Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 8 Bab 11 K'13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SMP
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris                                                                              
Kelas / Semester         : VIII/ 2
Materi Pokok              : Short Message, Announcement, Notice
Alokasi Waktu             : 6 x 40 menit

A. Kompetensi Inti
KI.1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2:Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi)  santun, percaya diri, dalamberinteraksi secara erektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan`pergaulan dan keberadaannya.
KI.3:Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4:Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

3.13 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
3.13.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
3.13.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

4.13 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
4.13  Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
4.13.2 BerShort Messagepada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
4.13.3 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan Short Message, Announcement dan notice.
4.13.4 Menjawab sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
4.13.5 Menjawab ungkapan Short Message, Announcement dan notice dari guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.

5.13. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan  Short Message, Announcement dan notice.

5.13.1 Mengidentifikasi fungsi sosial dalam Short Message, Announcement dan notice.
5.13.2 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
5.13.3 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan melalui Short Message, Announcement dan notice.
5.13.4 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan Short Message ,Announcement dan notice.
5.13.5 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan  Short Message, Announcement dan notice.
5.13.6 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan Short Message, Announcement dan notice.

6.13. Menyusun teks lisan  seder hana untuk menuliskan  ShortMessage,
         Announcement dan notice dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
6.13.1 Melengkapi teks percakapan yang melibatkan  Short Message, Announcement dan notice.
6.13.2 Melengkapi teks  yang melibatkan ungkapan  Short Message, Announcement dan notice.
6.13.3 Menuliskan teks yang melibatkan ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
6.13.4 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan melalui Short Message, Announcement dan notice.




.










































C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
3.13.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
3.13.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
3.13.3.1 menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
4.13.1.1 berShort Messagepada guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
4.13.2.1 menjawab pertanyaan atau menjelaskan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan sapaan dan Short Messagedan Announcement;
4.13.3.1 menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
4.13.4.1 menjawab ungkapan Short Message, Announcement dan notice menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
5.13.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
5.13.2.1 mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan Short Messagedan Announcement;
5.13.3.1 mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan sapaan dan Announcement;
5.13.4.1 mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakanungkapan Short Messagedan Announcement dan Notice;
5.13.5.1 melafalkan ungkapan Short   Message,Announcement dan notice dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
5.13.6.1 menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan Short             Message,Announcement dan notice.
5.13.7.1 melafalkan ungkapan Short Messagedan Announcement dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
5.13.8.1 menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan Short Messagedan Announcement dengan tepat;
6.13.1.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan sapaan dan Announcement dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
6.13.2.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan Short Message dan Announcement dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
6.13.3.1 menyusun ungkapan sapaan lisan dan Announcement dengan tepat berdasarkan kata kunci pada flascard yang disediakan;
6.13.4.1 melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan sapaan dan Announcement sesuai dengan konteksnya;
6.13.5.1 menyusun ungkapan Short Messagelisan dan Announcement dengan tepat berdasarkan kata kunci pada flascard yang disediakan;
6.13.6. melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan Short Messagesesuai dengan konteksnya;


Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial
Pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan adalah teks yang digunakan untuk memastikan suatu tindakan dilakukan atau tidak dilakukan, sesuai dengan yang tertulis secara eksplisit.
Sruktur Teks
Pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan biasanya langsung menyatakan secara eksplisit tujuannya, yang biasanya berupa perintah, instruksi, himbauan, larangan, atau pencegahan. Tujuan ini dapat diikuti atau tidak diikuti informasi rincinya. Sebagai contoh: 
Pesan singkat:
-          Sorry, I’m in a meeting now.
-          I’ll call you back in 10 minutes.
-          Make sure you lock the gate when you leave.
Pengumuman/Pemberitahuan:
-          The flag ceremony will be held on Monday , 17 August. Attendance is a compulsary.
-          The Choir Club is to meet  and practice on Monday afternoon after school in the hall. Cheers, Ibu Ani.
-          An exam is in progress. Please be quiet.
-          Thank you for not smoking.
-          No food or drink in this area.
Unsur Kebahasaan
            Kesamaan lain antara pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan tertulis adalah unsur kebahasaan yang digunakan, antara lain:
1.      Penggunaan kalimat  Imperative positif dan negatif.
2.      Penggunaan kata kerja bantu Modal will, should,must.
3.      Ungkapan seperti make sure, please,  dan ungkapan kesopanan lainnya.
4.      Kosa kata yang digunakan bersifat khusus pada konteks penggunaannya.
5.      Karena disampaikan secara tertulis, maka ejaan, penggunaan huruf besar dan tanda baca, serta tulisan perlu dijaga ketepatan dan kejelasannya agar pesannya dapat diterima dengan benar oleh pembacanya.

Metode Pembelajaran
Scientific Approach dengan model Discovery Learning,
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                          :  papan tulis, netbook
2.      Alat/bahan                  :  gambar,slide,papan pengumuman
3.      Sumber belajar                       :  Buku Wajib “When English Rings a Bell” Kelas VIII halaman 194 –
206, kamus, internet,  perpustakaan, lingkungan sekitar.

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke-1 dan 2 (4 x 40 menit)
a.      Pendahuluan
-          Salam dan tegur sapa.
-          Checking kehadiran peserta didik.
-          Guru memberi informasi tentang apa yang akan dipelajari yaitu teks pesan singkat.

b.      Kegiatan inti
Peserta didik
Guru
Waktu
Kegiatan mengamati


·         menirukan guru membaca pesan singkat secara bersama – sama
·         menyimak ketika beberapa temannya membaca pesan singkat tersebut.(halaman 194)
·         memberi contoh membaca pesan singkat.
·         meminta beberapa peserta didik untuk membaca dengan nyaring dan bermakna

20
Kegiatan Menanya


·         mengidentifikasi dan menuliskan kembali pekerjaan yang dipesan oleh ibu Beni pada kertas berwarna  sesuai instruksi

·         membacakan kembali pesan yang sudah dikelompokkan berdasarkan waktu pelaksanaan untuk mendapat balikan teman sebangku

·         mengidentifikasi setiap kalimat kemudian menuliskan kembali dengan tulisan tangan di buku cacatan dengan membubuhkan tanda baca dengan benar. (latihan di halaman 196) 
·         meminta peserta didik untuk menentukan dan menuliskan kembali pesan ibu Beni sesuai instruksi
·         meminta peserta didik untuk membacakan hasil pekerjaannya kapada teman sebanku


·         meminta pesrta  didik untuk mengidentifikasi setiap kalimat,menuliskan dengan tulisan tangan di buku catatan dengan membubuhkan tanda baca yang benar
20
Kegiatan Mengumpulkan informasi


·         membacakan secara nyaring dan bermakna pesan-pesan pendek yang ditulis Udin dan Edo secara komunikatif (halaman 198)

·         secara berpasangan ,membuat percakapan tertulis dengan saling mengirim pesan pendekmelalui telepon (halaman 199)

·         secara kolaboratif dalam kelompok membuat 6 pesan pendek tertulis untuk anggota keluarga di rumah tentang apa saja (halaman 197)


·         meminta peserta didik mengerjakan latihan berikutnya  ( halaman 198,199,197)
40
Kegiatan Mengasosiakan


·         secara berkelompok beranggotakan 4 orang, mengasosiasikan isi dan bentuk pesan pendek tertulis yang lain yaitu pengumuman

·         membuat 6 pengumuman pendek sederhana dengan tema yang berbeda

·         meminta peserta didik untuk mengasosiasi isi dan bentuk pesan pendek lainnya yaitu pengumuman

40
Kegiatan Mengomunikasikan


·         menyampaikan secara lisan enam pengumuman tertulis, bukan hanya membaca tetapi menyampaikan secara komunikatif
·         menempelkan pengumuman yang sudah ditulis di tempat yang mudah  dibaca di dalam kelas
·         meminta peserta didik mengomunikasikan hasil karyanya secara lisan dan tertulis
40

c.       Penutup
-          Guru membimbing peserta didik untuk merefleksikan kegiatan yang sudah mereka lakukan dengan menyimpulkan materi yang dipelajari
-          Peserta didik diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang ditemui saat melaksanakan pembelajaran.
-          Guru menginformasikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.
Penilaian
1.      Jenis penilaian                        : penilaian hasil belajar
2.      Bentuk                         : tes tertulis
3.      Instrumen                    :

A.      Write three short messages to three different persons about different things.

B.      Your school will hold camping activities outside the country next week. Make an announcement about it. You may choose the date,day,place and anything related to the activity.
Rubrik penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Struktur teks
0-5
2
Ketepatan ejaan dan tanda baca
0-5
3
Ketepatan pemilihan kosakata
0-5
4
Ketepatan  tata bahasa
0-5
5
Kerapian tulisan
0-5

Skor maksimal
25

Nilai = (score perolehan :  score maksimal)  X 100

Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit)
a.      Pendahuluan
-          Salam dan tegur sapa.
-          Checking kehadiran peserta didik.
-          Guru menginformasikan apa yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
-          Guru membagi kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 4 peserta didik.

b.      Kegiatan inti
                   Peserta  didik     
Guru
Waktu
Kegiatan mengamati


§   memperhatikan contoh notice yang ditayangkan guru.
§   menirukan guru mengucapkan contoh notice.

§   menuliskan  contoh notice di buku masing-masing.

§   menayangkan contoh notice dg slide.

§   memberi contoh mengucapkan notice yang ditayangkan.
§   meminta peserta didik untuk menuliskan contoh notice di buku mereka.


Kegiatan Menanya


§   mengungkapkan apa yang diketahui tentang slide tersebut.
§   memberi pertanyaan tentang apa yang dipikirkan/diketahui  peserta didik mengenai tayangan slide tersebut.


Kegiatan  Mengumpulkan informasi


§  Secara berkelompok,  melakukan kegiatan di perpustakaan dan lingkungan sekolah untuk menemukan notice yang ada.

§   meminta peserta didik untuk menemukan notice di sumber belajar yang lain di perpustakaan dan lingkungan sekolah secara berkelompok.


Kegiatan mengasosiasi


§  Dalam kerja kelompok terbimbing, peserta didik menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan notice pendek sederhana yang mereka temukan.

§  dengan menggunakan kamus,  berusaha memahami makna notice pendek yang mereka temukan.


§   mengerjakan latihan dari buku wajib halaman 205.


§   meminta  peserta didik menganalisa fungsi sosial struktur teks dan unsur  kebahasaan notice pendek sederhana.



§   menganjurkan peserta didik menggunakan kamus untuk membantu mereka menangkap makna notice pendek sederhana yang mereka temukan.
§   meminta siswa untuk mengerjakan latihan dari buku wajib halaman 205.

Kegiatan mengomunikasikan


§   melaporkan hasil tulisannya kepada guru dan teman-temannya dari kelompok yang lain.
§   memperhatikan notice yang ditulis temannya.
§   memberi masukan mengenai  notice kelompok lain.
§   memberikan masukan/penguatan atas notice yang dituliskan peserta didik.








c.       Penutup
-          Peserta didik menyimpulkan apa yang mereka pelajari.
-          Peserta didik menuliskan jurnal belajarnya tentang pengalaman belajar mereka.
-          Peserta didik diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang mereka hadapi.
-          Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menemukan notice di tempat umum minimal tiga tempat.

Kriteria penilaian
1.      Tingkat ketercapaian fungsi sosial penulisan notice
2.      Tingkat kelengkapan dan keruntutan penulisan notice.
3.      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, tanda baca tulisan tangan.
4.      Sikap tanggung jawab, kerja sama, peduli, percaya diri, disiplin yang menyertai  pemahaman makna notice.
Jenis penilaian :
                     Penilaian proses
 Rubrik Penilaian
1. Aspek sikap
§  Teknik Penilaian: Observasi
§  Detail Penilaian : Guru mengamati aspek sikap dari kegiatan siswa selama pembelajaran.

Rubrik penskoran sikap

No.
Butir Sikap
Deskripsi
1
Jujur
4: selalu menunjukan perilaku jujur
3: sering menunjukan perilaku jujur
2: kadang-kadang menunjukan perilaku jujur baik
1: tidak pernah menunjukan perilaku jujur
2
Percaya diri
4: selalu menunjukan perilaku percaya diri
3: sering menunjukan perilaku percaya diri
2: kadang-kadang menunjukan perilaku percaya diri
1: tidak pernah menunjukan percaya diri
3
Tanggung jawab
4: selalu menunjukan perilaku tanggung jawab
3: sering menunjukan perilaku tanggung jawab
2: kadang-kadang menunjukan perilaku tanggungjawab
1: tidak pernah menunjukan perilaku tanggungjawab


Pedoman penskoran sikap
No
Nama
Jujur
Percayadiri
Tanggung J
Jumlahskor
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1














2





























2. Aspek pengetahuan
     Bentuk                        : test tulis, lisan dan penugasan
     Instrument       :
Work with your group! Each group is to make three similar notices in your school.
The letters should be big enough to be seen from distance. You can make notices other than those above. You can also change the design.
Use used paper such as last year calendar to make notices. You help save the earth by recycling, if you have any problems go to me.
    
Pedoman penskoran
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Keaslian penulisan
0-5
2
Ketepatan ejaan
0-5
3
Ketepatan pemilihan kosakata
0-5
4
Ketepatan  tata bahasa
0-5
5
Kerapian tulisan
0-5

Skor maksimal
75

3. Aspek keterampilan
     Bentuk                        : Penilaian proyek
     Instumen         : Temukan contoh notice lain minimal di tiga tempat umum!
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Keaslian tulisan
0-5
2
Ketepatan ejaan
0-5
3
Ketepatan pemilihan kosakata
0-5
4
Ketepatan  tata bahasa
0-5
5
Kerapian tulisan
0-5

Skor maksimal
25
     
      Pedoman penilaian aspek pengetahuan
Nilai = jumlah skor  x 100
                           Skor maksimal



Mengetahui,
KepalaSekolah





           Surakarta, Januari 2015


Guru Mata Pelajaran




            





3 komentar: