RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KD 3.1.)
Sekolah :
SMP ...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Ungkapan Sapaan dan
Pamitan
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun
dan
peduli
dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 Menyapa guru
dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitan
pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau
menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan
sapaan dan pamitan dan responsnya.
2.1.4 Menjawab
sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5 Menjawab
ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
|
3.1. Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terma kasih,
dan permintaan maaf, serta responsnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan sapaan dan responsnya.
3.1.2
Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan pamitan dan responsnya.
3.1.3
Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan sapaan dan
responsnya.
3.1.4
Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan pamitan
dan responsnya.
3.1.5 Mengidentifikasi
unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan dan responsnya.
3.1.6
Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan pamitan dan responsnya.
|
|
4.1. Menyusun teks lisan
seder hana untuk pengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terima
kasih, dan permintaan maaf dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.1.1 Melengkapi
teks percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan.
4.1.2 Melengkapi
teks percakapan yang melibatkan ungkapan pamitan.
4.1.3 Melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan.
4.1.4 Melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan pamitan
|
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 menyapa guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.2.1 berpamitan pada guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.3.1 menjawab pertanyaan atau
menjelaskan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan sapaan dan
pamitan dan responsnya;
2.1.4.1 menjawab sapaan guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.5.1 menjawab ungkapan pamitaan guru
dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
3.1.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan sapaan dan responsnya;
3.1.2.1 mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan pamitan dan responsnya;
3.1.3.1 mengidentifikasi struktur teks
percakapan yang menggunakan ungkapan sapaan dan responsnya;
3.1.4.1 mengidentifikasi struktur teks
percakapan yang menggunakanungkapan pamitan dan responsnya;
3.1.5.1 melafalkan ungkapan sapaan dan
responsnya dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
3.1.5.2 menentukan makna
kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan sapaan dan responsnya dengan
tepat;
3.1.6.1 melafalkan ungkapan pamitan dan
responsnya dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
3.1.6.2 menentukan makna
kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan pamitan dan responsnya dengan
tepat;
4.1.1.1 melengkapi teks interpersonal
rumpang yang melibatkan ungkapan sapaan dan responsnya dengan
kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.2.1 melengkapi teks interpersonal
rumpang yang melibatkan ungkapan pamitan dan responsnya dengan
kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.3.1 menyusun ungkapan sapaan lisan
dan responsnya dengan tepat berdasarkan kata kunci pada flascard yang disediakan;
4.1.3.2 melakukan percakapan sederhana
yang melibatkan ungkapan sapaan dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.4.1 menyusun ungkapan pamitan lisan
dan responsnya dengan tepat berdasarkan kata kunci pada flascard yang disediakan;
4.1.4.2 melakukan percakapan sederhana
yang melibatkan ungkapan pamitan sesuai dengan konteksnya;
D. Materi Pembelajaran
1. Fungsi
Sosial dari ungkapan:
a.
sapaan
b.
pamitan
2. Struktur
Teks dari percakaan yang menggunakan ungkapan sapaan dan pamitan, yaitu:
a. opening
b. content/sustaining
c. closing
3. Unsur
Kebahasaan dari ungkapan sapaan dan pamitan, yaitu:
a. ungkapan sapaan dan responsnya (Hello, Hi, Good morning?, Good afternoon?, dsb.)
b. ungkapan pamitan dan responsnya (Goodbye, Bye,See you, dsb.)
c. bentuk pendek (I’m,You’re, What’s, dsb.)
d. makna kata berkaitan
dengan tema berupa kata/frasa/kalimat yang berkaitan dengan ungkapan sapaan dan
pamitan (morning,afternoon, evening, very well, not
too bad,I’m not feeling well, dsb)
e. ucapan/pelafalan,
tekanan kata, dan intonasi dari kosa kata (berupa kata/frasa/kalimat) berkaitan
dengan tema.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.
Notasi dan lirik lagu “Good
Morning”.(Tersedia di Buku “When English Rings a Bell” halaman 3)
b.
Video percakapan pendek
sedehana yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan beserta responsnya. (Tersedia
di www.dreamenglish.com dan/atau www.englishwithjenifer.com)
c.
Flashcard terbuat
dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi kata kunci.
d.
Kartu situasi terbuat dari
BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi situasi yang harus diperankan
oleh peserta didik.
2.
Alat/Bahan
·
Komputer & LCD
3.
SumberBelajar
·
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014.
Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:
KementerianPendidikandanKebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan
mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa
kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak
peserta didik menyanyikan lagu “Good
Morning”
untuk membangkitkan motivasi belajar
Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan
pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal
sebelumnya.
4) Guru menyampaikan
tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan
cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video
percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan ungkapan sapaan dan
berpamitan.
b) Peserta didik menuliskan hal-ikhwal
yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang
disaksikannya.
2) Menanya
a) Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan
pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur
kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b) Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan
tentang bagaimana menyapa dan merespon sapaan.
c) Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan
pertanyaan tentang bagaimana berpamitan dan merespon pamitan.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang isi teks dari lima percakapan yang disaksikan.
b) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari lima percakapan yang disaksikan.
c) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang struktur teks dari lima percakapan yang disaksikan.
d) Secara berpasangan peserta didik menemukan
ungkapaan sapaan dan responsnya yang terdapat dalam lima percakapan yang
disaksikan.
e) Secara berpasangan peserta didik menemukan
ungkapan pamitan dan responsnya yang terdapat
dalam lima percakapan yang disaksikan.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari
tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data yang dimiliki saat bekerja
berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka
rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru
bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan
jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik
dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
dari guru.
c. Penutup
(10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik
untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah
mereka lakukan.
3) Guru memberikan tugas kepada peserta didik
untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja peserta
didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak
peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta
didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta
didik.
2) Guru menayangkan gambar-gambar ilmuwan
internasional dan bertanya tentang karya mereka untuk memotivasi belajar
peserta didik.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang
dipelajari sebelumnya.
4) Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1)
Mencipta
a) Secara berpasangan peserta didik melengkapi 2
dialog rumpang yang melibatkan ungkapanungkapan memberi salam dan responsnya
lalu memperagakannya.
b) Secara berpasangan peserta didik melengkapi 2
dialog rumpang yang melibatkan ungkapanungkapanpamitan dan responsnya lalu
memperagakannya.
c) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard.
d) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard.
e) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan berdasarkan kartu situasi yang disediakan.
f) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan berdasarkan kartu situasi yang disediakan.
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a.
TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Bersyukur
|
Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris.
|
1
|
Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris
|
1
|
||
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
1A dan
Lampiran
1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
2. Kompetensi Sikap
Sosial
a. TeknikPenilaian
: Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Instrumen
|
1.
|
Santun
|
Menyapa guru dan
teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
1
|
Berpamitan pada
guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
2.
|
Peduli
|
Menjawab atau menjelaskan
pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan
pamitan dan responsnya
|
1
|
Menjawab sapaan
guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
Menjawab ungkapan
pamitan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
Jumlah
|
5
|
d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan
Skor: lihat Lampiran
3.
3. Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :TesTertulis
b. j.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c. k.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Soal
|
Nomor
Butir
Soal
|
1
|
Disajikan
pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan
ungkapan sapaan dan pamitan dengan benar.
|
4
|
I.1-4
|
2
|
Disajikan ungkapan
sapaan dan pamitan beserta responnya secara acak, peserta didik dapat
menjodohkan ungkapan dan respon dengan benar.
|
6
|
II.1-6
|
3
|
Disajikan
gambar 2 orang atau lebih saling bertemu dengan ilustrasi waktu yang jelas,
peserta didik dapat menentukan ungkapan sapaan yang tepat.
|
6
|
III.1-6
|
JUMLAH
|
16
|
d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.
4. Keterampilan
a. TeknikPenilaian
:Tes Tertulis dan Praktik
b. Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan), Kartu
situasi
c. Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan
Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Soal
|
1
|
Diperdengarkan teks percakapan yang
melibatkan ungkap an sapaan dan pamitan, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentangkonteks situasi dari teks tersebut.
|
3
|
1-3
|
2
|
Diperdengarkan teks percakapan yang
melibatkan ungkap an sapaan dan pamitan, peserta didikdapatmenjawab
pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks
tersebutdenganbenar.
|
2
|
4-5
|
3
|
Diperdengarkan teks
percakapan yg melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan, peserta didik dapat mejawab
pertanya an tentang ungkapan sapaan dan pamitan dengan benar.
|
3
|
6-8
|
JUMLAH
|
8
|
2) Tes Praktik
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
Disajikan 2 kartu situasi
yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta
didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan, pamitan dan responsnya dengan lancar,
runtut dan berterima secara berpasangan.
|
2
|
e. Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.
Surakarta, __ Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________
_________________________
NIP. ... NIP.
...
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
01)
Sekolah :
SMP N….
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Ungkapan Terimakasih
dan Permintaan Maaf
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun
dan
peduli
dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 Menyapa guru
dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2
Berterimakasih pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau
menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan
terimakasih dan permintaan maaf dan responsnya.
2.1.4 Menjawab
ucapan terimakasih guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5 Menjawab
ungkapan permintaan maaf guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
|
3.1. Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terma kasih,
dan permintaan maaf, serta responsnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan terimakasih dan responsnya.
3.1.2
Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan permintaan maaf dan responsnya.
3.1.3
Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan
terimakasih dan responsnya.
3.1.4
Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan
permintaan maaf dan responsnya.
3.1.5 Mengidentifikasi
unsur kebahasaan pada ungkapan terimakasih dan responsnya.
3.1.6
Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan permintaan maaf dan
responsnya.
|
|
4.1. Menyusun teks lisan
seder hana untuk pengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terima
kasih, dan permintaan maaf dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.1.1 Melengkapi
teks percakapan yang melibatkan ungkapan terima kasih.
4.1.2 Melengkapi
teks percakapan yang melibatkan ungkapan permintaan maaf.
4.1.3 Melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan terimakasih.
4.1.4 Melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan pemintaan maaf.
|
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 Mengucapkan rasa terimakasih
kepada guru dan teman dengan menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.2.1 Meminta maaf pada guru dan
teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.3.1 menjawab pertanyaan atau
menjelaskan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan terimakasih
dan permintaan maaf dan responsnya;
2.1.4.1 menjawab ucapan terimakasih
dari guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.5.1 menjawab ungkapan permintaan
maaf dari guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
3.1.1.1 mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan terimakasih dan responsnya;
3.1.2.1 mengidentifikasi fungsi sosial
ungkapan permintaan maaf dan responsnya;
3.1.3.1 mengidentifikasi struktur teks
percakapan yang menggunakan ungkapan terimakasih dan responsnya;
3.1.4.1 mengidentifikasi struktur teks
percakapan yang menggunakan ungkapan permintaan maaf dan responsnya;
3.1.5.1 melafalkan ungkapan terimakasih
dan responsnya dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
3.1.5.2 menentukan makna
kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan terimakasih dan responsnya dengan
tepat;
3.1.6.1 melafalkan ungkapan permintaan
maaf dan responsnya dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
3.1.6.2 menentukan makna
kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan permintaan maaf dan responsnya dengan
tepat;
4.1.1.1 melengkapi teks interpersonal
rumpang yang melibatkan ungkapan terimakasih dan responsnya dengan
kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.2.1 melengkapi teks interpersonal
rumpang yang melibatkan ungkapan permintaan maaf dan responsnya dengan
kata/frasa/kalimat berdasarkan teks yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.3.1 menyusun ungkapan terimakasih
secara lisan dan responsnya dengan tepat berdasarkan kata kunci pada flascard yang disediakan;
4.1.3.2 melakukan percakapan sederhana
yang melibatkan ungkapan terimakasih dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.4.1 menyusun ungkapan permintaan
maaf secara lisan dan responsnya dengan tepat berdasarkan kata kunci pada flascard yang disediakan;
4.1.4.2 melakukan percakapan sederhana yang
melibatkan ungkapan permintaan maaf sesuai dengan konteksnya;
D. Materi Pembelajaran
1. Fungsi
Sosial dari ungkapan:
a.
Ungkapan terimakasih
b.
Ungkapan permintaan maaf
2. Struktur
Teks dari percakaan yang menggunakan ungkapan terimakasih dan permintaan maaf,
yaitu:
a. opening
b. content/sustaining
c. closing
3. Unsur
Kebahasaan dari ungkapan sapaan dan pamitan, yaitu:
a. ungkapan terimakasih dan responsnya (Thank
you,Thanks,I’m very grateful for your help,
you’re welcome, don’t mention it, never mind,dsb.)
b. ungkapan permintaan maaf dan responsnya
(I’m sorry, Pardon, Apologize me, That’s ok,
Never mind dsb.)
c. bentuk pendek (I’m,You’re, That’s, It’s dsb.)
d. makna kata berkaitan
dengan tema berupa kata/frasa/kalimat yang berkaitan dengan ungkapan terimkasih
dan permintaan maaf (thank you, thanks, I’m sorry, apologize me, dsb)
e. ucapan/pelafalan,
tekanan kata, dan intonasi dari kosa kata (berupa kata/frasa/kalimat) berkaitan
dengan tema.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.
Video flashcard tentang ungkapan-
ungkapan berterimakasih dan permintaan maaf beserta responsnya. (Tersedia di http://youtube.com/watch?v=curq04VNYdI)
b.
Flashcard terbuat
dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi gambar - gambar.
2.
Alat/Bahan
·
Komputer & LCD
3.
SumberBelajar
·
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014.
Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:
KementerianPendidikandanKebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan
mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa
kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan
pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal
sebelumnya.
3) Guru menyampaikan
tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan
cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video
flash cards yang melibatkan ungkapan terimakasih dan permintaan maaf.
b) Peserta didik menuliskan hal-hal
yang belum diketahui berkaitan dengan flash card yang disaksikannya.
c) Peserta
didik mengamati ekspresi-ekspresi yang terdapat di buku paket halaman 15 dan
19.
d) Peserta
didik menirukan ekspresi – ekspresi yang terdapat di halaman 15 dan 19 yang
dicontohkan oleh Guru.
2) Menanya
a) Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan
pertanyaan terkait dengan fungsi sosial,
dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam flash card yang telah
disaksikan dan ekspresi-ekspresi yang ada di buku paket halaman 15 dan 19.
b) Dengan bimbingan guru merumuskan pernyataan
tentang bagaimana mengucapkan terimakasih dan responnya.
c) Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan
pertanyaan tentang bagaimana meminta maaf dan meresponnya.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang isi teks dari buku paket hal 16 dan 20.
b) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pernyataan tentang fungsi sosial dari setiap nomer yang ada di halaman 16 dan
20 .
c) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang struktur teks yang ada pada halaman 16 dan 20
d) Secara berpasangan peserta didik menemukan
ungkapaan terimakasih dan responsnya yang terdapat dalam hal 15 dan 16
e) Secara berpasangan peserta didik menemukan
ungkapan permintaan maaf dan responsnya
yang terdapat dalam halaman 19 dan 20
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari 6
kelompok (4 peserta didik), dengan data yang dimiliki saat bekerja berkelompok,
peserta didik menjawab pernyataan permintaan maaf dan terimakasih yang telah
mereka rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru
bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan
pernyataan-pernyataan permintaan maaf dan terimakasih melalui kelompok-kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik
dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
dari guru.
c. Penutup
(10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru memberikan tugas kepada peserta didik
untuk mempraktikkan ungkapan terimakasih dan permintaan maaf kepada siapa saja
peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak
peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta
didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta
didik.
2) Guru menayangkan gambar-gambar ilmuwan
internasional dan bertanya tentang karya mereka untuk memotivasi belajar
peserta didik.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang
dipelajari sebelumnya.
4) Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1)
Mencipta
a) Secara berpasangan peserta didik melengkapi 2
dialog rumpang yang melibatkan ungkapanungkapan terimakasih dan responsnya lalu
memperagakannya.
b) Secara berpasangan peserta didik melengkapi 2
dialog rumpang yang melibatkan ungkapanungkapan permintaan maaf dan responsnya
lalu memperagakannya.
c) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard.
d) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard.
e) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2 percakapan
berdasarkan kartu situasi yang disediakan.
f) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan berdasarkan kartu situasi yang disediakan.
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a.
TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Bersyukur
|
Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris.
|
1
|
Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris
|
1
|
||
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
1A dan
Lampiran
1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
2. Kompetensi Sikap
Sosial
a. TeknikPenilaian
: Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Instrumen
|
1.
|
Santun
|
Berterimakasih pada
guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
1
|
Meminta maaf pada
guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
2.
|
Peduli
|
Menjawab atau
menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan
terimakasih dan permintaan maaf dan responsnya
|
1
|
Menjawab ungkapan
terimakasih guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
Menjawab ungkapan
maaf guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
Jumlah
|
5
|
d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan
Skor: lihat Lampiran
3.
3. Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :TesTertulis
b. Bentuk
Instrumen : Melengkapi.
c. Kisi-kisi
:
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Soal
|
Nomor
Butir
Soal
|
2
|
Disajikan dialog
rumpang tentang ungkapan terimakasih dan permintaan maaf, peserta didik dapat
melengkapi dialog rumpang dengan pilihan kata yang benar.
|
8
|
1-8
|
JUMLAH
|
8
|
- Instrumen:
|
Dika : Intan 1) . . . . I
find difficulty to do it.
Intan : Alright. This is the way how to do it.
Dika : Many thanks, Intan.
Intan : 2) . . .
Ade : 3) . . . , Ris? I forget to bring it.
Aris : Here you are.
Ade : 4) . . .
Aris : It’s alright.
Student : 5) . . .
Teacher : What happened to you?
Student : 6) . . .
Teacher : It’s okay. Next time you must be careful
Student : 7) . . .
Mrs. Rosa : Mira, could you clean the board,
please?
Mira : Sure, ma’am.
Mrs. Rosa : 8) . . .
Mira : You’re welcome, Ma’am.
e.
Petunjuk Penentuan Skor:
Penentuan Skor = skor
perolehan : 2
4. Keterampilan
a. TeknikPenilaian
:Tes Tertulis dan Praktik
b. Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan), Kartu
bergambar
c. Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan
Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Soal
|
1
|
Diperdengarkan teks percakapan yang
melibatkan ungkap an terimakasih dan permintaan maaf, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentangkonteks situasi dari teks tersebut.
|
2
|
1-2
|
2
|
Diperdengarkan teks percakapan yang
melibatkan ungkap an terimakasih dan permintaan maaf, peserta
didikdapatmenjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan)
pada teks tersebutdenganbenar.
|
4
|
3,4,6,7
|
3
|
Diperdengarkan teks
percakapan yg melibatkan ungkapan terimakasih dan permintaan maaf, peserta
didik dapat mejawab pertanyaan tentang ungkapan terimakasih dan permintaan
maaf dengan benar.
|
2
|
5&8
|
JUMLAH
|
8
|
2) Tes Praktik
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
Disajikan 2 kartu situasi
yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta
didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan, pamitan dan responsnya dengan lancar,
runtut dan berterima secara berpasangan.
|
2
|
- Instrumen:
Listen and then answer the questions below based on the
dialogue.
1.
The dialoguge
takes place . . . .
a.
at home c. in the library
b.
in the class d.
in the laboratory
2.
The people in the dialogue are .
. . .
a.
Doni c. Miss
Jones
b.
The girls d. Miss Jones
and Doni
3.
Miss Jones ask
Doni to . . .
a.
Put the painting
on the wall c. bother his friends
b.
Sweep the class d. say thank you
4.
. . . puts the
painting on the wall.
a.
Miss Jones and
Doni c. The girls
b.
Miss Jones d. Doni
5.
The expression
to say gratitude is . . .
a.
So sorry to
bother you c. Thanks
b.
That’s quite
alright d. Ok
6.
. . . is cooking
for dinner.
a.
Mother and Nina c. Brother
b.
Mother d. Nina
7.
Can Nina help
her mother to prepare the desert?
a.
Yes, she can c. No, she can’t
b.
Yes, she does d. No, she doesn’t
8.
What does Nina say to show her
apology?
a.
I have to finish my homework c.
Don’t mention it, Mom
b.
I’m happy if I can help d. I’m sorry, Mom
Transkrip
Dialogue 1
All the students of class 7D are cleaning their classroom
with their class teacher.
Miss Jones :
Can you help me put this painting on the wall, Doni?
Doni :
Sure, why not?
Miss Jones :
Can you tell the girls to sweep the class,too?
Doni :
Ok, Miss.
Miss Jones :Thanks.
So sory to bother you.
Doni :
That’s quite alright, Miss Jones
Dialogue 2
Mother : Can you help me to cook
our dinner, please?
Nina : I’m sorry, mom. I have
to finish my homework, but I can help
you to prepare our desert.
Mother : Can I show my appreciation
by buying you an ice cream?
Nina : Don’t mention it, mom.
I am happy if I can help you.
f. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.
Surakarta, __ Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________
_________________________
NIP. ... NIP.
...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar