RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP Surakarta
MATA
PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER : VIII/2
MATERI
POKOK : Teks
lisan dan tulis tentang Narrative Text (Fable)
ALOKASI
WAKTU : 4
x 2 JP
A.
KOMPETENSI INTI
1. (KI.1 ). Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. (KI.2
) Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. (KI.3
). Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. (KI.4 ) Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
·
KOMPETENSI DASAR:
- 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
·
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
·
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
- 2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
- 3.14 Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks naratif
berbentuk fabel, sesuai dengan konteks penggunaannya.
INDIKATOR:
·
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks naratif berbentuk fable.
·
Memahami makna dalam teks naratif berbentuk fable baik
secara individu maupun diskusi dalam kelompok
·
Menemukan tokoh utama dan karakternya dalam teks naratif
berbentuk fable beserta pesan moral terkait.
·
Menjelaskan generic structures dan fungsi teks naratif
berbentuk fable
- Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis, berbentuk fabel pendek
dan sederhana.
INDIKATOR
·
Membaca teks naratif berbentuk secara baik dalam hal
intonasi, pengucapan dan ekspresi.
·
Menyusun cerita teks naratif dalam bentuk fable sesuai
dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.
·
Menulis text narrative dengan penggunaan huruf besar dan
tanda baca yang benar
·
Menjawab pertayaan berdasarkan teks naratif dengan
struktur kebahasaan yang benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa terampil memahami,
menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, untuk melaksanakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan guru
dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya
diri, bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi
sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai
luhur melalui cerita dengan tokoh binatang.
Struktur
teks
1. Memperkenalkan tokoh, tempat,
waktu terjadinya cerita (orientasi)
2. Memberikan penilaian(evaluasi)
tentang situasi dan kondisi terjadinya cerita
3. Memaparkan krisis yang terjadi
terhadap tokoh utama (komplikasi)
4. Memaparkan akhir cerita, di mana
krisis berakhir(resolusi) dengan bahagia atau sedih
5. Memberikan alasan atau komentar
umum (reorientasi)
Unsur
kebahasaan
(1)
Simple Past tense, Simple Past Continouos Tense
(2)
Kosa kata: nama binatang, tempat, waktu dan situasi yang
terkait dengan tokoh
(3)
Adverb of time: first, next, then, after that, before,
finally, etc
(4)
Prepositional phrase: a long time ago, one day, in the
morning, the next day, last
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(6)
Ejaan dan tanda baca
(7)
Tulisan tangan.
Topik
Narative text (Fable)
The Ant and the Dove
One hot day, an ant was searching
for some water. After walking around for some time, she came to a spring.
To reach the spring, she had to
cimb up a blade of grass. While making her way up, she slipped into the water.
The
ant was in big trouble because she could not swim. Luckily, there was a
dove nearby. Seeing that the ant was in trouble, the dove quickly plucked a
leaf and dropped it into the water near the struggling ant. The ant moved
towards the leaf and climbed up there. Soon, it carried her safety to a dry
ground.
Just as that
time , a hunter nearby was
throwing out his net towards the dove,
hoping to trap it. The ant knew what he was about to do. She quickly bit
him on the heel. Feeling the pain, the hunter dropped his net. The dove quickly
flew away to save her life.
E. METODE PEMBELAJARAN:
Scientific
Approach dengan
methode Discovery Learning
F. MEDIA PEMBELAJARAN:
LCD/slide, gambar-gambar binatang (Ant and Dove)
G. SUMBER BELAJAR
·
Buku Wajib Siswa SMP Kelas VIII
·
Passport to the
World “ A fun and Easy English book”
·
Practice your English Competence
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pembuka:
a. memberi salam
b. berdoa bersama
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan I (1 x 2 JP)
Peserta Didik
|
Guru
|
Kegiatan
Mengamati
|
|
· Peserta
didik memilih satu kata dari daftar
kosa kata yang ditayangkan guru
· Peserta didik mendengarkan
instruksi guru untuk tugas yang akan diberikan
· Peserta didik berdiri
sambil mendengarkan cerita Ant and Dove, lalu duduk pada saat guru
menyebutkan kata yang mereka pilih
· Peserta didik melihat
kembali daftar kosa kata
· Peserta didik menyebutkan
arti kata yang ditayangkan apabila mereka tahu
|
·
Guru menayangkan daftar kosa kata
yang diambil dari text listening dan meminta peserta didik untuk memilih satu
kata
·
Guru membagi kelas menjadi dua
kelompok dan menjelaskan aturan permainan untuk dilakukan peserta didik.
(permainan: stand up, sit down; peserta didik duduk ketika guru menyebutkan
kata yang dipilih peserta didik. Kelompok yang semua duduk lebih dulu lah
yang menjadi pemenang)
·
Guru membacakan cerita Ant and Dove
·
Guru menayangkan kembali daftar kosa kata untuk
memastikan apakah peserta didik sudah memahami arti kata-kata tersebut.
|
Kegiatan Bertanya
|
|
· Peserta
didik menanyakan arti beberapa kata yang masih dirasa sulit.
· Peserta didik melihat
daftar pertanyaan
· Peserta didik bertanya
tentang arti pertanyaan
|
·
Guru menjelaskan apa yang ditanyakan
oleh peserta didik
sehubungan dengan kosa kata yang ditayangkan
·
Guru meminta peserta didik untuk
melihat daftar pertanyaan tentang text yang baru saja dibacakan guru
·
Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya maksud dari pertanyaan.
|
Kegiatan Mengumpulkan Informasi
|
|
· Peserta didik mendengarkan
cerita sambil mencoba menjawab pertanyaan yang disajikan secara individual
secara tertulis dengan benar
· Peserta
didik mendiskusikan mengenai jawaban pertanyaan yang disajikan
dalam kelompok kecil
· Peserta didik bekerja dalam
kelompok untuk berlomba mengurutkan kembali cerita Ant dan Dove
· Peserta didik mengamati
urutan dan memberi feedback kepada kelompok lain
· Peserta didik menuliskan
kembali text cerita yang sudah urut dengan kapitalisasi dan tanda baca yang
benar.
|
·
Guru membacakan kembali cerita Ant
and Dove
·
Guru membimbing peserta didik
menjawab pertanyaan bacaan
·
Guru membagi siswa dalam dua
kelompok lalu membagikan potongan-potongan cerita
·
Guru membimbing peserta melihat
urutan yang benar
·
Guru meminta siswa untuk menuliskan
kembali text yang sudah urut dengan dengan kapitalisasi dan tanda baca yang
benar.
|
Kegiatan Mengasosiasi
|
|
· Peserta
didik duduk bersama kelompok yang
sudah terbentuk
· Peserta
didik berdiskusi dengan
kelompoknya masing-masing sesuai tugas yang didapatkan lalu, dengan arahan
guru melaksanakan kegiatan jigsaw reading
|
·
Guru membagi peserta didik dalam
kelompok berjumlah kira-kira 5 orang
·
Guru memberikan pendampingan kepada
peserta didik mengenai kegiatan yang dilakukan yaitu identifikasi generic
structure teks narative dengan metode jigsaw reading
|
Kegiatan Mengkomunikasikan
|
|
· Peserta
didik membacakan
hasil diskusi kelompok mereka yang telah tersusun.
|
·
Guru memberikan penilaian
pengetahuan dan sikap
·
Guru memberikan masukan atas jawaban
yang dituliskan oleh peserta didik
|
Pertemuan II (1 x 2 JP)
Peserta Didik
|
Guru
|
Kegiatan
Mengamati
|
|
· Peserta
didik menirukan guru membaca
dengan pengucapan dan intonasi yang benar
|
· Guru membacakan cerita A
Wolf in Sheep Clothing kalimat per kalimat.
|
Kegiatan Bertanya
|
|
· Peserta
didik menanyakan arti beberapa kata yang masih dirasa sulit.
· Peserta didik melihat
daftar pertanyaan
· Peserta didik bertanya
tentang arti pertanyaan
· Peserta didik menjawab
pertanyaan dengan benar
|
·
Guru menjelaskan apa yang ditanyakan
oleh peserta didik
sehubungan dengan kosa kata yang ditayangkan
·
Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya arti kata-kata yang sulit/baru
·
Guru bertanya hal-hal yang
berhubungan dengan pemahaman bacaan
|
Kegiatan Mengumpulkan Informasi
|
|
· Peserta didik menghitung
jumlah paragraf
· Peserta
didik membaca pernyataan didalam
buku paket halaman 212
|
·
Guru meminta peserta didik untuk
menghitung jumlah paragraf dalam text
·
Guru meminta peserta didik
mengidentifikasi kalimat-kalimat dalam cerita yang sesuai dengan pernyataan
pada buku paket halaman 212
|
Kegiatan Mengasosiasi
|
|
· Peserta
didik duduk dalam kelompok
· Peserta
didik mendiskusikan
jawaban-jawaban dari pertanyaan dari buku paket
|
·
Guru membagi peserta didik dalam
kelompok berjumlah 3 orang
·
Guru meminta peserta didik mengerjakan
pertanyaan-pertanyaan yang disajikan di buku paket halaman 213
|
Kegiatan Mengkomunikasikan
|
|
· Peserta
didik mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas
· Peserta
didik yang lain memberikan
feedback
|
·
Guru memberi penilaian terhadap
hasil presentasi peserta didik
·
Guru memberikan masukan atas jawaban
yang dituliskan oleh peserta didik
|
3.
Kegiatan Penutup:
a.
Merangkum cerita Ant and Dove
b.
Merefleksi pembelajaran dengan menulis jurnal siswa
c.
Memberikan tes lisan/tulisan
d.
Memberikan tugas/PR
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Kriteria
Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks narative (fable)
·
Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan
menanyakan tentang tokoh, urutan cerita dan generic structure
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa
kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri
yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah
dan sifat orang, binatang, benda.
Cara
Penilaian:
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa
Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang cerita yang dibacakan.
·
Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja
sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam
melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana tentang pengalaman belajar
narative text (fable), termasuk kemudahan dan kesulitannya
a.
Penilaian
Proses
Lembar
Pengamatan Sikap
Aspek yang Dinilai
|
Catatan
|
Skor
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K = < 60
C = 60 – 69
B = 70- 79
SB = 80 – 100
|
|
Kedisiplinan, kejujuran, kesantunan, kepercayaan diri dan
tanggung jawab
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian:
- Jarang menunjukkan sikap disiplin, jujur,
santun, percaya diri dan tanggung jawab.
- Kadang- kadang menunjukkan sikap disiplin,
jujur, santun, percaya diri dan tanggung jawab.
- Sering menunjukkan sikap disiplin, jujur,
santun, percaya diri dan tanggung jawab.
- Selalu menunjukkan sikap disiplin, jujur,
santun, percaya diri dan tanggung jawab
Untuk
penilaian Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) menggunakan nilai
Kualitatif sebagai berikut:
SB = Sangat Baik = 80 -
100
B = Baik =
70 - 79
C = Cukup =
60 - 69
K = Kurang =
< 60
Rubrik
Penilaian Sikap
Aspek
|
Deskripsi
|
Jujur
Disiplin
Santun
Percaya diri
Tanggung jawab
Kerja sama
|
Menentukan urutan gambar Narrative teks
sendiri/tidak mencontek teman
Mengikuti alur kegiatan sesuai
dengan waktu yang diberikan oleh guru.
Menanggapi simpulan perbedaan yang
disampaikan siswa lain dengan menggunakan pilihan kata yang tidak menyinggung
orang lain
Mencoba menjawab pertanyaan guru dengan
sebaik- baiknya.
Menyelesaikan tugas dan menganalisis
dengan sungguh- sungguh dan tepat waktu.
Dapat berkerjasama dalam kelompok.
|
b.
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Menyusun
teks Narrative sesuai dengan urutan gambar dengan benar.
|
Observasi
(accuracy, fluency, intonation)
|
Teks
|
Activity
2. Aswer the questions based on the text
|
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur
teks dan unsur kebahasaan dalam monolog tentang pengalaman yang menyenangkan.
|
Observasi
(accuracy, fluency, intonation)
|
Performance
|
Tell the
result of your discussion in front of the class.
|
PedomanPenskoran :
Aspek
|
Skor
|
Accuracy, fluency and intonation
|
1-
4
|
Susunan teks tulis sesuai dengan fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan.
|
1-
4
|
a.
Aspek accuracy, fluency
dan intonation
Keterangan:
i.
Kurang lancar dan akurat
dalam pengucapan dan intonasinya
ii.
Cukup lancar dan akurat
dalam pengucapan dan intonasinya
iii.
lancar dan akurat dalam pengucapan dan
intonasinya
iv.
Sangat lancar dan akurat
dalam pengucapan dan intonasinya
b.
Aspek penyusunan teks
tulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman
dan kemampuan menghasilakn teks yang didalamnya termasuk tindakan dan menayakan
tentang teks Narrative.
Nilai akhir = jumlah skor benar
X 4
Skor max
|
Penilaian untuk pengetahuanmenggunakan
penilaian kuantitatif dengan skala 1 – 4 (kelipatan 0,33), dengan 2 (dua)
desimal dan diberi predikat sebagai berikut:
A : 3,67 – 4.00
|
C+ : 2,01 - 2,33
|
A- : 3,34 - 3,66
|
C : 1,67 - 2,00
|
B+ : 3,01 - 3,33
|
C- : 1,34 - 1,66
|
B : 2,67 - 3,00
|
D+ : 1,01 - 1,33
|
B- : 2,34 - 2,66
|
D : ≤ 1,00
|
|
|
Surakarta,
... Januari 2015
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
|
|
Guru Mata
Pelajaran,
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar