Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 8 Bab 6 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)

Sekolah                   :  SMP
Mata Pelajaran   :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :  VIII/Satu
Materi Pokok      :  What are You doing?
Alokasi Waktu    :  2 Pertemuan (4 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.


2.3.Menunjukkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1.Menyapa guru dan teman dengan bahasa Inggris yang berterima
2.1.2. Menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan teman berkaitan dengan apa yang sedang dilakukan dengan bahasa Inggris yang berterima.

2.2.1. Memahami teks lisan dan tertulis tentamg kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.
2.2.2. Menyatakan teks lisan dan tertulis tentang kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.
2.2.3. Menyatakan teks lisan dan tertulis tentang kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.
2.2.4. Menanyakan teks lisan dan tertulis tentang kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.

2.3.1. Menjelaskan alasan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan bahasa Inggris yang berterima dengan peduli dan tanggung jawab.

3.7 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan /kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat ini, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.7.1 . Menanyakan kegiatan yang sedang berlangsung dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.





4.8.  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat
ini, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.8.1. Memahami teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat ini, dengan bahasa Inggris yang berterima.
4.9.2. Menyatakan teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat ini, dengan bahasa Inggris yang berterima.
4.9.3. Menanyakan  teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat ini, dengan bahasa Inggris yang berterima.

4.9.



C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.1.2 Menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan teman berkaitan dengan apa yang sedang dilakukan dengan bahasa Inggris yang berterima.
2.2.1.1 Memahami teks lisan dan tertulis tentamg kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.
2.2.1.2 Menyatakan teks lisan dan tertulis tentang kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.
2.2.1..3 Menyatakan teks lisan dan tertulis tentang kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.
2.2.1.4 Menanyakan teks lisan dan tertulis tentang kejadian yang sedang berlangsung secara jujur dan percaya diri dengan Bahasa Inggris yag berterima.
2.3.1.1Menjelaskan alasan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan bahasa Inggris yang berterima dengan peduli dan tanggung jawab.
3.8.1.1 Menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9.1.1 Memahami teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat ini, untuk menjelaskan, memberi alasan, memberi contoh tindakan dengan bahasa Inggris yang berterima.
4.9.1.2 Menyatakan teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat ini, untuk menjelaskan, memberi alasan, memberi contoh tindakan dengan bahasa Inggris yang berterima.
4.9.1.3 Menanyakan  teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat ini, untuk menjelaskan, memberi alasan, memberi contoh tindakan dengan bahasa Inggris yang berterima.


D.  Materi Pembelajaran
  1. Fungsi Sosial dari ungkapan
             Menjelaskan, memberi alasan, memberi contoh tindakan, dsb.
  1. Struktur Teks dari percakaan yang menggunakan ungkapan kegiatan yang sedang dilakukan yaitu:
What are you doing here? Waiting for her; Don’t play around.
Look!Everybody is doing their task.;
I need to see the Principal. May I see him now? No,
                         he’s having a meeting.;
                        Be quiet, please. The baby is sleeping. , dan semacamnya.
3.      Unsur Kebahasaan dari , yaitu:
-          Kata kerja untuk kegiatan dan tindakan dalam Present Continous tense.
-           Kosa kata: kata benda, kata kerja, dan kata sifat yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
-          Kata kerja untuk keadaan: be, have, dalam Present Continuous Tense.
-      Adverbia: now
-      Kata ganti obyek: me, you, him, her, us, dst.
-      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan  atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-      Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-      Ejaan dan tanda baca
-      Tulisan tangan.


E.  Metode Pembelajaran
·         Pendekatan       : Scientific Approach
·         Model                  : Discovery Based Learning
·         Metode                                : Role Pla
F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Video pembelajaran tentang dialog yang membicarakan tentang kegiatan yang sedang dilakukan.(alamat web menyusul)
2. Alat/Bahan
Komputer, Laptop, Speaker, & LCD.
3. Sumber Belajar
·         . Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VIII.
 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
·         Internet, youtube
·         Kamus Bahasa Inggris

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik membaca dialog singkat berkaitan tentang kegiatan yang sedang dilakukan
b) Peserta didik mengamati pola kalimat dan struktur kalimat yang digunakan dalam dialog tersebut
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah dibaca.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana pola kalimat dan struktur bahasa yang digunakan dalam dialog yang dibaca.
c)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menyusun kalimat yang menyatakan sedang melakukan suatu kegiatan.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)     Secara individu peserta didik membuat pertanyaan untuk menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan temannya.
b)     Secara individu peserta didik membuat kalimat tentang apa yang sedang dia lakukan.
c)      Secara berpasangan peserta didik bertukar pertanyaan dengan teman sebangku tentang apa yang sedang dilakukan.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)     Secara berpasangan peserta didik mengembangkan satu pertanyaan yang telah dibuat menjadi dialog panjang bersama pasangan
5) Mengomunikasikan
a)     Secara acak guru memilih beberapa peserta didik untuk mempraktekan dialog yang telah dibuat secara bergantian.
b)     Guru memperhatikan dan mengoreksi praktek yang dilakukan oleh peserta didik.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikan atau mengucapkan kegiatan yang sedang dilakukan dan mencatat kapan siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

  1. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik membaca dialog singkat berkaitan tentang kegiatan yang tidak sedang dilakukan, dialog yang menggunakan yes no-question yang bertanya tentang yang sedang dilakukan, menanyakan alasan tentang kegiatan yang dilakukan.
b) Peserta didik mengamati pola kalimat dan struktur kalimat yang digunakan dalam dialog tersebut.
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah dibaca.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana pola kalimat dan struktur bahasa yang digunakan dalam dialog yang dibaca.
c)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menyusun kalimat yang menyatakan sedang melakukan suatu kegiatan.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)     Secara individu peserta didik merubah kalimat positif dari ungkapan yang menunjukan kegiatan yang sedang dilakukan yang dibuat di pelajaran sebelumnya menjadi kalimat negative dan yes no question.
b)     Secara individu peserta didik membuat alasan tentang kegiatan yang dilakukan.
   4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)     Guru member teks rumpang yang berisi cerita tentang kegiatan yang sedang dilakukan.
b)     Peserta didik mengisi teks rumpang dengan struktur bahasa yang benar yang berhubungan dengan struktur bahasa “sedang” dalam bentuk positif, negative, maupun kalimat Tanya, mengisi teks rumpang berkaitan dengan alasan.
5) Mengomunikasikan
a)      Peserta didik saling bertukar saling bertukar pekerjaan dengan teman nya dan mengoreksi pekerjaan teman berdasarkan pengetahuan mereka.
c)      Guru siap menerima dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengoreksi pekerjaan teman.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
a.     TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.    Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.        Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen

1.
Santun

Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1



2.
Peduli



Menjawab pertanyaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1


3.
Jujur
Menjawab atau menjelaskan kegiatan apa yang sedang dilakukan dengan jujur
1






4.
Tanggungjawab
Menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik
1

5.
Percaya diri
Memprakteknya hasil kerja dengan berani dan lantang
1



Jumlah
5


d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.  Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian :TesTertulis
b.       j. Bentuk Instrumen : Melengkapi dan mengurutkan
c.       k. Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1

Disajikan dialog secara acak, peserta didik mengurutkan tatanan dialog secara urut dan bermakna
2

II.1-2
2

Disajikan gambar 2 orang atau lebih saling bertemu dengan ilustrasi waktu yang jelas, peserta didik dapat menanyakan dan menjawab berkaitan dengan yang sedang dilakukan.
3
III.1-3

JUMLAH
5


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
a.     Teknik Penilaian :Tes Tertulis dan Praktik
b.    Bentuk Instrumen : Melengkapi dan essay (teks cerita tentang kegiatan yang sedang dilakukan)
c.       Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Disajikan teks cerita rumpang berkaitan dengan kegiatan yang sedang dilakukan, peserta didik mengisi teks rumpang dengan struktur bahasa yang benar
8

1-8
2

Disajikan soal yang berkaitan dengan informasi yang tersedia di teks cerita. Peserta didik menjawab soal sesuai dengan informasi yang ada
7

9-15

JUMLAH
15


2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan gulungan kertas yang berisi kata kerja, peserta didik membuat kalimat menggunakan kata yang tersedia digulungan kertas dengan struktur bahasa “sedang” kemudian mengembangkan nya menjadi dialog bersama partnernya dan dipraktekan di depan kelas
1

e.  Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f.  Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.


Surakarta,  __ _____________ 2015


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mata Pelajaran




________________________                                                                       _________________________
NIP. ...                                                                                                          NIP. ...           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar