RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPkelompok 2
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materipokok : Asking and Stating Ability and Willingness
Alokasi
Waktu :
2 pertemuan (4JP)
A.
KompetensiInti
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahamipengetahuan
(faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4. Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di
sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.
B.
Kompetensi DasardanIndikatorPencapaianKompetensi
No
|
Kompetensidasar
|
Indikatorpencapaiankompetensi
|
1
|
1.1.MensyukurikesempatandapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantarkomunikasiInternasional.
|
1.1.1
Bersemangatdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Seriusdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaran
Bahasa Inggris.
|
2
|
2.1
Menunjukkanperilakusantundanpedulidalammelaksanakankomunikasiantarpribadidengan
guru danteman.
2.2 Menunjukkanperilakujujur,
disiplin, percayadiri, danbertanggungjawabdalammelaksanakankomunikasitransaksionaldengan
guru danteman.
2.3 Menunjukkanperilakutanggungjawab,
peduli, kerjasama, dancintadamai, dalammelaksanakankomunikasifungsional.
|
2.1.1 Menyapa guru
dantemanmenggunakanBahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitanpada guru
danpesertadidikmenggunakan Bahasa Inggris yangberterima.
2.1.3
Menjawabataumenjelaskanpertanyaanteman yang
kurangpahamdengankonteks/materiungkapansapaandanpamitandanresponsnya.
2.1.4Menjawabsapaan guru
dantemanmenggunakan Bahasa Inggris yangberterima.
2.1.5
Menjawabungkapanpamitaan guru dantemanmenggunakan Bahasa Inggris
yangberterima.
2.2.1 Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.2.2
Mengerjakan setiap tugas yang diberikan
2.2.3 Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab
pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
2.2.4 Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi
tanggung jawabnya
2.3.1 Aktif
dalam kerja kelompok
2.3.2 tidak
mengganggu teman dalam satu kelompok maupun kelompok yang lain
|
3
|
3.2 Menerapkanstrukturteks,
danunsurkebahasaandariuntukmelaksanakanfungsisosialmenyatakandanmenanyakantentangkemampuandankemauanmelakukansuatutindakan,
sesuaidengankontekspenggunaannya.
|
3.2.1.
Siswadapat mengidentifikasiungkapan yang digunakanuntuk menyatakan kemampuan
3.2.2.Siswa dapatmengidentifikasi ungkapan menanyakan kemampuanseseorang
untuk melakukan sesuatu
3.2.3. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan untuk merespon
ungkapan menanyakan kemampuan melakukan sesuatu
3.2.4.Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang digunakan
untuk menyatakan kemauan/keberkenanan
|
|
|
3.2.5. Siswadapat
mengidentifikasi ungkapanmenanyakan kemauan seseorang untuk melakukan sesuatu
3.2.6. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan merespon
ungkapan menanyakan kemauan/keberkenanan untuk melakukan sesuatu
|
4
|
4.2
Menyusuntekslisandantulisuntukmenyatakandanmenanyakantentangkemampuandankemauanmelakukansuatutindakan,
denganmemperhatikanfungsisosial, strukturteks, danunsurkebahasaan yang
benardansesuaikonteks.
|
4.2.1.
Siswadapat menggunakanungkapanmenyatakan kemampuan melakukan sesuatu
4.2.2. Siswa dapat menanyakan kemampuan seseorang
melakukan sesuatu.
4.2.3. Siswa dapat merespon ungkapan menanyakan
kemampuan
4.2.4. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan kemauan/keberkenanan
melakukan sesuatu
4.2.5. Siswa dapat menggunakan ungkapan menanyakan
kemauan/keberkenanan seseorang melakukan sesuatu
4.2.6. Siswa dapat menggunakan ungkapan merespon
pertanyaan kemauan/ keberkenanan melakukan sesuatu
|
|
|
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada
pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris.
2.1.1 Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang
kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
2.1.4 Menjawab sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang
berterima.
2.1.5 Menjawab ungkapan pamitaan guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.2.1 Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.2.2 Mengerjakan setiap tugas yang
diberikan
2.2.3 Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab
pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
2.2.4 Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya
2.3.1 Aktif dalam kerja kelompok
2.3.2 tidak mengganggu teman dalam
satu kelompok maupun kelompok yang lain
3.2.1. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang
digunakan untuk menyatakan kemampuan
3.2.2.Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan menanyakan
kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu
3.2.3. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan untuk
merespon ungkapan menanyakan kemampuan melakukan sesuatu
3.2.4.Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang
digunakan untuk menyatakan kemauan/keberkenanan
3.2.5. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan menanyakan
kemauan seseorang untuk melakukan
sesuatu
3.2.6. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan merespon
ungkapan menanyakan kemauan/keberkenanan untuk melakukan sesuatu
4.2.1. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan kemampuan melakukan
sesuatu
4.2.2. Siswa dapat menanyakan kemampuan seseorang melakukan sesuatu.
4.2.3. Siswa dapat merespon ungkapan menanyakan kemampuan
4.2.4. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan
kemauan/keberkenanan melakukan sesuatu
4.2.5. Siswa dapat menggunakan ungkapan menanyakan
kemauan/keberkenanan seseorang melakukan sesuatu
4.2.6. Siswa dapat menggunakan ungkapan merespon
pertanyaan kemauan/ keberkenanan melakukan sesuatu
D. Materi
Pembelajaran
Ø
Materi Pokok:
1. Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan
suatu tindakan
2.
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan
Ø
Fungsi Sosial:
Menunjukkan sikap personal
tentang kemampuan dan kemauan diri sendiri dan orang lain untuk melakukan suatu
tindakan
Ø Struktur
teks dari percakapan yang menggunakan ungkapan ability dan willingness, yaitu:
1. opening
2. content/sustaining
3. closing
Ø Unsur
Kebahasaan:
1. Kata
Kerja bantu modal : can, will
2. Kosa
kata terkait kegiatan dan tindakan sehari-hari di lingkungan rumah, kelas,
sekolah, dan masyarakat.
3. Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal.
4. Ucapan,
tekanan kata, intonasi
5. Ejaan
dan tanda baca
6. Tulisan
tangan
E.
Metode Pembelajaran
Scientific Approach (Observing, Questioning, Experimenting, Associating,
Communicating)
F. Media, Alat, dan
Sumber Belajar
1.
Media : Gambar,
laptop, LCD
2. Alat :
White
board and board marker
3.
Sumber Belajar : Buku
Bahasa Inggris“When English Rings a Bell”
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuaan 1
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
a.Guru
menyiapkanpesertadidiksecarapsikisdanfisikuntukmengikuti proses
pembelajarandenganmemberisalam,mengajakpesertadidikuntukmerapikankelasdanpenampilanmereka,
mengajakpesertadidikuntukmengawalikegiatandenganberdoa,
danmemeriksakehadiranpesertadidik.
b.
Guru mengajukanpertanyaantentangmateri Bahasa Inggris yang
dipelajariatautelahdikenalsebelumnya.
c.
Guru menyampaikantentangtujuanpembelajaranataukompetensidasar yang akandicapai.
d.
Guru menyampaikancakupanmateridanuraiankegiatansesuai RPP.
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
a. Observing
ü Peserta
didik menyimak dan menirukan ucapan guru
ü Secara
berpasangan peserta didik menggunakan berlatih peran dengan menggunakan
ungkapan menyatakan dan menanyakan kemampuan melakukan suatu tindakan dan
responnya dengan menggunakan intonasi dan pelafalan yang benar
ü Peserta
didik mengidentifikasi kalimat langsung
yang menggunakan ungkapan menyatakan kemampuan untuk melengkapi kalimat rumpang
b. Questioning
ü Dengan
bimbingan guru, peserta didik termotivasi untuk bertanya mengenai fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan
kemampuan melakukan sesuatu
c. Experimenting
ü Peserta
didik membentuk kelompok.
ü Peserta
didik mewawancarai teman sekelas dengan menggunakan ungkapan menanyakan
kemampuan dan melengkapi tabel yang tersedia pada buku siswa.
ü Secara
kelompok membuat kalimat berdasarkan data hasil interview.
d. Associating
ü Peserta
didik menukarkan hasil kelompok dengan kelompok lain dan saling mengkoreksi
kesalahan.
e. Communicating
ü Siswa
mempresentasikan hasil kelompoknya yang telah direvisi
ü Bersama
guru memberi feedback pada presentasi
kelompok lain
3. Penutup (10 menit)
a.
Guru danpesertadidiksecarabersama-samamembuatringkasanbahan yang
sudahdipelajaripadapertemuanini.
b.
Guru
mengajukanpertanyaankepadapesertadidikuntukmembantumerekamelakukanrefleksiterhadapkegiatanbelajar
yang telahmerekalakukan.
c.
Guru memberikantugaskepadapesertadidikuntukmempraktikkanungkapanabilitydanmencatatkepadasiapasajapesertadidikmengucapkanungkapantersebut.
d. Guru
menjelaskanrencanakegiatanpembelajaran yang akandatang.
Pertemuaan 2
2.
Kegiatan
awal (10 menit)
a.Guru
menyiapkanpesertadidiksecarapsikisdanfisikuntukmengikutiproses
pembelajarandenganmemberisalam,
mengajakpesertadidikuntukmerapikankelasdanpenampilanmereka,mengajakpesertadidikuntukmengawalikegiatandenganberdoa,
danmemeriksakehadiranpesertadidik.
b. Guru mengajukanpertanyaantentangmateri yang
dipelajarisebelumnya.
c.
Guru menjelaskantentangtujuanpembelajaranataukompetensidasaryang
akandicapai.
d.Guru
menyampaikancakupanmateridanuraiankegiatansesuai RPP.
3.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a. Observing
ü Menyimak
dan menirukan ucapan guru
ü Secara
berpasangan menggunakan berlatih peran dengan menggunakan ungkapan menyatakan
dan menanyakan kemauan melakukan suatu tindakan dan responnya dengan
menggunakan intonasi dan pelafalan yang benar
ü Mengidentifikasi
kalimat langsung yang menggunakan
ungkapan menyatakan kemauan untuk melengkapi kalimat rumpang
b. Questioning
ü Dengan
bimbingan guru, siswa termotivasi untuk bertanya mengenai fungsi sosial,
struktur teks, pengucapan, kosakata dan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan
dan menanyakan kemauan melakukan sesuatu
c. Experimenting
ü Membentuk
kelompok
ü Meminta
siswa membedakan penggunaan kalimat yang
menyatakan dan menanyakan kemampuan dan kemauan
d. Associating
ü Membaca
beberapa kalimat terkait dengan ungkapan menyatakan kemauan
ü Menuliskan
kembali kalimat yang menggunakan ungkapan menyatakan kemauan
ü Secara
berpasangan menuliskan beberapa dialog berdasarkan gambar yang ada pada buku
siswa hal. 30
e. Communicating
ü Siswa
mempresentasikan hasil kelompoknya yang telah direvisi
ü Bersama
guru memberi feedback pada presentasi
kelompok lain
3.Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Guru danpesertadidiksecarabersama-samamembuatringkasanbahan
yang sudahdipelajaripadapertemuanini.
b. Guru
mengajukanpertanyaankepadapesertadidikuntukmembantumerekamelakukanrefleksiterhadapkegiatanbelajar
yang telahmerekalakukan.
c. Guru menjelaskanrencanakegiatanpembelajaran
yang akandatang.
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik Penilaian:
a. Penilaian diri
sendiri
b. Test
Lisan(Performance Test)
c. Test Tulis (Hasil
Kerja)
2. a.
Bentuk Instrumen:
ü Aspek Sikap: observasi dan peer assesment
ü Aspek Pengetahuan: uraian
ü Aspek Ketrampilan:
Role Play, Writing
b. Contoh Instrumen:
ü Complete the
following sentences according to speakers statements! (Buku Siswa hal 23)
ü Do an interview with
your friends to fill in the table by using” Can you...? and Will you....?( Buku
Siswa hal 24)
ü Play the roles based
on the pictures given!(Buku Siswa hal 27)
ü Please write 10
sentences based on the pictures (Buku siswa hal 32)
3. Rubrik Penilaian:
a. Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
|
Sangat sering menunjukkan sikap santun
Sering menunjukkan sikap santun
Beberapa kali menunjukkan sikap santun
Pernah menunjukkan sikap santun
Tidak pernah menunjukkan sikap santun
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Jujur
|
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
Sering menunjukkan sikap jujur
Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
Pernah menunjukkan sikap jujur
Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Percaya Diri
|
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
Sering menunjukkan sikap jujur
Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
Pernah menunjukkan sikap jujur
Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
|
5
4
3
2
1
|
b. Rubrik Penilaian
Pengetahuan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Tujuan Komunikatif
|
Sangat memahami
Memahami
Cukup memahami
Kurang memahami
Tidak memahami
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Keruntutan Teks
|
Struktur teks yang digunakan sangat runtut
Struktur teks yang digunakan runtut
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
Struktur teks yang digunakan tidak runtut
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Pilihan Kosa Kata
|
Sangat variatif dan tepat
Variatif dan tepat
Cukup variatif dan tepat
Kurang variatif dan tepat
Tidak variatif dan tepat
|
5
4
3
2
1
|
c. Rubrik Penilaian
Ketrampilan
ü Untuk Kemampuan Menulis
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Keaslian Penulisan
|
Sangat original
Original
Cukup Original
Kurang Original
Tidak Original
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Keruntutan Teks
|
Keruntutan teks sangat tepat
Keruntutan teks
tepat
Keruntutan teks cukup tepat
Keruntutan teks kurang tepat
Keruntutan teks tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Pilihan Kosa Kata
|
Pilihan kosa kata sangat tepat
Pilihan kosa kata tepat
Pilihan kosa kata cukup tepat
Pilihan kosa kata kurang tepat
Pilihan kosa kata tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
ü Untuk Kemampuan Berbicara (Lisan)
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
(Pronunciation)
|
Hampir sempurna
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Intonasi
(Intonation)
|
Hampir sempurna
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu
makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Kelancaran
(fluency)
|
Sangat lancar
Lancar
Cukup lancar
Kurang lancar
Tidak Lancar
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Ketelitian
(accuracy)
|
Sangat Teliti
Teliti
Cukup teliti
Kurang teliti
Tidak teliti
|
5
4
3
2
1
|
Surakarta, Januari 2015
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
________________________
______________________
NIP.
NIP.
Hallo para sahabar guru sekalian, saya guru bahasa inggris di pedalaman kalimantan Barat. apakah saya bisa minta tolong untuk kirimkan RPP Kurikulum K13 KELAS 8,9 untuk saya.via email, gasparsscc@yahoo.com
BalasHapus