RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
11)
Sekolah :SMP ...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Deskripsi Orang,
Binatang, dan Benda
Alokasi Waktu :3 Pertemuan (6
JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 :Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapatmempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasiinternasional yang diwujudkandalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menunjukkan
kesungguhan belajar Bahasa Inggrisdalam menyatakan dan menanyakan
tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, sangatpendek dan sederhana.
1.1.2 Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatanpada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
|
2.1.1 Menyatakan dan menanyakan pada guru dan teman
menggunakanBahasa Inggris yang berterima tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
2.1.2
Menjawab atau menjelaskan pertanyaanteman yang kurang paham dengan
konteks/materi tentang menyatakan dan
menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
2.1.3Menjawab
pertanyaanguru dan temantentang deskripsi orang, binatang, dan bendamenggunakan Bahasa
Inggris yangberterima.
|
|
3.10.
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1 Mengidentifikasi
fungsi sosial teks deskriptif tentang menyatakandan menanyakandeskripsi
orang, binatang, dan benda.
3.1.3 Mengidentifikasistrukturteksdeskriptiftentang menyatakandan menanyakandeskripsi orang, binatang, dan benda.
3.1.3 Mengidentifikasi unsur
kebahasaanteks deskriptif tentang menanyakan dan menyatakandeskripsi
orang, binatang, dan benda..
|
|
4.12. Menangkap makna
dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dansederhana.
|
4.1.1 mengidentifikasi
informasi tersurat dan tersiratdalam teks deskriptif lisan sangat pendek dansederhana tentang orang, binatang, dan benda dengan tepat.
4.1.2 mengidentifikasi
informasi tersurat dan tersiratdalam teks deskriptif tulis sangat pendek dansederhana tentang orang, binatang, dan
benda dengan tepat.
|
|
4.13. Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
|
4.2.1 mendeskripsikan
orang, binatang, dan bendasecara lisan
berdasarkan konteks dengan ucapandan intonasi yang tepat
4.2.2 mendeskripsikan
orang, binatang, dan bendasecara tertulis
berdasarkan konteks dengan ejaandan tanda baca yang tepat.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap
kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1serius
dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1menyatakan
dan menanyakan pada guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima tentang deskripsi orang, binatang, dan benda;
2.1.2.1 menjawab atau menjelaskan pertanyaan
teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.;
2.1.3.1 menjawab pertanyaan guru dan teman
tentang tentang deskripsi tentang orang, binatang, dan benda menggunakan Bahasa
Inggris yang berterima;
3.1.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif tentang menyatakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.1.2 mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.2.1 mengidentifikasi struktur teks deskriptif tentang menyatakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.2.2 mengidentifikasi struktur teks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.3.1 mengidentifikasi unsur kebahasaanteks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.3.2 mengidentifikasi unsur kebahasaan teks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang,
binatang, dan benda;
4.1.1.1 mengidentifikasiinformasi yang tersirat dalam teks deskripsi lisantentang
seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.1.1.2 mengidentifikasiinformasi yang tersurat dalam teks deskripsi lisantentang
seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.1.2.1 mengidentifikasiinformasi yang tersirat dalam teks deskripsi tulistentang
seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.1.2.2 mengidentifikasiinformasi yang tersurat dalam teks deskripsi tulistentang
seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.2.1.1 melengkapi teks deskriptif
rumpang yang terkait denganorang, binatang, dan benda dengan
kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.2.1.2 melengkapi teks deskriptifrumpang
yang terkait denganorang, binatang, dan benda dengan
kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang disediakan dengan tepat;
4.1.3.1 menyusun teks deskriptiftentang
seseorang dengan struktur teks yang benar berdasarkan gambaryang
disediakan;
4.1.3.2
menyusun teks deskriptif tentang binatang
dengan struktur teks yang benar berdasarkan gambaryang
disediakan;
4.1.3.3 menyusun teks deskriptif
tentang benda-benda dengan struktur teks yang benar berdasarkan gambaryang disediakan;
4.1.4.1 mendeskripsikan secara lisan guru
idolanyadengan struktur teks yang benar berdasarkan pertanyaan panduan;
4.1.4.2
mendeskripsikan secara lisan binatang peliharaannyadengan
struktur teks yang benar berdasarkan pertanyaan panduan;
4.1.4.2
mendeskripsikan secara lisan rumahnya masing-masingdengan
struktur teks yang benar berdasarkan pertanyaan panduan;
D. Materi Pembelajaran
1. Fungsi Sosial Teks Deskriptif:
Menggambarkan
atau mendeskripsikan orang, binatang, benda tertentu yang bertujuan untuk membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.
2. Struktur Teks Deskriptif, yaitu:
a. Identifikasi
b. Deskripsi:
1) Menyebutkan nama orang, binatang,
benda dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan;
2) Menyebutkan sifat orang,
binatang, benda dan bagiannya, dan;
3) Menyebutkan tindakan dari atau
terkait dengan orang, binatang, benda yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial
yang hendak dicapai.
3. Unsur Kebahasaan dari jenis pekerjaan dan tempat
bekerjanya,
yaitu:
(1) Penyebutan kata benda singular
dengan a dan the, dan plural (-s).
(2) Kata ganti it, they, she, we, dst.; our,
my, your, their, dst.
(3) Kata sifat yang sangat lazim, young, old, clever, big, small, easy,
difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dll.
(4) Kata kerja untuk menyatakan
keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dll.
(5) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7) Ejaan dan tanda baca
(8) Tulisan tangan
E. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik
2. Pendekatan Komunikatif
F. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Gambar orang, binatang, benda.(Tersedia
di Buku “When English Rings a Bell” halaman
190 - 202)
b.
Video monologdan dialog pendek sederhana yang terkait dengandeskripsi
orang, binatang, dan benda.(Tersedia di www.dreamenglish.com,http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files, dan/atauhttp://learnenglish.britishcouncil.org/en/)
c. Flashcard terbuat dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm
x10 cm, berisi pertanyaan terkait dengan orang, binatang,
dan benda tertentu.
d. Kartu situasi terbuat dari BC berwarna, berukuran 15 cm x10,
berisi deskripsi orang, benda, dan binatang yang
harusdiidentifikasi oleh peserta didik.
2.
Alat/Bahan
·
Komputer & LCD
3.
SumberBelajar
·
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014.
BahasaInggrisWhen English Rings a BellSMP/MTsKelas
VII.Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti prosespembelajaran dengan memberi
salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas danpenampilan mereka,
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, danmemeriksa
kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak peserta didik menyanyikan
lagu “Good Morning” untuk
membangkitkanmotivasi belajar Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telahdikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akandicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mengamati gambar seorang tokoh yang ditunjukkan oleh guru sambil menyimak
beberapa pertanyaan yang diajukan terkait gambar tersebut.
b) Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan, guru menuliskan jawaban peserta didik
di papan tulis.
c) Dengan
mengulangi ucapan guru peserta didik membaca kalimat-kalimat tersebut dengan
pelafalan dan intonasi yang tepat.
d) Peserta
didik dimintamengamati gambar danmendengarkan gurumembaca percakapan.
e) Peserta
didik secaraberpasangan dimintamembaca percakapandengan pelafalan danintonasi
yang tepat.
2) Menanya
a) Dengan bimbingan guru peserta didik menanyakan hal-hal yangmereka belum pahami daripercakapan yang merekabaca.
b) Dengan bimbingan guru peserta didik
merumuskan pertanyaan tentang bagaimanamenayakan danmenyatakantentang deskripsi seseorang.
c) Peserta didik diminta membaca lagi
percakapan
d) Secara
berpasangan, pesertadidik diminta menceritakankembali percakapan yangdibaca
pada Activity 2 danmenuliskannya seperticontoh.
3) Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a) Peserta didik dimintamemperhatikan
gambar yangdipegang guru (gb. Daniel Radcliffe,
atau yang lain),mendengarkan pertanyaanguru dan menjawabnya.
b) Guru menuliskan semuajawaban peserta
didik
contoh:
Teacher: What is his name?
Student: His name is Daniel Jacob Radcliffe
Teacher: What is he?
Student: He is a English movie actor.
Teacher: What does he do?
Student: He entertains people.
Teacher: What is he like?
Student: He has white skin,
dark brown hair, blue eyes, and pointed nose. His height is about 168cm. He is
intelligent.
c) Guru membacakan
pertanyaan berulang–ulang,peserta didik menjawabbersama untuk melatihpelafalan
dan intonasi.
d) Peserta didik
dimintamengamati gambar padaactivity 3, dan melakukantanya jawab dengan
temansebangkunya.
4) Mengasosiasi/Menganalisis
Data atau Informasi
a) Peserta didikdiminta mempersiapkan
foto: ibu,kakak/adik, teman dekat,penyanyi favorit, polisi, artisfavorit,
pemain badmintonterbaik dan pesepakbolaidola (sesuai yang telah diinstruksikan pada pertemuan sebelumnya).
b) Peserta didik dimintamenempel foto pada
tempatyang disediakan.
c) Peserta didik
diminta mendeskripsikan foto yang ditempel menggunakan ungkapan yang telah
dipelajari.
d) Guru berkeliling
mengamatiaktivitas peserta didik danmemberi bantuan jikadiperlukan.
e) Dengan bimbingan
guru peserta didikmenyimpulkan materi yang telah dipelajari tentangbagaimana
mendeskripsikanorang.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta didik diminta dudukdalam
kelompok berempat,mendiskusikan guru idolamereka.
b) Peserta didik menulis sebuahparagraf
tentang guru idolamereka, menggunakanpertanyaan bantuan.
c) Guru berkeliling memantau kegiatan
diskusi siswa, dan memberikan bantuan jika diperlukan.
d) Peserta didik memajang
hasilpekerjaan mereka di tempatyang disediakan.
e) Peserta didik dari kelompoklain,
melihat pajangantemannya dan memberikomentar.
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudahdipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukanrefleksi terhadap kegiatan belajar
yang telah mereka lakukan.
3) Guru memberikan tugas kepada peserta
didik untuk mendeskripsikan seseorang danmencatat siapa saja yang di deskripsikan oleh peserta didik.
4) Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajarandengan memberi salam,
mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka,mengajak
peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa
kehadiranpeserta didik.
2) Guru menayangkan gambar-gambar binatang peliharaan
dan bertanya tentang binatang peliharaan yang mereka milikiuntuk menarik minat belajar
belajar peserta didik.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi yang dipelajari sebelumnya.
4) Guru menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik
mendengarkanGuru membaca text tentang“My cute cat, Spot”
sambilmengamati gambar kucingyang ada.
b) Peserta didik diminta mendengarkan lagi danmenirukan ucapan
gurumembaca teks tersebut.
c) Peserta didik
dimintamembaca text secara bergilir.
d) Guru dapat memperbaikipelafalan dan
intonasiyang kurang tepat sesuaikebutuhan.
2) Menanya
a) Peserta didik dimintamembaca kembali
text yangterdapat pada Activity 6.
b) Peserta didik bekerjaberpasangan dan
dimintamelengkapi kalimatberdasarkan text padaActivity 6.
c) Guru bersama peserta
didikmengecek pekerjaan pesertadidik.
3) Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a) Peserta didik diminta untuk
menuliskan kembali kalimat-kalimat pada Activity 7 dalam bentuk paragraf.
b) Peserta didik secara bergilir
membacakan paragrafnya.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Peserta didik mengamatigambar, ayam
jago sampaidengan burung merak, danmembuat kalimat sepertidalam contoh.
b) Guru memberi
kesempatankepada para peserta didikuntuk secara bergilir membacakalimat yang
dibuatnya.
c) Peserta didik
dimintamendeskripsikan gambartentang sapi, kelinci, kucing,burung dara , anjing
herder,dan kupu kupu secara lebihspesifik.
d) Guru dapat memberi
contoh
e) Guru melanjutkan
bertanyatentang gambar yang adadengan pertanyaan yang sama.
f) Peserta didik secara
bergilirmenjawab.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta didik dimintamendiskusikan pertanyaanpada
Activity 9 dengan temannya.
b) Peserta didik diberikesempatan menanyakanpertanyaan yang sulit bagimereka.
c) Peserta didik dapatmengerjakan
tugas tersebutdi rumah dan menempelkangambar binatangkesayangannya di lembar
kerjamereka.
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajaripada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukanrefleksi terhadap kegiatan belajar
yang telah mereka lakukan.
3) Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
3. Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti prosespembelajaran dengan memberi
salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas danpenampilan mereka,
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, danmemeriksa
kehadiran peserta didik.
2) Guru memperlihatkan berberapa gambar bangunan untuk membangkitkanmotivasi belajar
Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telahdikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akandicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik dimintamengamati teks
pada Activity10, sambil mendengarkanguru membaca teks tersebut.
b) Guru hendaknya membacadengan kecepatan
normal,suara jelas, dan pelafalanserta intonasi yang tepat.
c) Guru membaca teks
satukali lagi untuk memberi kesempatan kepada
pesertadidik memahami teks.
d) Untuk
mengecekpemahaman guru dapatmenanyakan beberapa haltentang makna yang
terdapatdalam teks tersebut.
2) Menanya
a) Peserta didik berdiskusidalam kelompok
untukmenggambar rumah Gabyberdasarkan teks yangdibaca.
b) Peserta didik membacakembali teks
tentang rumahGaby.
c) Pesertadidik diminta untuk
menulis draft deskripsi rumag Gaby.
d) Peserta didik secarabergiliran
menceritakankembali rumah Gaby.
3) Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a) Peserta didik memperhatikan guru mengulang
bagaimanacara mendeskripsikan bendasecara sederhana denganmenunjukan beberapa
bendaatau gambar beberapa benda, misalnya: pinsil, HP,
Jamtangan, dsb.
Contoh:
·
Class, look at thesethings/ pictures.
What is it?
What colour is
it?
What is it made
of?
What do people
use
it for?
·
Now let’s describe the following things.
See the examples.
• This is a
house.
• It is big.
• It has a
garden.
• It looks
veryexpensive.
b) Peserta didik membuat draftuntuk
mendeskripsikanbenda-benda pada Activity13.
c) Secara bergilir peserta
didikmendeskripsikan benda-bendadalam gambar
secaralisan.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Peserta didik mendiskusikanpertanyaan pada Activity 14 dan
menjawabdalam hati.
b) Peserta didik diberikesempatan
menanyakanmakna pertanyaan yangtidak dipahami.
c) Peserta didik menjawab tiappertanyaan
secara tertulis.
d) Peserta didik menulisparagraf tentang
rumahnyaberdasarkan jawaban ataspertanyaan.
e) Guru berkeliling memberbantuan.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta didik secara
bergilirmembacakan tulisannya.
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudahdipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukanrefleksi terhadap kegiatan belajar
yang telah mereka lakukan.
3) Guru memberikan tugas mandiri terstruktur kepada
peserta didik untuk membuat poster gambar rancangan rumah masa
depan mereka beserta deskripsinya.
4) Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a.
TeknikPenilaian : Observasi dan
Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Bersyukur
|
Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris.
|
1
|
Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris
|
1
|
||
|
|
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
1A dan
Lampiran
1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
2. Kompetensi Sikap
Sosial
a. TeknikPenilaian
: Observasi dan
Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : LembarObservasi
dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi
:
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Instrumen
|
1.
|
Tanggung Jawab
|
Menyatakan dan
menanyakan pada guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
|
1
|
2.
|
Peduli
|
Menjawab atau
menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang
menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
|
1
|
Menjawab pertanyaan
guru dan teman tentang deskripsi orang, binatang, dan benda menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima.
|
1
|
||
|
|
Jumlah
|
3
|
d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan
Skor: lihat Lampiran
3.
3. Kompetensi
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :TesTertulis
b. Bentuk
Instrumen : Melengkapi.
c. Kisi-kisi
:
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Soal
|
Nomor
Butir
Soal
|
1
|
Disajikan sebuah teks dialog, peserta didik dapat melengkapi teks
deskripsi rumpang dengan benar.
|
5
|
1 - 5
|
2
|
Disajikan beberapa kata kunci, peserta didik dapat membuat
kalimat-kalimat yang menyatakan deskripsi seseorang dengan benar.
|
5
|
6 - 10
|
3
|
Disajikan beberapa pertanyaan,
peserta didik dapat mendeskripsikan seseorang dengan benar.
|
5
|
11 - 15
|
|
JUMLAH
|
15
|
|
d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.
4. Keterampilan
a. TeknikPenilaian : Tes Tertulis dan Praktik
b. Bentuk
Instrumen : Essai (Tes Keterampilan Menulis), Tes
Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Soal
|
1
|
Disajikan sebuah teks dialog, peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang
dengan benar.
|
5
|
1 - 5
|
2
|
Disajikan beberapa kata kunci, peserta didik dapat membuat
kalimat-kalimat yang menyatakan deskripsi seseorang dengan benar.
|
5
|
6 - 10
|
3
|
Disajikan sebuah teks deskriptif, peserta didik dapat
menjawab informasi yang tersurat dalam teks tersebut dengan benar.
|
5
|
11 - 15
|
|
JUMLAH
|
15
|
|
2) Tes Praktik
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
|
Disajikan pertanyaan-pertanyaan panduan, peserta didik dapat
mendeskripsikan orang, binatang, atau benda secara singkat dan sederhana
sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
deskripsi dengan runtut, dan benar.
|
1
|
e. Instrumen: lihat Lampiran 5AdanLampiran 5B.
f. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.
Surakarta, __ _____________ 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________
_________________________
NIP. ... NIP.
...
lampirannya mana?
BalasHapus