RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/ 2
Materi Pokok :
Short Message, Announcement, Notice
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
A. Kompetensi
Inti
KI.1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI.2:Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi) santun, percaya diri, dalamberinteraksi
secara erektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan`pergaulan dan
keberadaannya.
KI.3:Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4:Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
3.13
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
3.13.1
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris.
3.13.2
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
4.13
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
|
4.13
Menyapa guru dan teman menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima.
4.13.2
BerShort Messagepada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang
berterima.
4.13.3
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan
konteks/materi ungkapan sapaan dan Short Message, Announcement dan notice.
4.13.4
Menjawab sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
4.13.5 Menjawab ungkapan
Short Message, Announcement dan notice dari guru dan teman menggunakan Bahasa
Inggris yang berterima.
|
|
5.13. Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
|
5.13.1 Mengidentifikasi
fungsi sosial dalam Short Message, Announcement dan notice.
5.13.2 Mengidentifikasi
fungsi sosial ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
5.13.3 Mengidentifikasi
struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan melalui Short Message,
Announcement dan notice.
5.13.4 Mengidentifikasi
struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan Short Message
,Announcement dan notice.
5.13.5 Mengidentifikasi
unsur kebahasaan pada ungkapan Short
Message, Announcement dan notice.
5.13.6 Mengidentifikasi
unsur kebahasaan pada ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
|
|
6.13. Menyusun teks
lisan seder hana untuk menuliskan ShortMessage,
Announcement dan notice dengan memperhatikan
fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
6.13.1 Melengkapi teks
percakapan yang melibatkan Short
Message, Announcement dan notice.
6.13.2 Melengkapi
teks yang melibatkan ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
6.13.3 Menuliskan teks
yang melibatkan ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
6.13.4 Melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan melalui Short Message, Announcement dan
notice.
|
|
|
|
.
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik:
3.13.1.1
bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris;
3.13.2.1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
3.13.3.1
menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
4.13.1.1
berShort Messagepada guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
4.13.2.1
menjawab pertanyaan atau menjelaskan teman yang kurang paham dengan konteks/
materi ungkapan sapaan dan Short Messagedan Announcement;
4.13.3.1 menjawab sapaan guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
4.13.4.1
menjawab ungkapan Short Message, Announcement dan notice menggunakan Bahasa
Inggris yang berterima;
5.13.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan Short Message, Announcement dan notice.
5.13.2.1 mengidentifikasi
fungsi sosial ungkapan Short Messagedan Announcement;
5.13.3.1 mengidentifikasi
struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan sapaan dan Announcement;
5.13.4.1 mengidentifikasi
struktur teks percakapan yang menggunakanungkapan Short Messagedan Announcement
dan Notice;
5.13.5.1 melafalkan
ungkapan Short Message,Announcement dan
notice dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
5.13.6.1 menentukan makna
kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan Short Message,Announcement dan notice.
5.13.7.1 melafalkan
ungkapan Short Messagedan Announcement dengan pelafalan dan intonasi yang
benar;
5.13.8.1 menentukan makna
kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan Short Messagedan Announcement
dengan tepat;
6.13.1.1 melengkapi teks
interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan sapaan dan Announcement dengan
kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
6.13.2.1 melengkapi teks
interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan Short Message dan Announcement
dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
6.13.3.1 menyusun
ungkapan sapaan lisan dan Announcement dengan tepat berdasarkan kata kunci pada
flascard
yang
disediakan;
6.13.4.1 melakukan
percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan sapaan dan Announcement sesuai
dengan konteksnya;
6.13.5.1 menyusun
ungkapan Short Messagelisan dan Announcement dengan tepat berdasarkan kata
kunci pada flascard
yang
disediakan;
6.13.6. melakukan
percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan Short Messagesesuai dengan
konteksnya;
Materi
Pembelajaran
Fungsi Sosial
Pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan adalah teks yang digunakan untuk memastikan suatu
tindakan dilakukan atau tidak dilakukan, sesuai dengan yang tertulis secara
eksplisit.
Sruktur Teks
Pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan biasanya langsung menyatakan secara eksplisit
tujuannya, yang biasanya berupa perintah, instruksi, himbauan, larangan, atau
pencegahan. Tujuan ini dapat diikuti atau tidak diikuti informasi rincinya.
Sebagai contoh:
Pesan singkat:
-
Sorry, I’m in a meeting now.
-
I’ll call you back in 10 minutes.
-
Make sure you lock the gate when
you leave.
Pengumuman/Pemberitahuan:
-
The flag ceremony will be held on
Monday , 17 August. Attendance is a compulsary.
-
The Choir Club is to meet and practice on Monday afternoon after school
in the hall. Cheers, Ibu Ani.
-
An exam is in progress. Please be quiet.
-
Thank you for not smoking.
-
No food or drink in this area.
Unsur Kebahasaan
Kesamaan
lain antara pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan tertulis adalah unsur
kebahasaan yang digunakan, antara lain:
1.
Penggunaan kalimat Imperative positif dan negatif.
2.
Penggunaan kata kerja bantu Modal
will, should,must.
3.
Ungkapan seperti make sure, please, dan ungkapan kesopanan lainnya.
4.
Kosa kata yang digunakan bersifat
khusus pada konteks penggunaannya.
5.
Karena disampaikan secara
tertulis, maka ejaan, penggunaan huruf besar dan tanda baca, serta tulisan
perlu dijaga ketepatan dan kejelasannya agar pesannya dapat diterima dengan
benar oleh pembacanya.
Metode
Pembelajaran
Scientific
Approach dengan model Discovery Learning,
Media, Alat
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : papan tulis, netbook
2.
Alat/bahan : gambar,slide,papan pengumuman
3.
Sumber belajar : Buku Wajib “When English Rings a Bell” Kelas
VIII halaman 194 –
206, kamus, internet, perpustakaan, lingkungan sekitar.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
ke-1 dan 2 (4 x 40 menit)
a.
Pendahuluan
-
Salam dan tegur sapa.
-
Checking kehadiran peserta didik.
-
Guru memberi informasi tentang
apa yang akan dipelajari yaitu teks pesan singkat.
b.
Kegiatan inti
Peserta didik
|
Guru
|
Waktu
|
Kegiatan mengamati
|
|
|
·
menirukan guru membaca pesan
singkat secara bersama – sama
·
menyimak ketika beberapa
temannya membaca pesan singkat tersebut.(halaman 194)
|
·
memberi contoh membaca pesan
singkat.
·
meminta beberapa peserta didik
untuk membaca dengan nyaring dan bermakna
|
20
|
Kegiatan Menanya
|
|
|
·
mengidentifikasi dan menuliskan
kembali pekerjaan yang dipesan oleh ibu Beni pada kertas berwarna sesuai instruksi
·
membacakan kembali pesan yang
sudah dikelompokkan berdasarkan waktu pelaksanaan untuk mendapat balikan
teman sebangku
·
mengidentifikasi setiap kalimat
kemudian menuliskan kembali dengan tulisan tangan di buku cacatan dengan
membubuhkan tanda baca dengan benar. (latihan di halaman 196)
|
·
meminta peserta didik untuk
menentukan dan menuliskan kembali pesan ibu Beni sesuai instruksi
·
meminta peserta didik untuk
membacakan hasil pekerjaannya kapada teman sebanku
·
meminta pesrta didik untuk mengidentifikasi setiap
kalimat,menuliskan dengan tulisan tangan di buku catatan dengan membubuhkan
tanda baca yang benar
|
20
|
Kegiatan Mengumpulkan
informasi
|
|
|
·
membacakan secara nyaring dan
bermakna pesan-pesan pendek yang ditulis Udin dan Edo secara komunikatif
(halaman 198)
·
secara berpasangan ,membuat
percakapan tertulis dengan saling mengirim pesan pendekmelalui telepon
(halaman 199)
·
secara kolaboratif dalam
kelompok membuat 6 pesan pendek tertulis untuk anggota keluarga di rumah
tentang apa saja (halaman 197)
|
·
meminta peserta didik mengerjakan
latihan berikutnya ( halaman 198,199,197)
|
40
|
Kegiatan Mengasosiakan
|
|
|
·
secara berkelompok
beranggotakan 4 orang, mengasosiasikan isi dan bentuk pesan pendek tertulis
yang lain yaitu pengumuman
·
membuat 6 pengumuman pendek
sederhana dengan tema yang berbeda
|
·
meminta peserta didik untuk
mengasosiasi isi dan bentuk pesan pendek lainnya yaitu pengumuman
|
40
|
Kegiatan
Mengomunikasikan
|
|
|
·
menyampaikan secara lisan enam
pengumuman tertulis, bukan hanya membaca tetapi menyampaikan secara
komunikatif
·
menempelkan pengumuman yang
sudah ditulis di tempat yang mudah
dibaca di dalam kelas
|
·
meminta peserta didik
mengomunikasikan hasil karyanya secara lisan dan tertulis
|
40
|
c.
Penutup
-
Guru membimbing peserta didik
untuk merefleksikan kegiatan yang sudah mereka lakukan dengan menyimpulkan
materi yang dipelajari
-
Peserta didik diberi kesempatan
mengungkapkan kesulitan yang ditemui saat melaksanakan pembelajaran.
-
Guru menginformasikan rencana
kegiatan pada pertemuan berikutnya.
Penilaian
1.
Jenis penilaian : penilaian hasil
belajar
2.
Bentuk : tes tertulis
3.
Instrumen :
A.
Write three short messages to
three different persons about different things.
B.
Your school will hold camping
activities outside the country next week. Make an announcement about it. You
may choose the date,day,place and anything related to the activity.
Rubrik penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Struktur teks
|
0-5
|
2
|
Ketepatan ejaan
dan tanda baca
|
0-5
|
3
|
Ketepatan
pemilihan kosakata
|
0-5
|
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
0-5
|
5
|
Kerapian tulisan
|
0-5
|
|
Skor maksimal
|
25
|
Nilai = (score perolehan : score
maksimal) X 100
Pertemuan
Ke-3 (2 x 40 menit)
a.
Pendahuluan
-
Salam dan tegur sapa.
-
Checking kehadiran peserta didik.
-
Guru menginformasikan apa yang
akan dipelajari pada pertemuan ini.
-
Guru membagi kelompok. Tiap
kelompok terdiri dari 4 peserta didik.
b.
Kegiatan inti
Peserta didik
|
Guru
|
Waktu
|
Kegiatan mengamati
|
|
|
§ memperhatikan contoh notice
yang ditayangkan guru.
§ menirukan guru mengucapkan contoh notice.
§ menuliskan
contoh notice di buku masing-masing.
|
§ menayangkan contoh notice dg slide.
§ memberi contoh mengucapkan notice yang
ditayangkan.
§ meminta peserta didik untuk menuliskan
contoh notice di buku mereka.
|
|
Kegiatan Menanya
|
|
|
§ mengungkapkan apa yang diketahui tentang
slide tersebut.
|
§ memberi pertanyaan tentang apa yang
dipikirkan/diketahui peserta didik
mengenai tayangan slide tersebut.
|
|
Kegiatan Mengumpulkan informasi
|
|
|
§ Secara
berkelompok, melakukan kegiatan di
perpustakaan dan lingkungan sekolah untuk menemukan notice yang ada.
|
§ meminta peserta didik untuk menemukan notice
di sumber belajar yang lain di perpustakaan dan lingkungan sekolah secara
berkelompok.
|
|
Kegiatan mengasosiasi
|
|
|
§ Dalam
kerja kelompok terbimbing, peserta didik menganalisis fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan notice pendek sederhana yang mereka temukan.
§ dengan
menggunakan kamus, berusaha memahami
makna notice pendek yang mereka temukan.
§ mengerjakan latihan dari buku wajib halaman
205.
|
§ meminta
peserta didik menganalisa fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan notice pendek sederhana.
§ menganjurkan peserta didik menggunakan kamus
untuk membantu mereka menangkap makna notice pendek sederhana yang mereka
temukan.
§ meminta siswa untuk mengerjakan latihan dari
buku wajib halaman 205.
|
|
Kegiatan mengomunikasikan
|
|
|
§ melaporkan hasil tulisannya kepada guru dan
teman-temannya dari kelompok yang lain.
§ memperhatikan notice yang ditulis temannya.
§ memberi masukan mengenai notice kelompok lain.
|
§ memberikan masukan/penguatan atas notice
yang dituliskan peserta didik.
|
|
c.
Penutup
-
Peserta didik menyimpulkan apa
yang mereka pelajari.
-
Peserta didik menuliskan jurnal
belajarnya tentang pengalaman belajar mereka.
-
Peserta didik diberi kesempatan
mengungkapkan kesulitan yang mereka hadapi.
-
Guru memberi tugas kepada peserta
didik untuk menemukan notice di tempat umum minimal tiga tempat.
Kriteria
penilaian
1. Tingkat
ketercapaian fungsi sosial penulisan notice
2. Tingkat kelengkapan
dan keruntutan penulisan notice.
3. Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, tanda baca tulisan tangan.
4. Sikap tanggung
jawab, kerja sama, peduli, percaya diri, disiplin yang menyertai pemahaman makna notice.
Jenis penilaian :
Penilaian proses
Rubrik Penilaian
1.
Aspek sikap
§ Teknik Penilaian: Observasi
§ Detail
Penilaian : Guru mengamati aspek sikap dari kegiatan siswa selama pembelajaran.
Rubrik penskoran sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
1
|
Jujur
|
4: selalu menunjukan perilaku jujur
3: sering menunjukan perilaku jujur
2: kadang-kadang menunjukan perilaku jujur baik
1: tidak pernah menunjukan perilaku jujur
|
2
|
Percaya diri
|
4: selalu menunjukan perilaku percaya diri
3: sering menunjukan perilaku percaya diri
2: kadang-kadang menunjukan perilaku percaya diri
1: tidak pernah menunjukan percaya diri
|
3
|
Tanggung jawab
|
4: selalu menunjukan perilaku tanggung jawab
3: sering menunjukan perilaku tanggung jawab
2: kadang-kadang menunjukan perilaku tanggungjawab
1: tidak pernah menunjukan perilaku tanggungjawab
|
Pedoman penskoran sikap
No
|
Nama
|
Jujur
|
Percayadiri
|
Tanggung J
|
Jumlahskor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Aspek pengetahuan
Bentuk :
test tulis, lisan dan penugasan
Instrument :
Work with your group! Each group is to make three similar notices in your
school.
The letters should be big enough to be seen from distance. You can make
notices other than those above. You can also change the design.
Use used paper such as last year calendar to make notices. You help save
the earth by recycling, if you have any problems go to me.
Pedoman penskoran
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Keaslian
penulisan
|
0-5
|
2
|
Ketepatan ejaan
|
0-5
|
3
|
Ketepatan
pemilihan kosakata
|
0-5
|
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
0-5
|
5
|
Kerapian tulisan
|
0-5
|
|
Skor maksimal
|
75
|
|
3.
Aspek keterampilan
Bentuk :
Penilaian proyek
Instumen :
Temukan contoh notice lain minimal di tiga tempat umum!
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Keaslian tulisan
|
0-5
|
2
|
Ketepatan ejaan
|
0-5
|
3
|
Ketepatan
pemilihan kosakata
|
0-5
|
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
0-5
|
5
|
Kerapian tulisan
|
0-5
|
|
Skor maksimal
|
25
|
Pedoman penilaian aspek pengetahuan
Nilai
= jumlah skor x 100
Skor maksimal
Mengetahui,
KepalaSekolah
|
|
Surakarta, Januari 2015
Guru Mata
Pelajaran
|
terimakasi
BalasHapusthank you so much for share
BalasHapusLkpdnya boleh ditambahkan
BalasHapus