Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 8 Bab 2 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan                : SMPkelompok 2
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : VIII/Satu
Materipokok                          : Asking and Stating Ability and Willingness
Alokasi Waktu                       : 2 pertemuan (4JP)


A.         KompetensiInti
1.    Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4.    Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.

B.         Kompetensi DasardanIndikatorPencapaianKompetensi

No
Kompetensidasar
Indikatorpencapaiankompetensi
1
1.1.MensyukurikesempatandapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantarkomunikasiInternasional.
1.1.1 Bersemangatdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Seriusdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaran Bahasa Inggris.
2
2.1 Menunjukkanperilakusantundanpedulidalammelaksanakankomunikasiantarpribadidengan guru danteman.













2.2 Menunjukkanperilakujujur, disiplin, percayadiri, danbertanggungjawabdalammelaksanakankomunikasitransaksionaldengan guru danteman.



2.3 Menunjukkanperilakutanggungjawab, peduli, kerjasama, dancintadamai, dalammelaksanakankomunikasifungsional.
2.1.1 Menyapa guru dantemanmenggunakanBahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitanpada guru danpesertadidikmenggunakan Bahasa Inggris yangberterima.
2.1.3 Menjawabataumenjelaskanpertanyaanteman yang kurangpahamdengankonteks/materiungkapansapaandanpamitandanresponsnya.
2.1.4Menjawabsapaan guru dantemanmenggunakan Bahasa Inggris yangberterima.
2.1.5 Menjawabungkapanpamitaan guru dantemanmenggunakan Bahasa Inggris yangberterima.

2.2.1 Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.2.2  Mengerjakan setiap tugas yang diberikan
2.2.3 Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
2.2.4 Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya
                                              
2.3.1  Aktif dalam kerja kelompok
2.3.2  tidak mengganggu teman dalam satu kelompok maupun kelompok yang lain
3
3.2 Menerapkanstrukturteks, danunsurkebahasaandariuntukmelaksanakanfungsisosialmenyatakandanmenanyakantentangkemampuandankemauanmelakukansuatutindakan, sesuaidengankontekspenggunaannya.


3.2.1. Siswadapat mengidentifikasiungkapan yang digunakanuntuk menyatakan kemampuan
3.2.2.Siswa dapatmengidentifikasi ungkapan menanyakan kemampuanseseorang untuk melakukan sesuatu
3.2.3. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan untuk merespon ungkapan menanyakan kemampuan melakukan sesuatu
3.2.4.Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyatakan kemauan/keberkenanan


3.2.5. Siswadapat mengidentifikasi ungkapanmenanyakan kemauan seseorang untuk  melakukan sesuatu
3.2.6. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan merespon ungkapan menanyakan kemauan/keberkenanan untuk melakukan sesuatu
4
4.2 Menyusuntekslisandantulisuntukmenyatakandanmenanyakantentangkemampuandankemauanmelakukansuatutindakan, denganmemperhatikanfungsisosial, strukturteks, danunsurkebahasaan yang benardansesuaikonteks.
4.2.1. Siswadapat menggunakanungkapanmenyatakan kemampuan melakukan sesuatu
4.2.2. Siswa dapat menanyakan kemampuan seseorang melakukan sesuatu.
4.2.3. Siswa dapat merespon ungkapan menanyakan kemampuan
4.2.4. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan kemauan/keberkenanan melakukan sesuatu
4.2.5. Siswa dapat menggunakan ungkapan menanyakan kemauan/keberkenanan seseorang melakukan sesuatu
4.2.6. Siswa dapat menggunakan ungkapan merespon pertanyaan kemauan/ keberkenanan melakukan sesuatu






C.         Tujuan Pembelajaran 
Peserta didik:
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
2.1.1 Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
2.1.4 Menjawab sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5 Menjawab ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.2.1 Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.2.2  Mengerjakan setiap tugas yang diberikan
2.2.3 Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
2.2.4 Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya
2.3.1  Aktif dalam kerja kelompok
2.3.2  tidak mengganggu teman dalam satu kelompok maupun kelompok yang lain
3.2.1. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyatakan kemampuan
3.2.2.Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan menanyakan kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu
3.2.3. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan untuk merespon ungkapan menanyakan kemampuan melakukan sesuatu
3.2.4.Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyatakan kemauan/keberkenanan
3.2.5. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan menanyakan kemauan seseorang untuk  melakukan sesuatu
3.2.6. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan merespon ungkapan menanyakan kemauan/keberkenanan untuk melakukan sesuatu
4.2.1. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan kemampuan melakukan sesuatu
4.2.2. Siswa dapat menanyakan kemampuan seseorang melakukan sesuatu.
4.2.3. Siswa dapat merespon ungkapan menanyakan kemampuan
4.2.4. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan kemauan/keberkenanan melakukan sesuatu
4.2.5. Siswa dapat menggunakan ungkapan menanyakan kemauan/keberkenanan seseorang melakukan sesuatu
4.2.6. Siswa dapat menggunakan ungkapan merespon pertanyaan kemauan/ keberkenanan melakukan sesuatu

D.    Materi Pembelajaran
Ø  Materi Pokok:
1. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan
2.     Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan

Ø  Fungsi Sosial:
     Menunjukkan sikap personal tentang kemampuan dan kemauan diri sendiri dan orang lain untuk melakukan suatu tindakan
Ø  Struktur teks dari percakapan yang menggunakan ungkapan ability dan willingness, yaitu:
1. opening
2. content/sustaining
3. closing
Ø  Unsur Kebahasaan:
1.      Kata Kerja bantu modal : can, will
2.      Kosa kata terkait kegiatan dan tindakan sehari-hari di lingkungan rumah, kelas, sekolah, dan masyarakat.
3.      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal.
4.      Ucapan, tekanan kata, intonasi
5.      Ejaan dan tanda baca
6.      Tulisan tangan

E.     Metode Pembelajaran
Scientific Approach (Observing, Questioning, Experimenting, Associating, Communicating)

F.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media                           : Gambar, laptop, LCD
2.      Alat                              : White board and board marker
3.      Sumber Belajar            : Buku Bahasa Inggris“When English Rings a Bell”

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuaan 1
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a.Guru menyiapkanpesertadidiksecarapsikisdanfisikuntukmengikuti proses pembelajarandenganmemberisalam,mengajakpesertadidikuntukmerapikankelasdanpenampilanmereka, mengajakpesertadidikuntukmengawalikegiatandenganberdoa, danmemeriksakehadiranpesertadidik.
b. Guru mengajukanpertanyaantentangmateri Bahasa Inggris yang dipelajariatautelahdikenalsebelumnya.
c. Guru menyampaikantentangtujuanpembelajaranataukompetensidasar yang akandicapai.
d. Guru menyampaikancakupanmateridanuraiankegiatansesuai RPP.

2.      Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Observing
ü  Peserta didik menyimak dan menirukan ucapan guru
ü  Secara berpasangan peserta didik menggunakan berlatih peran dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan kemampuan melakukan suatu tindakan dan responnya dengan menggunakan intonasi dan pelafalan yang benar
ü  Peserta didik mengidentifikasi kalimat  langsung yang menggunakan ungkapan menyatakan kemampuan untuk melengkapi kalimat rumpang
b.      Questioning
ü  Dengan bimbingan guru, peserta didik termotivasi untuk bertanya mengenai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan kemampuan melakukan sesuatu
c.       Experimenting
ü  Peserta didik membentuk kelompok.
ü  Peserta didik mewawancarai teman sekelas dengan menggunakan ungkapan menanyakan kemampuan dan melengkapi tabel yang tersedia pada buku siswa.
ü  Secara kelompok membuat kalimat berdasarkan data hasil interview.
d.      Associating
ü  Peserta didik menukarkan hasil kelompok dengan kelompok lain dan saling mengkoreksi kesalahan.
e.       Communicating
ü  Siswa mempresentasikan hasil kelompoknya yang telah direvisi
ü  Bersama guru memberi feedback pada presentasi  kelompok  lain


3.      Penutup (10 menit)
a.  Guru danpesertadidiksecarabersama-samamembuatringkasanbahan yang sudahdipelajaripadapertemuanini.
b.  Guru mengajukanpertanyaankepadapesertadidikuntukmembantumerekamelakukanrefleksiterhadapkegiatanbelajar yang telahmerekalakukan.
c.  Guru memberikantugaskepadapesertadidikuntukmempraktikkanungkapanabilitydanmencatatkepadasiapasajapesertadidikmengucapkanungkapantersebut.
d.  Guru menjelaskanrencanakegiatanpembelajaran yang akandatang.              


Pertemuaan 2
2.      Kegiatan awal (10 menit)
a.Guru menyiapkanpesertadidiksecarapsikisdanfisikuntukmengikutiproses pembelajarandenganmemberisalam, mengajakpesertadidikuntukmerapikankelasdanpenampilanmereka,mengajakpesertadidikuntukmengawalikegiatandenganberdoa, danmemeriksakehadiranpesertadidik.
b. Guru mengajukanpertanyaantentangmateri yang dipelajarisebelumnya.
c.   Guru menjelaskantentangtujuanpembelajaranataukompetensidasaryang akandicapai.
  d.Guru menyampaikancakupanmateridanuraiankegiatansesuai RPP.

3.      Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Observing
ü  Menyimak dan menirukan ucapan guru
ü  Secara berpasangan menggunakan berlatih peran dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan kemauan melakukan suatu tindakan dan responnya dengan menggunakan intonasi dan pelafalan yang benar
ü  Mengidentifikasi kalimat  langsung yang menggunakan ungkapan menyatakan kemauan untuk melengkapi kalimat rumpang
b.      Questioning
ü  Dengan bimbingan guru, siswa termotivasi untuk bertanya mengenai fungsi sosial, struktur teks, pengucapan, kosakata dan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan kemauan melakukan sesuatu
c.       Experimenting
ü  Membentuk kelompok
ü  Meminta siswa membedakan penggunaan kalimat yang  menyatakan dan menanyakan kemampuan dan kemauan
d.      Associating
ü  Membaca beberapa kalimat terkait dengan ungkapan menyatakan kemauan
ü  Menuliskan kembali kalimat yang menggunakan ungkapan menyatakan kemauan
ü  Secara berpasangan menuliskan beberapa dialog berdasarkan gambar yang ada pada buku siswa hal. 30
e.       Communicating
ü  Siswa mempresentasikan hasil kelompoknya yang telah direvisi
ü  Bersama guru memberi feedback pada presentasi  kelompok  lain
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru danpesertadidiksecarabersama-samamembuatringkasanbahan yang sudahdipelajaripadapertemuanini.
b. Guru mengajukanpertanyaankepadapesertadidikuntukmembantumerekamelakukanrefleksiterhadapkegiatanbelajar yang telahmerekalakukan.
c.  Guru menjelaskanrencanakegiatanpembelajaran yang akandatang.             

H. Penilaian
1. Jenis/Teknik Penilaian:
a.       Penilaian diri sendiri
b.      Test Lisan(Performance Test)
c.       Test Tulis (Hasil Kerja)

2.  a. Bentuk Instrumen:
ü  Aspek Sikap:  observasi dan peer assesment
ü  Aspek Pengetahuan: uraian
ü  Aspek Ketrampilan: Role Play, Writing

  b.  Contoh Instrumen:
ü  Complete the following sentences according to speakers statements! (Buku Siswa hal 23)

ü  Do an interview with your friends to fill in the table by using” Can you...? and Will you....?( Buku Siswa hal 24)

ü  Play the roles based on the pictures given!(Buku Siswa hal 27)
ü  Please write 10 sentences based on the pictures (Buku siswa hal 32)

3. Rubrik Penilaian:
a. Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Santun
Sangat sering menunjukkan sikap santun
Sering menunjukkan sikap santun
Beberapa kali menunjukkan sikap santun
Pernah menunjukkan sikap santun
Tidak pernah menunjukkan sikap santun
5
4
3
2
1
2
Jujur
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
Sering menunjukkan sikap jujur
Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
Pernah menunjukkan sikap jujur
Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
5
4
3
2
1
3
Percaya Diri
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
Sering menunjukkan sikap jujur
Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
Pernah menunjukkan sikap jujur
Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
5
4
3
2
1
b.      Rubrik Penilaian Pengetahuan
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Tujuan Komunikatif
Sangat memahami
Memahami
Cukup memahami
Kurang memahami
Tidak memahami
5
4
3
2
1
2
Keruntutan Teks
Struktur teks yang digunakan sangat runtut
Struktur teks yang digunakan  runtut
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
Struktur teks yang digunakan tidak runtut
5
4
3
2
1
3
Pilihan Kosa Kata
Sangat variatif dan tepat
Variatif dan tepat
Cukup variatif dan tepat
Kurang variatif dan tepat
Tidak variatif dan tepat
5
4
3
2
1
                       
c.       Rubrik Penilaian Ketrampilan
ü  Untuk Kemampuan Menulis
             
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Keaslian Penulisan
Sangat original
Original
Cukup Original
Kurang Original
Tidak Original
5
4
3
2
1
2
Keruntutan Teks
Keruntutan teks sangat tepat
Keruntutan teks  tepat
Keruntutan teks cukup tepat
Keruntutan teks kurang tepat
Keruntutan teks tidak tepat
5
4
3
2
1
3
Pilihan Kosa Kata
Pilihan kosa kata sangat tepat
Pilihan kosa kata tepat
Pilihan kosa kata cukup tepat
Pilihan kosa kata kurang tepat
Pilihan kosa kata tidak tepat
5
4
3
2
1
 
ü  Untuk Kemampuan Berbicara (Lisan)
             
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan
(Pronunciation)
Hampir sempurna
Ada beberapa kesalahan namun  tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna

5
4

3

2
1
2
Intonasi
(Intonation)
Hampir sempurna
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
5
4

3

2
1
3
Kelancaran
(fluency)
Sangat lancar
Lancar
Cukup lancar
Kurang lancar
Tidak Lancar
5
4
3
2
1
4
Ketelitian
(accuracy)

Sangat Teliti
Teliti
Cukup teliti
Kurang teliti
Tidak teliti
5
4
3
2
1
             
             


Surakarta,   Januari 2015


Mengetahui                                                                
Kepala SMP                                                                                        Guru Mata Pelajaran



________________________                                                        ______________________
NIP.                                                                                                  NIP.


1 komentar:

  1. Hallo para sahabar guru sekalian, saya guru bahasa inggris di pedalaman kalimantan Barat. apakah saya bisa minta tolong untuk kirimkan RPP Kurikulum K13 KELAS 8,9 untuk saya.via email, gasparsscc@yahoo.com

    BalasHapus