Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 7 Bab 10 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP …
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VII/2 (Dua)
Materi Pokok
:
Teks (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis
Alokasi Waktu
:
4 X 4 JP

A.       Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori











B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.

2.



2.3



Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.
3.9
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.9.1  Menyimpulkan fungsi sosial dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.2  Menyimpulkan struktur teks dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.3   Menyimpulkan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.

4
4.10
Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana

4.10.1  Menangkap makna teks instruksi (instruction) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
4.10.2  Menangkap makna teks tanda atau rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
4.10.3  Menangkap makna teks tanda peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana

4.11
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.11.1  Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi social yang benar dan sesuai konteks.
4.11.2  Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana dengan struktur teks yang benar dan sesuai konteks.
4.11.3  Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.       Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a.       Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari  bahasa  Inggris  sebagai bahasa  pengantar  komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
b.      Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.       Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction) sesuai dengan konteks penggunaannya.
d.      Menangkap makna teks instruksi (instruction) lisan dan tulis sangat pendek sederhana.

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a.       Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari  bahasa  Inggris  sebagai bahasa  pengantar  komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
b.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.       Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tanda atau rambu (short notice) sesuai dengan konteks penggunaannya.
d.      Menangkap makna teks tanda atau rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek sederhana

Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a.       Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari  bahasa  Inggris  sebagai bahasa  pengantar  komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
b.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.       Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
d.      Menangkap makna teks tanda peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana

Pertemuan keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a.       Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari  bahasa  Inggris  sebagai bahasa  pengantar  komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
b.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.       Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


D.      Materi Pembelajaran 

Fungsi Sosial                   : Menjaga ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur Teks      :
Pertemuan Pertama
Instruction:
1.      V1, please!
Sit down!
Stand up!
Silent, please!
2.      V1 + object, please!
Close your book, please!
Open the door, please!
Take my book, please!
3.      Do not + V1, please!
Do not cheat, please!
Do not make any noise, please!
Do not throw the rubbish here!
4.      Be + adjective!
Be smart!
Be happy!
Be good student!
Pertemuan Kedua
Rambu (short notice):
    don’t stop!
 don’t bring food and drink in this area!
 Do not enter.
  Keep the room clean and tidy.
   Keep door closed at all times.
 no cell phone in this office.

Pertemuan Ketiga

Peringatan (warning/caution):
 we are suggested to drive slowly because many children playing
 we are prohibited to throw the trash in the toilet
 we are not allowed to smoke in this area
  Caution - Very hot water.
  Danger, 240 volts.
 Slippery when wet.
 Warning – Dangerous chemicals.



Unsur Kebahasaan:       
(1)         Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam instruksi, rambu, dan peringatan dari sumber-sumber otentik
(2)         Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3)         Ejaan dan tanda baca
(4)         Tulisan tangan

Topik: Tindakan di sekolah dan di rumah dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, cinta damai, dan kerja sama. Multimedia Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik
E.       Metode Pembelajaran
1.         Metode Ilmiah
2.         CLT

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
Gambar
2.         Alat
Spidol, lcd
3.         Sumber Pembelajaran
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings a bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 177 - 189.
b.      Contoh teks tertulis

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama       

Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  Peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.



Kegiatan inti (60 menit)

Mengamati
1)      Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya di mana terdapat  instruksi (instruction) termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)      Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di mana terdapat  instruksi (instruction) dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)      Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi instruksi (instruction) ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara instruksi (instruction) dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)      Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari instruksi (instruction).
2)      Peserta didik membaca secara lebih cermat semua instruksi (instruction) yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3)      Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat instruksi (instruction) untuk fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)      Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.



Mengkomunikasikan
1)      Peserta didik membuat lebih banyak instruksi (instruction) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat instruksi (instruction) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

Penutup (10 menit)
1)         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)         Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)         Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)         Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)         Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan kedua

Pendahuluan  (10 menit )
1)         Guru memberi salam (greeting);
2)         Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)         Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)         Guru memberi  motivasi  belajar  Peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)         Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)         Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)         Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.






Kegiatan inti (60 menit)

Mengamati
1)         Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya di mana terdapat tanda atau rambu (short notice) termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)         Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di mana terdapat tanda atau rambu (short notice) dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)         Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi tanda atau rambu (short notice) ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara tanda atau rambu (short notice) dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)         Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari tanda atau rambu (short notice).
2)         Peserta didik membaca secara lebih cermat semua tanda atau rambu (short notice) yang telah terkumpul dalam bentuk gam bar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3)         Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat tanda atau rambu (short notice) untuk fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi                               
1)         Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbaga tanda atau rambu (short notice) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)         Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda atau rambu (short notice) yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)         Peserta didik membuat lebih banyak tanda atau rambu (short notice) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)         Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)         Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat tanda atau rambu (short notice) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

Penutup (10 menit)
1)         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)         Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)         Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)         Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)         Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan ketiga

Pendahuluan  (10 menit )
1)         Guru memberi salam (greeting);
2)         Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)         Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)         Guru memberi  motivasi  belajar  Peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)         Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)         Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)         Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.


Kegiatan inti (60 menit)

Mengamati
1)         Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya di mana terdapat tanda peringatan (warning/caution), termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)         Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di mana terdapat tanda peringatan (warning/caution), dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)         Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi tanda peringatan (warning/caution), ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara  tanda peringatan (warning/caution), dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)         Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari tanda peringatan (warning/caution).
2)         Peserta didik membaca secara lebih cermat semua tanda peringatan (warning/caution) yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3)         Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat tanda peringatan (warning/caution) untuk fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)         Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)         Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)         Peserta didik membuat lebih banyak tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)         Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)         Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat tanda peringatan (warning/caution) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1)         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)         Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)         Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)         Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)         Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan keempat

Pendahuluan  (10 menit )
1)         Guru memberi salam (greeting);
2)         Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)         Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)         Guru memberi  motivasi  belajar  Peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)         Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)         Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)         Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.


Kegiatan inti (60 menit)
Mencipta
1)      Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang kemudian setiap kelompok diberi situasi tentang (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.
2)      Peserta didik membuat (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah berdasarkan situasi yang diberikan sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.
3)      Peserta didik mempersentasikan hasil kelompok didepan kelas dan menempelkan hasil kelompok di dinding kelas
4)      Peserta didik secara berkelompok melihat hasil cipta kelompok lain dan memberi komentar.


Penutup (10 menit)
1)         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)         Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)         Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)         Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)         Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

H.      Penilaian

1.        Sikap spiritual
a.         Teknik Penilaian               : Tertulis
b.         Bentuk Instrumen              : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                            :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.         Instrumen: lihat Lampiran ...
e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1

f.           Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.         Sikap sosial
a.         Teknik Penilaian        : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen       : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                     :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Happy.jpgKeterangan:

                 = 2
always

Normal.jpg                 = 1
often
Sad.jpg
 


                                      = 0,5
                     seldom
Happy.jpg
 


Contoh: Mencentang            untuk seluruh pernyataan.
Happy.jpgHappy.jpgHappy.jpg                                                     
                                                                        = 2 + 2 + 2 = Skor 6
                     Bila mencentang:

Happy.jpg
Happy.jpg Normal.jpg
 


                                                                        = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.

                    
                     Bila mencentang:

Happy.jpg
Normal.jpg
Sad.jpg
 


                                                                        = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5


f.          Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian        : Tes lisan dan tertulis
b.        Bentuk Instrumen       : Multiple choise
c.         Kisi-kisi                     :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikan teks soal tentang instruction baik bentuk pertanyaan tersirat maupun tersurat tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
Soal No. 1 - 5

  1.  
Disajikan teks soal tentang short caution baik bentuk pertanyaan tersirat maupun tersurat tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
Soal No. 6 - 10

  1.  
Disajikan teks soal tentang warning baik bentuk pertanyaan tersirat maupun tersurat tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
Soal No. 11 – 15

d.         Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (lima)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian  : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen            : Tes Keterampilan Membaca dan menulis
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis


  1.  
Disajikan situasi tentang instruction, Peserta didik dapat membuat instruction dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 1-2

  1.  
Disajikan situasi tentang short caution, Peserta didik dapat membuat short caution dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 3

  1.  
Disajikan situasi tentang long notice, Peserta didik dapat membuat long caution dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 4

d.        Instrumen: lihat Lampiran ..

e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 1 - 4)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1

















f.          Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.         Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal 1 – 4
Setiap jawaban benar diberi skor 5 (lima)






Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1







Surakarta,  Januari 2015  
Mengetahui                                                                  
Kepala Sekolah                    Guru Mata Pelajaran

























Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

-border-clipart-4.gif,thank,practice,God,study,hard,happy,speak,read,a lot,write,sad,bored,worried,afraid,10354238-trois-ecoliers-heureux.jpg
 













































Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial
-border-clipart-4.gif,Normal.jpg,Happy.jpg,Sad.jpg,Happy.jpg,Sad.jpg,Normal.jpg,Happy.jpg,Sad.jpg,Normal.jpg,Sad.jpg,Normal.jpg,Happy.jpg 














































Lampiran 3: Instrumen Penilaian Pengetahuan

  A.     Choose the correct answer A, B, C or D!
1.      Santi     : I want to go to the library
Ivan      : .............
Santi     : Why?
Ivan      : The library is closed until Saturday
a.       Stand up, please!
b.      Don’t go there!
c.       Sit down!
d.      Don’t smoke!
2.      This sign always be located on the fence or gate …
a.       Don’t be noisy!
b.      Push-Pull!
c.       Don’t smoke!
d.      Beware of the dog!
3.      The notice means ...
Keep silent!

a.       We are not allowed to speak loudly
b.      We are allowed to speak loudly
c.       We are not forbidden to speak loudly
d.      We are permitted to speak loudly
4.      Indah    : ...., please!
Kalalo : what’s the matter?
Indah    : the baby is sleeping now
Kalalo : all right.
a.       Be noisy!
b.      Be quite!
c.       Be careful!
d.      Be happy!
5.      Nia       : The studenst are having a test now. ....., please!
a.       Not noisy
b.      Not make a noise
c.       Don’t make a noise
d.      Make noisy
lrg-184-yel-md-do-not-enter.jpg
6.      What does the caution mean? It means ...
a.      You are not allowed to enter because it might be dangerous
b.      You may enter if it is not dangerous
c.      You have to buy a ticket first if you want to enter
d.      You are permitted to enter the area or building
Notice-No-Gun-Sign-K-1209.gif

7.      The caution means ....
a.       The students are prohibited to bring the guns in the school
b.      The students are allowed to bring the guns in the school
c.       The students should bring the guns in the school
d.      The students may bring the gun in the school
thank-smokr.jpg

8.      The notice means ....
a.       No one is allowed to smoke in these building
b.      Everyone may smoke in this area
c.       It is not good for your own health to smoke here 
d.      Smoking is dangerous for your own health
SLOW
CHILDREN
AT PLAY

9.      The notice means ...
a.       Children should play in the play ground, not in this road
b.      Children must play anything slowly in this area
c.       You must drive slowly because children are playing in dramas
d.      You must drive slowly because there might be children playing in this area
SHOPLIFTERS
WILL BE
PROSECUTED





10.  Where do you usually find the sign above ?
a.       In the supermarket
b.      In the in the garden
c.       In the railway station
d.      In the airport
ANd9GcQ6M7AGIcllmxHUbwiv0xK-hpvotTJKQqLGiLHOx4-cIDhxulGl
11.  What does the caution mean?
a.       The riders are banned to ride with care
b.      The riders are forbidden to ride with care
c.        The riders are obliged to yield to the pedestrians
d.      The riders are proscribed  to yield to pedestrians
12.  Where do you usually find that text?
a.       Garden
b.      Parking area
c.       Street
d.      Pedestrian area

DO NOT APPROACH OR FEED ANIMALS
 
 



13.  What does the notice mean?
a.
We have to be closed to the animals
b.
We are permitted to feed the animals
c. 
We are allowed to stand near the animals
d.
We are prohibited to approach or to feed the animals
14.  Where do you usually find that text?
a.      In the zoo
b.      In the park
c.       In the garden
d.      In the city centre



15.  NO CHEATING!
The text means that the students ... in the test.
a.
are allowed to cheat
b.
are forbidden to cheat
c.
are not allowed to speak
d. 
are not permitted to discuss
Lampiran 4: Instrumen Penilaian Keterampilan

Make the instruction based on the situation below!
1.      It’s so cold, you ask your friend to turn off the air conditioner.
2.      You feel so thirsty, you ask you friend to take a glass of water
Make a short notice based on the situation below!
3.    The floor is still wet and you suggest everyone to be careful to walk on the floor.
Make a long caution based on the situation below!
4.    This caution put in the escalator and We ask some to hold the handrail, stand on the left side, supervise the children, and to be careful of the long clothing.

The answer key

Instrumen Penilaian Pengetahuan

1.      B
2.      D
3.      A
4.      B
5.      C

6.              A
7.              A
8.              A
9.              D
10.          A

11.     C
12.     D
13.     A
14.     B
15.     B
Instrumen Penilaian Keterampilan
1.      Turn off the air conditioner, please!
2.      Take me a glass of water, please!
3.      3850459_f120.jpg
4.      HOLD HANDRAIL
STAND ON THE LEFT SIDE
CHILDREN MUST BE SUPERVISED
BE CAREFUL OF LONG CLOTHING













Tidak ada komentar:

Posting Komentar