DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : SMP Negeri Surakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/Genap
Tahun Pelajaran : 2014 -2015
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
7.1. Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done )
dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta
meminta dan memberi fakta
|
67
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
1.Meminta &
memberi jasa
2. Meminta &
memberi barang
3.Meminta &
memberi fakta
|
4 X 40
menit
|
|
|
7.2
Merespon makna dalam percakapan transaksional
( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal |
67
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
1. Meminta dan
memberi
pendapat
2.Menyatakan
suka dan tidak suka
3.Meminta klarifikasi
4. Merespon secara interpersonal
|
4 X 40
menit
|
|
Mendengarkan
8. Memahmi makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
8.1.Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
67
|
1.Merespon makna
dalam teks fung-
sional pendek :
- Instruksi
- Daftar barang
belanjaan
- Ucapan
selamat
- Pngumuman
2. Menentukan
Fungsi komuni-
katif teks yang
didengar.
3. Menentu kan ciri
kebahasaan dari
masing-masing
teks fungsional
yang didengar
|
4 X 40
menit
|
|
|
8.2 Merespon makna yang
terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
descriptive dan procedure
|
67
|
· Merespon
informasi dalam teks lisan monolog
berbentuk :
- Diskriptif
- Procedur
· Menentukan
ciri kebahasaan teks yang didengar.
· Menentukan
fungsi komunikatif teks yang didengar.
|
4 X 40
menit
|
|
Berbicara
9. mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional ( to get things done )
dan interpersonal
( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi
fakta
|
67
|
* Bertanya dan menjawab berbagai informasi :
1.Meminta dan
memberi jasa
2.Meminta dan
memberi barang
3.Meminta dan
memberi fakta
|
4 X 40
menit
|
|
|
9.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan tran-saksional & interpersonal sangat sederhana dengan menggunakan ragam bhasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima
untuk ber-interaksi dgn lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat,
menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara
interpersonal
|
67
|
Bertanya dan menjawab berbagai
Informasi :
1. Meminta &
memberi pendapat
2. Menyatakan suka dan tidak suka
3. Meminta klarifikasi
4. Merespon secara
interpersonal
|
4 X 40
menit
|
|
Berbicara
10.Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan
procedure untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
10.1. Mengungkapkan makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
67
|
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk :
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
§ Memberi
instruksi secara lisan.
§ Menyebutkan
dftar barang tertentu.
§ Mengumumkan
sesuatu
§ Mengucapkan
selamat
|
4 X 40
menit
|
|
|
10.2 Mengungkapkan makna
dalam monolog pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
67
|
1. Mengungkapkan
berbagai informasi dalam teks
monolog berbentuk
-Descriptive
-Procedure
2.Menyebutkan fugsi komunikatif teks
yang didengar.
3.Menyebutkan ciri
kebahasaan teks
yang didengar.
4.Melakukan monolog
dalam
bentuk
deskriptif / prosedur
|
4 X 40
menit
|
|
Membaca
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
|
111.Merespon makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
67
|
1.mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks
fungsional pendek
berupa:
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan
selamat
- Pengumuman
2.Merespon berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
3.Membaca nyaring teks fungsional / pendek.
|
4 X 40
menit
|
|
|
11.2 Merespon makna dan
langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat
sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure
|
67
|
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks
descriptive dan
procedure
2. Mengidentifikasi
fungsi komunikatif
teks deskriptif /
procedure.
3. Mengidentifikasi
langkah retorika
teks deskriptif
/prosedur
4 menyebutkan ciri kebahasaan teks
descriptive / procedure.
|
4 X 40
menit
|
|
|
11.3 membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima
|
67
|
· Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
· Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
· Membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan baik dan benar.
|
2 X 40
menit
|
|
Menulis
12.Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsi-onal dan esai pendek sangat sederhana ber-bentuk descrip-tive dan
procedure untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
12.1Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
67
|
· Menulis
teks
fungsional
pendek
berbentuk :
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan
Selamat
· Menulis
kalimat sederhana
|
4 X 40
menit
|
|
|
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam
esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive/
procedure
|
67
|
1. Melengkapi
teks - descriptive
- procedure
2. Menyusun
teks
3. Menulis
teks berbentuk
- Descriptive/ procedure |
6 X 40
menit
|
|
Ulangan-ulangan dan remidi
|
8
X 40’
|
||||
Review
|
4
X 40’
|
||||
Cadangan
|
4
X 40’
|
||||
Jumlah
|
68
x 40’
|
Surakarta, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar