Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 7 Bab 11 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 11)

Sekolah              :SMP ...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester        : VII/Satu
Materi Pokok     : Deskripsi Orang, Binatang, dan Benda
Alokasi Waktu :3 Pertemuan (6 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1.    Mensyukuri kesempatan dapatmempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasiinternasional yang diwujudkandalam semangat belajar.
1.1.1  Menunjukkan kesungguhan belajar Bahasa Inggrisdalam menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, sangatpendek dan sederhana.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatanpada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.3.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1 Menyatakan dan menanyakan pada guru dan teman menggunakanBahasa Inggris yang berterima tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
2.1.2 Menjawab atau menjelaskan pertanyaanteman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
2.1.3Menjawab pertanyaanguru dan temantentang deskripsi orang, binatang, dan bendamenggunakan Bahasa Inggris yangberterima.

3.10. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1  Mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif tentang menyatakandan menanyakandeskripsi orang, binatang, dan benda.

3.1.Mengidentifikasistrukturteksdeskriptiftentang menyatakandan menanyakandeskripsi orang, binatang, dan benda.

3.1.Mengidentifikasi unsur kebahasaanteks deskriptif tentang menanyakan dan menyatakandeskripsi orang, binatang, dan benda..

4.12.  Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dansederhana.
4.1.1  mengidentifikasi informasi tersurat dan tersiratdalam teks deskriptif lisan sangat pendek dansederhana tentang orang, binatang, dan benda dengan tepat.
4.1.2  mengidentifikasi informasi tersurat dan tersiratdalam teks deskriptif tulis sangat pendek dansederhana tentang orang, binatang, dan benda dengan tepat.

4.13.  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.2.1  mendeskripsikan orang, binatang, dan bendasecara lisan berdasarkan konteks dengan ucapandan intonasi yang tepat
4.2.2  mendeskripsikan orang, binatang, dan bendasecara tertulis berdasarkan konteks dengan ejaandan tanda baca yang tepat.

C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;

2.1.1.1menyatakan dan menanyakan pada guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima tentang deskripsi orang, binatang, dan benda;
2.1.2.1 menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.;
2.1.3.1 menjawab pertanyaan guru dan teman tentang tentang deskripsi tentang orang, binatang, dan benda menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;

3.1.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif tentang menyatakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.1.2 mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.2.1 mengidentifikasi struktur teks deskriptif tentang menyatakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.2.2 mengidentifikasi struktur teks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.3.1 mengidentifikasi unsur kebahasaanteks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;
3.1.3.2 mengidentifikasi unsur kebahasaan teks deskriptif tentang menanyakan deskripsi seseorang, binatang, dan benda;

4.1.1.1 mengidentifikasiinformasi yang tersirat dalam teks deskripsi lisantentang seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.1.1.2 mengidentifikasiinformasi yang tersurat dalam teks deskripsi lisantentang seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.1.2.1 mengidentifikasiinformasi yang tersirat dalam teks deskripsi tulistentang seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.1.2.2 mengidentifikasiinformasi yang tersurat dalam teks deskripsi tulistentang seseorang, binatang, dan benda dengan tepat;
4.2.1.1 melengkapi teks deskriptif rumpang yang terkait denganorang, binatang, dan benda dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.2.1.2 melengkapi teks deskriptifrumpang yang terkait denganorang, binatang, dan benda dengan kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang disediakan dengan tepat;
4.1.3.1 menyusun teks deskriptiftentang seseorang dengan struktur teks yang benar berdasarkan gambaryang disediakan;
4.1.3.2 menyusun teks deskriptif tentang binatang dengan struktur teks yang benar berdasarkan gambaryang disediakan;
4.1.3.3 menyusun teks deskriptif tentang benda-benda dengan struktur teks yang benar berdasarkan gambaryang disediakan;
4.1.4.1 mendeskripsikan secara lisan guru idolanyadengan struktur teks yang benar berdasarkan pertanyaan panduan;
4.1.4.2 mendeskripsikan secara lisan binatang peliharaannyadengan struktur teks yang benar berdasarkan pertanyaan panduan;
4.1.4.2 mendeskripsikan secara lisan rumahnya masing-masingdengan struktur teks yang benar berdasarkan pertanyaan panduan;


D. Materi Pembelajaran
1. Fungsi Sosial Teks Deskriptif:
Menggambarkan atau mendeskripsikan orang, binatang, benda tertentu yang bertujuan untuk membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.

2. Struktur Teks Deskriptif, yaitu:
a. Identifikasi
b. Deskripsi:
1)    Menyebutkan nama orang, binatang, benda dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan;
2)    Menyebutkan sifat orang, binatang, benda dan bagiannya, dan;
3)    Menyebutkan tindakan dari atau terkait dengan orang, binatang, benda yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.

3. Unsur Kebahasaan dari jenis pekerjaan dan tempat bekerjanya, yaitu:
(1)    Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2)    Kata ganti it, they, she, we, dst.; our, my, your, their, dst.
(3)    Kata sifat yang sangat lazim, young, old, clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dll.
(4)    Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dll.
(5)    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6)    Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7)    Ejaan dan tanda baca
(8)    Tulisan tangan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik
2. Pendekatan Komunikatif

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.      Gambar orang, binatang, benda.(Tersedia di Buku “When English Rings a Bell” halaman 190 - 202)
b.      Video monologdan dialog pendek sederhana yang terkait dengandeskripsi orang, binatang, dan benda.(Tersedia di www.dreamenglish.com,http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files, dan/atauhttp://learnenglish.britishcouncil.org/en/)
c.       Flashcard terbuat dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi pertanyaan terkait dengan orang, binatang, dan benda tertentu.
d.      Kartu situasi terbuat dari BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi orang, benda, dan binatang yang harusdiidentifikasi oleh peserta didik.
2. Alat/Bahan
·         Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·         KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. BahasaInggrisWhen English Rings a BellSMP/MTsKelas VII.Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti prosespembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas danpenampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, danmemeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Good Morning” untuk membangkitkanmotivasi belajar Bahasa Inggris.
3)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telahdikenal sebelumnya.
4)  Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akandicapai.
5)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a)  Peserta didik mengamati gambar seorang tokoh yang ditunjukkan oleh guru sambil menyimak beberapa pertanyaan yang diajukan terkait gambar tersebut.
b)  Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan, guru menuliskan jawaban peserta didik di papan tulis.
c)  Dengan mengulangi ucapan guru peserta didik membaca kalimat-kalimat tersebut dengan pelafalan dan intonasi yang tepat.
d) Peserta didik dimintamengamati gambar danmendengarkan gurumembaca percakapan.
e)  Peserta didik secaraberpasangan dimintamembaca percakapandengan pelafalan danintonasi yang tepat.

2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik menanyakan hal-hal yangmereka belum pahami daripercakapan yang merekabaca.
b)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimanamenayakan danmenyatakantentang deskripsi seseorang.
c)  Peserta didik diminta membaca lagi percakapan
d) Secara berpasangan, pesertadidik diminta menceritakankembali percakapan yangdibaca pada Activity 2 danmenuliskannya seperticontoh.
    
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Peserta didik dimintamemperhatikan gambar yangdipegang guru (gb. Daniel Radcliffe, atau yang lain),mendengarkan pertanyaanguru dan menjawabnya.
b)  Guru menuliskan semuajawaban peserta didik
contoh:
Teacher:        What is his name?
Student:        His name is Daniel Jacob Radcliffe
Teacher:        What is he?
Student:        He is a English movie actor.
Teacher:        What does he do?
Student:        He entertains people.
Teacher:        What is he like?
Student:        He has white skin, dark brown hair, blue eyes, and pointed nose. His height is about 168cm. He is intelligent.
c)  Guru membacakan pertanyaan berulang–ulang,peserta didik menjawabbersama untuk melatihpelafalan dan intonasi.
d) Peserta didik dimintamengamati gambar padaactivity 3, dan melakukantanya jawab dengan temansebangkunya.

4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)  Peserta didikdiminta mempersiapkan foto: ibu,kakak/adik, teman dekat,penyanyi favorit, polisi, artisfavorit, pemain badmintonterbaik dan pesepakbolaidola (sesuai yang telah diinstruksikan pada pertemuan sebelumnya).
b)  Peserta didik dimintamenempel foto pada tempatyang disediakan.
c)  Peserta didik diminta mendeskripsikan foto yang ditempel menggunakan ungkapan yang telah dipelajari.
d) Guru berkeliling mengamatiaktivitas peserta didik danmemberi bantuan jikadiperlukan.
e)  Dengan bimbingan guru peserta didikmenyimpulkan materi yang telah dipelajari tentangbagaimana mendeskripsikanorang.
5) Mengomunikasikan
a)  Peserta didik diminta dudukdalam kelompok berempat,mendiskusikan guru idolamereka.
b)  Peserta didik menulis sebuahparagraf tentang guru idolamereka, menggunakanpertanyaan bantuan.
c)  Guru berkeliling memantau kegiatan diskusi siswa, dan memberikan bantuan jika diperlukan.
d) Peserta didik memajang hasilpekerjaan mereka di tempatyang disediakan.
e)  Peserta didik dari kelompoklain, melihat pajangantemannya dan memberikomentar.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudahdipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukanrefleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mendeskripsikan seseorang danmencatat siapa saja yang di deskripsikan oleh peserta didik.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajarandengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka,mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiranpeserta didik.
2)  Guru menayangkan gambar-gambar binatang peliharaan dan bertanya tentang binatang peliharaan yang mereka milikiuntuk menarik minat belajar belajar peserta didik.
3)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mendengarkanGuru membaca text tentang“My cute cat, Spot” sambilmengamati gambar kucingyang ada.
b)  Peserta didik diminta mendengarkan lagi danmenirukan ucapan gurumembaca teks tersebut.
c)  Peserta didik dimintamembaca text secara bergilir.
d) Guru dapat memperbaikipelafalan dan intonasiyang kurang tepat sesuaikebutuhan.
2) Menanya
a)  Peserta didik dimintamembaca kembali text yangterdapat pada Activity 6.
b)              Peserta didik bekerjaberpasangan dan dimintamelengkapi kalimatberdasarkan text padaActivity 6.
c)  Guru bersama peserta didikmengecek pekerjaan pesertadidik.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Peserta didik diminta untuk menuliskan kembali kalimat-kalimat pada Activity 7 dalam bentuk paragraf.
b)  Peserta didik secara bergilir membacakan paragrafnya.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)  Peserta didik mengamatigambar, ayam jago sampaidengan burung merak, danmembuat kalimat sepertidalam contoh.
b)  Guru memberi kesempatankepada para peserta didikuntuk secara bergilir membacakalimat yang dibuatnya.
c)  Peserta didik dimintamendeskripsikan gambartentang sapi, kelinci, kucing,burung dara , anjing herder,dan kupu kupu secara lebihspesifik.
d) Guru dapat memberi contoh
e)  Guru melanjutkan bertanyatentang gambar yang adadengan pertanyaan yang sama.
f)  Peserta didik secara bergilirmenjawab.
5) Mengomunikasikan
a)  Peserta didik dimintamendiskusikan pertanyaanpada Activity 9 dengan temannya.
b)  Peserta didik diberikesempatan menanyakanpertanyaan yang sulit bagimereka.
c)  Peserta didik dapatmengerjakan tugas tersebutdi rumah dan menempelkangambar binatangkesayangannya di lembar kerjamereka.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajaripada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukanrefleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

3. Pertemuan Ketiga

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti prosespembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas danpenampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, danmemeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru memperlihatkan berberapa gambar bangunan untuk membangkitkanmotivasi belajar Bahasa Inggris.
3)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telahdikenal sebelumnya.
4)  Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akandicapai.
5)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a)  Peserta didik dimintamengamati teks pada Activity10, sambil mendengarkanguru membaca teks tersebut.
b)  Guru hendaknya membacadengan kecepatan normal,suara jelas, dan pelafalanserta intonasi yang tepat.
c)  Guru membaca teks satukali lagi untuk memberi kesempatan kepada pesertadidik memahami teks.
d) Untuk mengecekpemahaman guru dapatmenanyakan beberapa haltentang makna yang terdapatdalam teks tersebut.
2) Menanya
a)  Peserta didik berdiskusidalam kelompok untukmenggambar rumah Gabyberdasarkan teks yangdibaca.
b)  Peserta didik membacakembali teks tentang rumahGaby.
c)  Pesertadidik diminta untuk menulis draft deskripsi rumag Gaby.
d) Peserta didik secarabergiliran menceritakankembali rumah Gaby.     
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Peserta didik memperhatikan guru mengulang bagaimanacara mendeskripsikan bendasecara sederhana denganmenunjukan beberapa bendaatau gambar beberapa benda, misalnya: pinsil, HP, Jamtangan, dsb.
            Contoh:
·         Class, look at thesethings/ pictures.
What is it?
What colour is it?
What is it made of?
What do people use
it for?
·         Now let’s describe the following things.
See the examples.
• This is a house.
• It is big.
• It has a garden.
• It looks veryexpensive.

b)  Peserta didik membuat draftuntuk mendeskripsikanbenda-benda pada Activity13.
c)  Secara bergilir peserta didikmendeskripsikan benda-bendadalam gambar secaralisan.

4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)  Peserta didik mendiskusikanpertanyaan pada Activity 14 dan menjawabdalam hati.
b)  Peserta didik diberikesempatan menanyakanmakna pertanyaan yangtidak dipahami.
c)  Peserta didik menjawab tiappertanyaan secara tertulis.
d) Peserta didik menulisparagraf tentang rumahnyaberdasarkan jawaban ataspertanyaan.
e)  Guru berkeliling memberbantuan.

5) Mengomunikasikan
a)  Peserta didik secara bergilirmembacakan tulisannya.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudahdipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukanrefleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas mandiri terstruktur kepada peserta didik untuk membuat poster gambar rancangan rumah masa depan mereka beserta deskripsinya.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.


H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian     : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
a.    TeknikPenilaian       : Observasi dan Penilaian Diri
b.    Bentuk Instrumen    : LembarObservasi dan Lembar Penilaian Diri
c.    Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Tanggung Jawab

Menyatakan dan menanyakan pada guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
1

2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
1

Menjawab pertanyaan guru dan teman tentang deskripsi orang, binatang, dan benda menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1



Jumlah
3

d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3. Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian    :TesTertulis
b.      Bentuk Instrumen  : Melengkapi.
c.       Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan sebuah teks dialog, peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang dengan benar.
5
1 - 5
2

Disajikan beberapa kata kunci, peserta didik dapat membuat kalimat-kalimat yang menyatakan deskripsi seseorang dengan benar.
5
6 - 10
3

Disajikan beberapa pertanyaan, peserta didik dapat mendeskripsikan seseorang dengan benar.
5
11 - 15

JUMLAH
15


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
a.    TeknikPenilaian    :    Tes Tertulis dan Praktik
b.    Bentuk Instrumen :    Essai (Tes Keterampilan Menulis), Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Disajikan sebuah teks dialog, peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang dengan benar.
5
1 - 5
2

Disajikan beberapa kata kunci, peserta didik dapat membuat kalimat-kalimat yang menyatakan deskripsi seseorang dengan benar.
5
6 - 10
3

Disajikan sebuah teks deskriptif, peserta didik dapat menjawab informasi yang tersurat dalam teks tersebut dengan benar.
5
11 - 15

JUMLAH
15


2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan pertanyaan-pertanyaan panduan, peserta didik dapat mendeskripsikan orang, binatang, atau benda secara singkat dan sederhana sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskripsi dengan runtut, dan benar.

1

e. Instrumen: lihat Lampiran 5AdanLampiran 5B.
f. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.


Surakarta,  __ _____________ 2015


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




________________________                                          _________________________
NIP. ...                                                                              NIP. ...      






1 komentar: