederhana
|
4.11
|
Menyusun teks
instruksi (instruction), tanda atau
rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution), lisan
dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.11.1 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi social yang benar
dan sesuai konteks.
4.11.2 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana dengan struktur teks yang benar dan sesuai konteks.
4.11.3 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a.
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
b. Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.
Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction) sesuai dengan konteks penggunaannya.
d. Menangkap
makna teks instruksi (instruction)
lisan dan tulis sangat pendek sederhana.
Pertemuan Kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
b. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.
Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks tanda atau rambu (short notice) sesuai dengan konteks
penggunaannya.
d. Menangkap
makna teks tanda atau rambu (short notice)
lisan dan tulis sangat pendek sederhana
Pertemuan
Ketiga
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
b. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.
Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
d.
Menangkap makna teks tanda
peringatan (warning/caution) lisan
dan tulis sangat pendek sederhana
Pertemuan
keempat
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
b. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c. Menyusun
teks instruksi (instruction), tanda
atau rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution), lisan
dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.
Materi Pembelajaran
Fungsi
Sosial : Menjaga ketertiban dan keselamatan
pribadi dan publik.
Struktur Teks :
Pertemuan Pertama
Instruction:
1. V1, please!
Sit down!
Stand up!
Silent, please!
2. V1 + object, please!
Close your book,
please!
Open the door,
please!
Take my book,
please!
3. Do not + V1, please!
Do not cheat,
please!
Do not make any
noise, please!
Do not throw the
rubbish here!
4. Be + adjective!
Be smart!
Be happy!
Be good student!
Pertemuan Kedua
Rambu
(short notice):
don’t stop!
don’t
bring food and drink in this area!
Do not enter.
Keep
the room clean and tidy.
Keep
door closed at all times.
no cell phone in this office.
Pertemuan Ketiga
Peringatan (warning/caution):
we are
suggested to drive slowly because many children playing
we are prohibited to throw the trash in the toilet
we
are not allowed to smoke in this area
Caution - Very hot water.
Danger, 240 volts.
Slippery when wet.
Warning – Dangerous chemicals.
Unsur Kebahasaan:
(1)
Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam
instruksi, rambu, dan peringatan dari sumber-sumber otentik
(2)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3)
Ejaan dan tanda baca
(4)
Tulisan tangan
Topik: Tindakan di
sekolah dan di rumah dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin,
percaya diri, bertanggung jawab, cinta damai, dan kerja sama. Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ilmiah
2.
CLT
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar
2.
Alat
Spidol, lcd
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings a bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif.
Hal. 177 - 189.
b.
Contoh teks
tertulis
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan
(10 menit )
1)
Guru memberi
salam (greeting);
2)
Guru memeriksa
kehadiran Peserta didik;
3) Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru
memberi motivasi belajar
Peserta didik secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
5)
Guru mengajukan
tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
6) Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai;
7) Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah,
rumah, dan sekitarnya di mana terdapat instruksi (instruction) termasuk yang menggunakan bahasa
Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)
Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai
lokasi dan benda di mana terdapat instruksi (instruction) dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)
Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya
tentang fungsi instruksi (instruction) ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta
didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara instruksi (instruction) dalam bahasa Inggris dengan
yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat
jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber,
termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari instruksi (instruction).
2)
Peserta
didik membaca secara lebih cermat
semua instruksi (instruction) yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk
memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya.
3)
Secara kolaboratif Peserta didik meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat instruksi (instruction) untuk fungsi nyata di kelas,
sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
2)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)
Peserta didik memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta didik membuat lebih banyak instruksi (instruction) dalam bahasa Inggris untuk fungsi
sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)
Peserta didik
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta
tulisan yang jelas dan rapi.
3) Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat instruksi
(instruction) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam
bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2)
Peserta didik
dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang
sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik
berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
5)
Peserta didik
dan guru mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan kedua
Pendahuluan
(10 menit )
1)
Guru memberi
salam (greeting);
2)
Guru memeriksa
kehadiran Peserta didik;
3)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru
memberi motivasi belajar
Peserta didik secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
5)
Guru mengajukan
tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
6)
Guru menjelaskan
tentang tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
7)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah,
rumah, dan sekitarnya di mana terdapat tanda atau rambu (short notice) termasuk yang menggunakan bahasa
Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)
Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai
lokasi dan benda di mana terdapat tanda atau rambu (short notice) dari berbagai sumber termasuk
internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)
Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya
tentang fungsi tanda atau rambu (short
notice) ketepatan unsur kebahasaannya,
format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta
didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara tanda atau rambu (short notice) dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain,
akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber,
termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari tanda atau rambu (short
notice).
2)
Peserta
didik membaca secara lebih cermat
semua tanda atau rambu (short notice) yang telah terkumpul dalam bentuk gam bar dan foto tersebut di atas,
untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaannya.
3)
Secara kolaboratif Peserta didik meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat tanda atau rambu (short notice) untuk fungsi nyata di kelas,
sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari berbaga tanda atau rambu (short notice) yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
2)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda atau rambu (short notice) yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)
Peserta didik memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta didik membuat lebih banyak tanda atau rambu (short notice) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan
rumah.
2)
Peserta didik
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang
benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)
Peserta didik membicarakan permasalahan yang
dialami dalam membuat tanda atau rambu (short
notice) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2)
Peserta didik
dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang
sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik
berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
5)
Peserta didik
dan guru mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan ketiga
Pendahuluan
(10 menit )
1)
Guru memberi
salam (greeting);
2)
Guru memeriksa
kehadiran Peserta didik;
3)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru
memberi motivasi belajar
Peserta didik secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
5)
Guru mengajukan
tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
6)
Guru menjelaskan
tentang tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
7)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah,
rumah, dan sekitarnya di mana terdapat tanda peringatan (warning/caution),
termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap
yang dilihat tersebut.
2)
Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai
lokasi dan benda di mana terdapat tanda peringatan (warning/caution), dari
berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)
Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya
tentang fungsi tanda peringatan (warning/caution), ketepatan unsur kebahasaannya,
format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta
didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara tanda peringatan (warning/caution), dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber,
termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari tanda peringatan (warning/caution).
2)
Peserta didik membaca secara lebih cermat
semua tanda peringatan (warning/caution) yang telah terkumpul dalam
bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan
pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3)
Secara kolaboratif Peserta didik meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat tanda peringatan (warning/caution) untuk
fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang
telah dipelajari tersebut di atas dengan
yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)
Peserta didik memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta didik membuat lebih banyak tanda peringatan
(warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas,
sekolah, dan rumah.
2)
Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta
tulisan yang jelas dan rapi.
3)
Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam
membuat tanda peringatan (warning/caution) dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2)
Peserta didik
dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang
sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik
berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
5)
Peserta didik
dan guru mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan keempat
Pendahuluan
(10 menit )
1)
Guru memberi
salam (greeting);
2)
Guru memeriksa
kehadiran Peserta didik;
3)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru
memberi motivasi belajar
Peserta didik secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
5)
Guru mengajukan
tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
6)
Guru menjelaskan
tentang tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
7)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mencipta
1)
Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang kemudian setiap
kelompok diberi situasi tentang (a) instruksi (instruction), (b)
tanda atau rambu (short notice), (c)
tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk
fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah sesuai
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.
2)
Peserta
didik membuat (a) instruksi
(instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah,
dan rumah berdasarkan situasi yang diberikan sesuai struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar.
3)
Peserta
didik mempersentasikan hasil kelompok didepan kelas dan menempelkan hasil
kelompok di dinding kelas
4)
Peserta
didik secara berkelompok melihat hasil cipta kelompok lain dan memberi
komentar.
Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2)
Peserta didik
dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang
sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik
berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
5)
Peserta didik
dan guru mengucapkan salam perpisahan.
H.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Learning Journal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan
belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menggunakan 8 kata positif
dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
5
|
2
|
Menggunakan 6 kata positif
dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
4
|
3
|
Menggunakan 4 kata positif
dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
3
|
4
|
Menggunakan 4 kata positif
tanpa kata “God” dan “Thank”
|
2
|
5
|
Menggunakan kurang dari 4
kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran:
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian sejawat
(antar teman)
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Memberikan penilaian terhadap
diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran Penilaian Sikap 1-3
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian Sikap
Sosial
Keterangan:
= 2
always
= 1
often
= 0,5
seldom
Contoh:
Mencentang untuk seluruh
pernyataan.
=
2 + 2 + 2 = Skor 6
Bila mencentang:
=
2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
Bila mencentang:
=
2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5
f.
Pedoman Penskoran
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes lisan
dan tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Multiple
choise
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan teks soal tentang instruction
baik bentuk pertanyaan tersirat maupun tersurat tentang fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan Peserta didik dapat menjawab pertanyaan
dengan benar.
|
Soal No. 1 - 5
|
|
Disajikan teks soal tentang short
caution baik bentuk pertanyaan tersirat maupun tersurat tentang
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan Peserta didik dapat
menjawab pertanyaan dengan benar.
|
Soal No. 6 - 10
|
|
Disajikan teks soal tentang warning
baik bentuk pertanyaan tersirat maupun tersurat tentang fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan Peserta didik dapat menjawab
pertanyaan dengan benar.
|
Soal No. 11 – 15
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban
benar diberi skor 1 (lima)
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Tes
Keterampilan Membaca dan menulis
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menulis
|
||
|
Disajikan situasi tentang instruction, Peserta
didik dapat membuat instruction dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. 1-2
|
|
Disajikan situasi tentang short caution, Peserta
didik dapat membuat short caution dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. 3
|
|
Disajikan situasi tentang long notice, Peserta
didik dapat membuat long caution dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. 4
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ..
e.
Rubrik Tes Keterampilan Menulis
(Soal No. 1 - 4)
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80%
pilihan kata tepat
|
4
|
||
60%
pilihan kata tepat
|
3
|
||
40%
pilihan kata tepat
|
2
|
||
20%
pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80%
penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60%
penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40%
penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20%
penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g.
Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal 1 – 4
Setiap jawaban benar diberi skor 5 (lima)
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Surakarta, Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Lampiran 1: Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial
Lampiran 3: Instrumen Penilaian Pengetahuan
A. Choose the correct answer
A, B, C or D!
1. Santi
: I want to go to the library
Ivan : .............
Santi : Why?
Ivan : The library is closed until Saturday
a. Stand
up, please!
b. Don’t
go there!
c. Sit
down!
d. Don’t
smoke!
2. This
sign always be located on the fence or gate …
a. Don’t
be noisy!
b. Push-Pull!
c. Don’t
smoke!
d. Beware
of the dog!
3. The
notice means ...
Keep silent!
a. We
are not allowed to speak loudly
b. We
are allowed to speak loudly
c. We
are not forbidden to speak loudly
d. We
are permitted to speak loudly
4. Indah : ...., please!
Kalalo : what’s the matter?
Indah : the baby is sleeping now
Kalalo : all right.
a. Be
noisy!
b. Be
quite!
c. Be
careful!
d. Be
happy!
5. Nia
: The studenst are having a test
now. ....., please!
a. Not
noisy
b. Not
make a noise
c. Don’t
make a noise
d. Make
noisy
6.
What does the caution mean? It
means ...
a.
You are not allowed to enter
because it might be dangerous
b.
You may enter if it is not
dangerous
c.
You have to buy a ticket first
if you want to enter
d.
You are permitted to enter the
area or building
7.
The caution means ....
a.
The students are prohibited to bring the guns in the school
b.
The students are allowed to bring the guns in the school
c.
The students should bring the guns in the school
d.
The students may bring the gun in the school
8.
The notice means ....
a.
No one is allowed to smoke in these building
b.
Everyone may smoke in this area
c.
It is not good for your own health to smoke here
d.
Smoking is dangerous for your own health
9.
The notice means ...
a.
Children should play in the play ground, not in this road
b.
Children must play anything slowly in this area
c.
You must drive slowly because children are playing in dramas
d.
You must drive slowly because there might be children playing in this
area
10. Where do you usually find the
sign above ?
a.
In the supermarket
b.
In the in the garden
c.
In the railway station
d.
In the airport
11. What does the caution mean?
a. The riders are banned to ride with care
b. The riders are forbidden to ride with care
c. The riders
are obliged to yield to the pedestrians
d. The riders are proscribed to yield to pedestrians
12. Where do you usually find that text?
a. Garden
b. Parking area
c. Street
d. Pedestrian area
13. What does the notice mean?
a. We have to be closed to the animals b. We are permitted to feed the animals c. We are allowed to stand near the animals d. We are prohibited to approach or to feed the animals
14. Where do you usually find that
text?
a. In the zoo
b. In the park
c. In the garden
d. In the city centre
15. NO CHEATING!
The text means that the students ... in the test. a. are allowed to cheat b. are forbidden to cheat c. are not allowed to speak d. are not permitted to discuss
Lampiran 4: Instrumen Penilaian Keterampilan
Make the instruction based on the situation below!
1.
It’s so cold, you ask your
friend to turn off the air conditioner.
2.
You feel so thirsty, you ask you
friend to take a glass of water
Make a short notice based on the situation below!
3.
The floor is still wet and you suggest everyone to be careful to walk on
the floor.
Make a long caution based on the situation below!
4.
This caution put in the escalator and We ask some to hold the handrail,
stand on the left side, supervise the children, and to be careful of the long
clothing.
The answer key
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Instrumen Penilaian Keterampilan
1. Turn off the air conditioner,
please!
2. Take me a glass of water,
please!
3.
4.
HOLD HANDRAIL
STAND ON THE LEFT SIDE CHILDREN MUST BE SUPERVISED BE CAREFUL OF LONG CLOTHING |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar