RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : You are Invited
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
|
1.1.1 Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 Meminta ijin ketika akan memasuki
ruangan atau menggunakan barang milik orang lain
2.1.2 Tidak menyela pembicaraan orang lain
pada waktu yang tidak tepat
2.1.3 Menjawab
atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi.
2.1.4 Tidak
melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan orang lain
|
|
2.3 Menunjukkan
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
|
2.3.1 Tidak
mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya.
2.3.2 Mengerjakan setiap tugas yang diberikan.
2.3.3 Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan
teman-temannya
2.3.4 Melaksanakan setiap pekerjaan yang
menjadi tanggung jawabnya.
|
|
3.4 Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks
undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
3.4.1 Membuat
undangan pribadi sesuai dengan koteks penggunaan
3.4.2 Membuat ucapan selamat sesuai dengan koteks penggunaan
|
|
4.4 Menangkap makna undangan pribadi dan
ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana.
|
4.4.1 Mengidentifikasi
struktur text dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari text
undangan pribadi sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4.2 Mengidentifikasi struktur text dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari text ucapan selamat sesuai dengan konteks penggunaannya
|
|
4.5 Menyusun
teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.5.1 Siswa membuat kartu undangan pribadi
menggunakan kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam kartu undangan.
4.5.2 Siswa membuat Greeting Card menggunakan
kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam ucapan selamat.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris;
2.1.1.1 Meminta ijin ketika akan memasuki
ruangan atau menggunakan barang milik orang lain
2.1.2.1 Tidak menyela pembicaraan orang lain pada waktu yang
tidak tepat;
2.1.3.1 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan
konteks/materi.;
2.1.4.1 Tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan
orang lain;
2.3.1.1 Tidak mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya;
2.3.2.1 Mengerjakan setiap tugas yang diberikan;
2.3.3.1 Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan
teman-temannya;
2.3.4.1 Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung
jawabnya;
3.4.1.1 Membuat undangan pribadi sesuai dengan koteks penggunaan;
3.4.2.1 Membuat ucapan selamat
sesuai dengan koteks penggunaan;
4.4.1.1 Mengidentifikasi struktur text untuk melaksanakan fungsi
sosial dari text undangan pribadi sesuai dengan konteks penggunaannya;
4.4.1.2 melafalkan teks undangan dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
4.4.1.3 menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam teks
undangan dengan tepat;
4.4.2.1 Mengidentifikasi struktur text untuk melaksanakan fungsi
sosial dari text ucapan selamat sesuai
dengan konteks penggunaannya;
4.4.2.2 melafalkan teks ucapan selamat dengan pelafalan dan intonasi yang
benar;
4.4.2.3 menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam teks ucapan
selamat dengan tepat;
4.5.1.1 Membuat kartu undangan pribadi menggunakan kata dan tata
bahasa yang lazim digunakan dalam kartu undangan;
4.5.1.2 Mengungkapkan
makna undangan, struktur teks, dan unsur kebahasaannya;
4.5.2.1 Membuat Greeting Card menggunakan kata dan tata bahasa
yang lazim digunakan dalam ucapan selamat
4.5.2.2
Mengungkapkan makna ucapan selamat, struktur teks dan unsur kebahasaannya.
D. Materi
Pembelajaran
1. Fungsi Sosial dari text:
a. Undangan
b. Ucapan selamat
2. Struktur Teks dari Undangan dan Ucapan Selamat,
yaitu:
Struktur teks Undangan
|
||||||||
|
||||||||
Additional
Information
|
Struktur Greeting
Card
Ungkapan-ungkapan dalam Greeting Card :
-
Congratulations…
-
Happy Bitrhday
-
May …
3. Unsur Kebahasaan dari teks Undangan dan Ucapan
Selamat, yaitu:
a. ungkapan dalam
undangan (you are invited, please come, will you come
to… I want you , please come to dsb.)
b. ungkapan dalam ucapan
selamat (congratulation…, Happy Birthday, Happy…., dsb.)
c. makna
kata berkaitan dengan tema berupa kata/frasa/kalimat yang berkaitan dengan
ungkapan dalam undangan dan ucapan selamat (invited,
blessed, with fun, be held, dsb)
d. ucapan/pelafalan,
tekanan kata, dan intonasi dari kosa kata (berupa kata/frasa/kalimat) berkaitan
dengan tema.
E. Metode Pembelajaran
Scientific Approach dengan model Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1. Media
a.
Macam-macam ‘personal invitation’ yang
terdapat pada Buku Wajib Siswa SMP Kelas VIII
b.
Macam-macam ‘Greeting Card’ yang terdapat pada Buku Wajib
Siswa SMP Kelas VIII
2. Alat/Bahan
·
Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014.
Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:
KementerianPendidikandanKebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu
a.
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan
mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa
kehadiran peserta didik.
2)
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau
telah dikenal sebelumnya.
3)
Guru melakukan brainstorming mengenai materi
4)
Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
dan penilaian yang akan dilakukan.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1)
Mengamati (10 menit)
a) Siswa diminta membaca dan memperhatikan bahwa dalam kartu
undangan terbagi menjadi 4 bagian
- ungkapan
yang menunjukkan makna mengundang untuk suatu acara
- nama (event)
- hari/
tanggal/ waktu dan tempat penyelenggaraan
- nama
orang yang mengundang dan yang diundang/ closing
(Buku siswa hal. 52-54)
b) Siswa membaca
dan sekaligus mengidentifikasi hal-hal dari bacaan yang ada
a.
Invitation statement
b.
Informasi pelaksanaan
c.
Nama orang yang mengundang dan
yang diundang
c) Siswa diminta mengungkapkan bagian-bagian yang ada di
struktur kartu undangan
“Time’s
up! OK Students, now it’s time for you to share about the result of your
identification”
d) Siswa men ‘share’ kan hasil pengamatannya :
-
Ok mam! Statements is ...
-
Ok mam ! The closing
-
Statement is ...
-
The time is at
-
The place is in
-
The day is at
2)
Menanya (10 menit)
a) Siswa diberi pendampingan dan di beri motivasi
untuk saling bertanya jawab dengan menggunakan Wh-questions
b) Siswa ditunjukkan kartu-kartu undangan yang harus
dijadikan sumber untuk bertanya jawab
c) Siswa membuat
pertanyaaan-pertanyaan berdasarkan kartu undangan yang telah ditunjukkan (buku siswa hal 52-54)
d) Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh teman-teman
yang lain
3)
Mengumpulkan Data atau Informasi (10 menit)
a) Siswa secara spontan membuat invitation statement
berdasarkan gambar yang ditunjukkan
b) Siswa secara individu berlomba
untuk mengekpresikan invitation statement berdasarkan gambar yang ditunjukkan.
c) Siswa menuliskan hasil
pengamatan yang ditemukan di kartu-kartu yang ditunjukkan oleh guru tentang :
- Invitation
statement
- Information
pelaksanaannya (waktu dan tempat)
- Additional information
- Closing nya/ nama pengirim dan
penerima).
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi (20 menit)
a) Siswa
bekerjasama membuat rancangan surat undangan untuk sebuah acara. (Hal 55)
b) Siswa melakukan
analisis terhadap undangan yang dibuat secara berkelompok
c) Siswa bisa mengungkapkan makna undangan,
struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
d) Siswa diberi feed back atas hasil kerja nya
untuk memperbaiki hasil kerja kelompoknya.
5)
Mengomunikasikan
(10 menit)
a) Setiap kelompok menempel
undangan di papan tulis atau papan tempel yang lain.
b) Siswa
mengungkapkan pengalaman yang mereka peroleh selama pembelajaran dengan mengisi
‘My Journal’ pada buku catatan.
c) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat kesimpulan materi yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru meminta siswa secara individu
untuk membuat surat undangan pada selembar kertas dan dihias dengan baik .
4) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik
untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk
mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa
Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru melalukan brainstorming mengenai materi
4) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan penilaian yang akan dilakukan.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati (10 menit)
a) Siswa
diminta membaca dan memperhatikan contoh
Greeting card yang ada dalam buku ‘When English Rings a Bell’.
b) Siswa membaca
dan sekaligus mengidentifikasi makna dari bacaan yang ada
a.
Congratulating statement
b.
Peristiwa penting yang terdapat
dalam Greeting Card.
c.
Orang yang memberi ucapan
selamat dan orang yang diberi ucapan selamat.
(Buku Siswa halaman 56)
c) Siswa diminta mengungkapkan makna dari kartu ucapan selamat yang ada.
“Time’s
up! OK Students, now it’s time for you to share about the result of your
identification”
d) Siswa men ‘share’ kan hasil pengamatannya :
-
Ok mam! The Congratulating Statements is ...
-
The event is …
-
The sender is …
e) Siswa diminta membacakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam
Greeting card; “Congratulations for …”, “Happy Bithday”, “May…”
f) Siswa menirukan apa yang diucapakan guru tentang ungkapan-ungkapan dalam
Greeting card
2) Menanya (10 menit)
a) Siswa diberi pendampingan dan di beri
motivasi untuk saling bertanya jawab dengan menggunakan Wh-questions
b) Siswa ditunjukkan kartu-kartu ucapan
selamat yang harus dijadikan sumber untuk bertanya jawab (halaman 57)
c)
Siswa membuat
pertanyaaan-pertanyaan berdasarkan kartu ucapan selamat yang telah ditunjukkan
d) Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang disampaikan oleh teman-teman yang lain
3)
Mengumpulkan Data atau Informasi (10 menit)
a) Siswa secara spontan membuat congratulating statement
berdasarkan gambar yang ditunjukkan
(halaman 58).
b) Siswa berlomba untuk
mengekpresikan congratulating statement berdasarkan gambar yang ditunjukkan.
c) Siswa menuliskan hasil
pengamatan yang ditemukan di kartu-kartu yang ditunjukkan oleh guru tentang :
- Congratulating statement
- Peristiwa penting yang terdapat dalam
Greeting Card.
- Orang yang memberi ucapan
selamat dan orang yang diberi ucapan selamat.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi (20 menit)
a) Siswa
bekerjasama membuat Greeting Card atas
suatu keberhasilan yang diraih seseorang
b) Guru meminta siswa
melakukan analisis terhadap Greeting Card
yang dibuat secara berkelompok
c) Siswa bisa mengungkapkan makna Greeting
Card, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
d) Siswa diberi feed back atas hasil kerja nya
untuk memperbaiki hasil kerja kelompoknya.
5)
Mengomunikasikan
(10 menit)
a) Setiap kelompok menempel
Greeting Card di papan tulis atau
papan tempel yang lain.
b) Siswa
mengungkapkan pengalaman yang mereka peroleh selama pembelajaran dengan mengisi
‘My Journal’ pada buku catatan.
c) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat kesimpulan materi yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru meminta siswa secara individu
untuk membuat Greeting Card pada selembar kertas dan dihias dengan baik .
4) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
H. Penilaian
Kriteria Penilaian
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial dari invitation letter dan greeting card
-
Tingkat ketercapaian dari keruntutan tes
Cara Penilaian
Kinerja
Ketepatan dan kesesuaian penggunaan
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat undangan pribadi
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana
berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar membuat kartu/ surat
undangan
Rubrik Penilaian
Aspek Sikap
No
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Score
|
1
|
Kerja Sama
|
5 Selalu kerja sama
4 Sering
3 Kadang-kadang
2 Jarang
1 Tidak Pernah
|
|
2
|
Tanggung Jawab
|
5 Selalu mengerjakan tugas dengan tanggung jawab
4 Sering
3 Kadang-kadang
2 Jarang
1 Tidak Pernah
|
|
Aspek Pengetahuan
No
|
Butir Penguasaan
|
Deskripsi
|
Score
|
1
|
Pemenuhan unsur teks structure untuk undangan
|
5 → jika 5 unsur terpenuhi
4 → jika 4 unsur terpenuhi
3 → jika 3 unsur terpenuhi
2 → jika 2 unsur terpenuhi
1 → jika 1 unsur terpenuhi
|
|
2
|
Ketetapan
dan Kesesuaian Penggunaan unsur kebahasaan
|
5 → jika sangat tepat dan sesuai
4 → jika tepat dan sesuai
3 → jika cukup tepat dan sesuai
2 → jika kurang tepat dan sesuai
1 → jika
tidak tepat dan sesuai
|
|
Surakarta, __ _____________ 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________
_________________________
NIP.
... NIP.
...
Ungkapan-ungkapan dalam Greeting Card :
-
Congratulations…
-
Happy Bitrhday
-
May …
Tidak ada komentar:
Posting Komentar