Minggu, 18 Januari 2015

RPP kelas 7 Bab 7 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 07)

Sekolah               :  SMP ...
Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester         :  VII/Dua
Materi Pokok     :  CHAPTER VII  ( I Love Things Around Me )
Alokasi Waktu   :  4  Pertemuan  ( 8 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2  Menunjukkan perilaku   disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
2.1.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi tentang teks nama ( label).
2.1.2. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi tentang teksdaftar barang (list)
2.2.1. Menunjukkan perilaku   disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang teks nama ( label).

2.2.2 Menunjukkan perilaku   disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang teks daftar  barang (list)


3.6  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.6.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks label nama (label)
3.6.2 Mengidentifikasi fungsi sosial teks  daftar barang (list)
3.6.3 Mengidentifikasi struktur teks teks label nama (label)
3.6.4 Mengidentifikasi struktur teks daftar barang (list)
3.6.5 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks label nama (label)
3.6.6 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada. teks daftar barang (list)


4.7  Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.1.1Menuliskan nama barang. (label)
4.1.2 Menuliskan daftar barang (list).
4.1.3 Mendiskripsikan nama barang (label).
4.1.4 Mendiskripsikan daftar barang ( list)




C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
.1.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi tentang teks nama ( label).
2.1.2. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi tentang teksdaftar barang (list)
2.2.1. Menunjukkan perilaku   disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang teks nama ( label).
2.2.2 Menunjukkan perilaku   disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang teks daftar barang (list)
3.6.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks label nama (label)
3.6.2 Mengidentifikasi fungsi sosial teks  daftar barang (list)
3.6.3 Mengidentifikasi struktur teks teks label nama (label)
3.6.4 Mengidentifikasi struktur teks daftar barang (list)
3.6.5 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks label nama (label)
3.6.6 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada. teks daftar barang (list)
4.1.1Menuliskan nama barang. (label)
4.1.2 Menuliskan daftar barang (list).
4.1.3 Mendiskripsikan nama barang (label).
4.1.4 Mendiskripsikan daftar barang ( list)

D.  Materi Pembelajaran
1.  Fungsi Sosial dari teks:
a. nama barang (label )
b. daftar barang ( list)
2.  Struktur Teks dari nama barang ( label ) dan daftar barang (list)
a.Nama benda di lingkungan rumah dan sekolah, dengan atau tanpa artikel.
b.Daftar nama benda dalam rumpun yang sama, dengan atau tanpa jumlah.
3.  Unsur Kebahasaan
a. Kata Tanya What? How many? How?
b. Kata sifat yang terkait dengan binatang dan benda.
c. Kata ganti it, they, this, there, those, these.
d. Kata kerja dalam simple present tense: be, have
e. Ucapan, tekanan, intonasi, dan ejaan.

E.  Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Saintifik
2.  Pendekatan Komunikatif

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.       Buku “When English Rings the Bell” Bab VII
b.      Gambar / Real things around class
c.       Flashcard terbuat dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi gambar benda/binatang.
d.      Kartu situasi terbuat dari BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi situasi yang harus di ceritakan oleh peserta didik.
2. Alat/Bahan
·         Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·         KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. Bahasa Inggris When English Rings the Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mengamati gambar tentang sebuah kelas
b) Peserta didik mendengarkan dan menirukan guru membaca kosa kata yang berkaitan dengan benda-benda yang ada di ruang kelas dan di dalam tas
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks nama benda  yang ada dalam kelas dan dalam tas.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menuliskan nama benda  yang ada dalam kelas dan dalam tas.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Peserta didik keluar dari kelas dan mengidentifikasi ruangan yang ada di sekolah
b)  Peserta Didik menuliskan nama-nama ruang tersebut di dalam kolom yang disediakan.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Peserta Didik mendiskripsikan benda-benda meliputi bentuk,ukuran dan fungsi
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta Didik secara bergiliran mengkomunikasikan benda-benda yang ada di dalam tas menggunakan kalimat berpola I have
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk menuliskan nama-nama benda di rumah
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

a.      Pendahuluan  (10 menit )
1.      Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa.
3.  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
4.  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
5.  Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)      Siswa mengamati gambar dalam Buku Siswa Ch.VII, hal 118 sampai dengan 125.
2)      Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) nama-nama ruang dan benda dalam gambar.
3)      Siswa berlatih menghitung dan menyebutkan jumlah benda dalam gambar.
4)      Guru memperkenalkan pola How many…are there? There is…/there are …
Menanya:
5)      Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan nama dan jumlah benda dalam dalam gambar.
What is it?, What is sofa?, What is a telephone for?, dsb.
How many pictures are there on the wall?, dsb.
6)      Dengan flash card yang berisi macam-macam gambar benda siswa mempertanyakan  letak dan nama benda tersebut bersama guru.
Bereksplorasi:
7)         Siswa mengumpulkan informasi tentang  benda dalam ruang keluarga, ruang tamu , dapur, ruang makan, ruang tidur juga kamar mandi, garasi dan taman dengan bantuan teman-temannya.



Mengasosiasi/menganalisis
8)         Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari bentuk jamak dari benda dalam ruang keluarga,ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang tidur , garasi dan taman  baik yang beraturan atau tidak beraturan bentuk jamaknya.
Berkomunikasi
9)         Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menyebutkan benda dan menggunakan ungkapan jumlah tersebut secara lisan dan tulis.
10)     Peserta Didik mendiskripsikan  benda-benda yang ada dalam gambar ( Ruang Makan)
c. Penutup
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk untuk menyebutkan benda lain yang ada di ruang tertentu dalam rumah dengan jumlahnya.
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

3. Pertemuan Ketiga

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)

Mengamati
1)   Peserta Didik mengamati gambar sebuah taman.
2)   Guru memberi contoh melafalkan benda-benda di taman dengan benar
3)   Peserta didik secara bergiliran berlatih membaca dengan benar
Menanya:
4)   Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan nama dan berlatih membuat kalimat dengan There is / There are...          
5)   Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan nama dan berlatih membuat kalimat dengan  I find....in ....  

Bereksplorasi:
6)   Peserta Didik secara mandiri membuat daftar nama benda yang ada di sekitar rumah dan taman
Mengasosiasi/menganalisis
7)   Peserta didik membandingkan daftar benda-benda yang ditulisnnya dengan daftar milik teman sebangku
Berkomunikasi
8)   Peserta Didik mendiskripsikan gambar  yang mereka lihat dengan pelafalan yang benar

d.Penutup
9)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
10)              Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
11)              Guru memberikan tugas kepada siswa untuk untuk menyebutkan benda lain yang ada di ruang tertentu dalam rumah dengan jumlahnya.
12)              Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

4. Pertemuan keempat
a.         Pendahuluan  (10 menit )
1.      Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa.
3.    Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajarandenganmemberisalam,mengajakpesertadidikuntukmerapikankelasdanpenampilanmereka, mengajakpesertadidikuntukmengawalikegiatandenganberdoa, danmemeriksakehadiranpesertadidik.
4.    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenalsebelumnya.
5.    Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.        Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)     Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa Ch. VII, hal. 130 tentang gambar binatang di backyard.
2)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) nama-nama binatang yang ada dalam gambar.
3)     Siswa berlatih menghitung dan menyebutkan jumlah bintang yang ada dalam gambar.
Menanya:
4)     Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan nama dan jumlah binatang yang ada dalam gambar.
What animal is it?, What animal is on the tree?, What animal is in the pond?, dsb.
How many cows are there in the stable?, How many hens are there?, dsb.
Bereksplorasi:
5)     Siswa menyebutkan binatang-binatang lain dan menanyakan jumlahnya.
Mengasosiasi/menganalisis
6)     Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari bentuk jamak dari binatang-binatang tertentu baik yang beraturan atau tidak beraturan bentuk jamaknya.
Berkomunikasi
7)     Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menyebutkan binatang dan menggunakan ungkapan jumlah tersebut secara lisan dan tulis.
8)     Peserta Didik secara bergiliran mendiskripsikan gambar dengan pelafalan yang benar di bawah bimbingan guru.


c.         Penutup
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan pertanyaan dengan How many …., There are…, atau There is …..
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.


H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri







Surakarta,  __ _____________ 2015


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                         Guru Mata Pelajaran




________________________                                          _________________________
NIP. ...                                                                              NIP. ...      
























Lampiran 1: Intrumen Penilaian

I. Study the following text.  Answer the questions below.
wb2
WHITEBOARD
            There are a lot of things in our classroom. One of them is a whiteboard. What is whiteboard? Whiteboard is a board or place with the color of white to write on. We usually use a marker to write on it. It is on the wall in front of the classroom. It is usually under the picture of president and vice president, and Garuda Pancasila.
The teacher and students use the whiteboard to do learning teaching process. The students keep the whiteboard clean after using it.

1. Q     : What thing is in the text?                               A : ……….………………………………….
2. Q     : What color is it?                                             A : ……….………………………………….
3. Q     : What is it for?                                     A : ……….………………………………….
4. Q     : What do we use to write on it?                        A : ……….………………………………….
5. Q     : Where do we put it in the classroom?  A : ……….………………………………….
6. Q     : Who use it in the classroom?               A : ……….………………………………….
7. Q     : Who clean it after use?                                    A : ……….………………………………….
8. Q     : How many whiteboards are there?                  A : ……….………………………………….

II. Answer the questions below after observing the pictures.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
1. How many watches are there in the picture?
2. How many children are there in the family?
3. How many fish are there in the picture?
4. How many feet does a dog have?
5. How many sheep are there in the picture?
6. How many pillows are there on the bed?
7. How many cars are there in the garage?
8. How many women are there in the picture?





III. Complete the sentences below after observing the pictures.

tl1
This is a ……………………………….set.
It is a thing to ……………………. with other people.
We can …………….. anytime but we must pay out the …………
We just dial the numbers to contact someone.

IV. Tell in four sentences orally one of the following things and animals.
      1. spring bed                                                          6. Bird
      2. television                                                            7. Dog
      3. broom                                                                8. Rabbit
      4. refrigerator                                                         9. Cow
      5. calendar                                                             10. fish


Lampiran 2: Rubrik Penilaian

1.        Rubrik Penilaian sikap
a.         Sikap spiritual
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakuka

Nama Peserta Didik                 : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan                 : …………………..
Materi Pokok                           : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah:

Sangat Baik
apabila memperoleh skor: 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik
apabila memperoleh skor: 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup
apabila memperoleh skor: 1,33 < skor≤ 2,33
Kurang
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33

b.    Sikap Sosial (Percaya diri)

Pedoman Observasi Sikap Percaya Diri
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                 : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan                 : …………………..
Materi Pokok                           : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berani presentasi di depan kelas




2
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




4
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah




Jumlah Skor





2. Rubrik penilaian pengetahuan
I sampai III. Jawaban benar: score 1, jawaban salah: score 0
Niai Akhir = Jumlah jawaban benar X 5, Nilai maksimal= 20 X 5 = 100 (dikonversikan)
IV. Ada empat aspek yang dinilai dalam tes lisan di atas:
1.       Kelancaran;
Skor 4 bila lancar,
Skor 3 bila cukup lancar
Skor 2 bila kurang lancar
Skor 1 bila tidak lancar.
2.       Pengucapan;
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
3.       Intonasi;
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
4.       Pilihan kata;
Skor 4 bila variatif dan tepat
Skor 3 bila cukup variatif dan tepat
Skor 2 bila kurang variatif dan tepat
Skor 1 bila tidak variatif dan tidak tepat



1 komentar: