RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/Satu
Materi pokok :
Occupation
Alokasi Waktu : 1 X pertemuan ( 2 JP )
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi
internasional.
|
Sebagai
bukti bahwa peserta didik mensyukuri mendapat kesempatan belajar Bahasa
Inggris:
|
2
|
2.1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
Peserta
didik dapat menyatakan dan menanyakan tingkah laku orang dengan cara yang
santun dan berterima
|
3
|
3.8 Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tingkah
laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi struktur teks yang digunakan untuk menyatakan
dan menanyakan tingkah laku orang sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4
|
4.9 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi
dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
|
Peserta didik dapat menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku
orang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari Bab IX peserta didik dapat
1. menunjukan
kesungguhan dalam belajar bahasa Inggris tentang menyatakan dan
menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi
orang, binatang, benda, sesuai dengan
konteks penggunaannya
2. menunjukan perilaku jujur dan kerjasama dalam berkomunikasi
dalam bahasa
Inggris tentang menyatakan dan menanyakan
tingkah laku/tindakan/fungsi orang,
binatang,
benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3. mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks untuk
menyatakan dan menanyakan tingkah laku/
tindakan/fungsi orang, binatang, benda
berdasarkan konteks.
4. menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku/
tindakan/fungsi orang,
binatang, benda berdasarkan gambar/situasi
yang disediakan.
5. menulis tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang,
benda berdasarkan
gambar/situasi yang disediakan.
D.
Materi Pembelajaran
1. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi
dari orang, binatang, dan benda
2. Fungsi sosial : mengidentifikasi
3. Struktur teks :
a) Positive sentences : My grandfather is a doctor. He
examines patients carefully. He works in the hospital.
b) Interrogative sentences : What is she? Where does she work? What does she do?
4. Unsur kebahasaan:
a) Kata tanya : What
do ...? Where does ...? What does ...? .
b) Penyebutan kata kerja yang sangat lazim dan terkait
dalam simple present tense untuk menyatakan kebiasaan, tanpa dan dengan –s.
c) Preposisi: in,
at, on untuk menunjukkan tempat
d) Preposisi in,
at, on untuk menunjukkan waktu
e) Kata ganti : this, that, it, these, those
f)
Introductory there : there is,
there are
g) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
h) Ejaan dan tanda baca
i)
Tulisan tangan.
5. Topik : Orang, binatang,
benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
santun
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan
scientific
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a. Media : LCD, Gambar –
gambar
b. Alat : Lembar kerja, spidol
c. Sumber pembelajaran : - Buku Teks wajib “When English Rings
a Bell”
-
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/
transaksional dengan benar dan akurat
-
Contoh peragaan
dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
-
Contoh interaksi
tertulis
-
Contoh teks
tertulis
-
Sumber dari
internet, seperti:
G.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
a.
Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru mengecek kehadiran peserta didik
2) Guru menyapa siswa menggunakan BahasaInggris agar tercipta English environment.
(3) Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa
4) Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang sudah diberikan sebelumnya.
5) Guru
memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi yang akan disampaikan dihubungkan dengan pengalaman pribadi anak.
6). Guru menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan pada hari ini.
b.
Kegiatan inti (60
menit)
Mengamati:
Peserta
didik mengamati contoh ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku dan tindakan orang.
1. Peserta didik
berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk
menyatakan dan menanyakan tingkah laku
dan tindakan orang, seperti; Tom is a baker. He is in the kitchen. He bakes
bread there.
2.
Peserta didik berlatih mengucapkan (menirukan)
ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon pertanyaan untuk
menanyakan tingkah laku dan tindakan
orang, seperti; Does your grandmother
like cooking ? How often do you eat out with your family? What is your favourite place for your family
to eat out ?
Mempertanyakan:
3.
Dengan bimbingan guru, peserta didik mempertanyakan
makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
Mengasosiasi/menganalisis
4.
Dengan bekerja berkelompok, siswa mengamati
gambar-gambar dan mempelajari ungkapan-ungkapan
untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku dan tindakan orang untuk memperoleh informasi tentang
makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi
5. Melalui berbagai
situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk
menyatakan dan menanyakan tingkah laku
dan tindakan orang dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut.
6. Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok dari gambar yang diberikan guru
berkaitan dengan tingkah laku dan tindakan orang.
c.
Penutup
1) Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada
pertemuan ini.
2) Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi
terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3) Guru memberikan
tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat
kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
4) Guru menjelaskan
rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
H. Penilaian
a.
Jenis/teknik penilaian
b.
Bentuk instrument dan instrument
c.
Pedoman pensekoran
Peserta didik mengamati salah satu anggota keluarganya dan mendeskripsikan tingkah laku dan tindakannya baik yang positif maupun
negative dalam kalimat
minimal sepuluh kalimat.
RubrikPenilaian
a.
Kompetensi Pengetahuan
Topik : Deskripsi tingkah laku dan tindakan orang
Kompetensi
|
Teknik
|
BentukInstrumen
|
Pengetahuan
|
Teslisan
|
Uraiansingkat
|
Rubrikpenilaian:
No.
|
NamaSiswa
|
Kosakata
|
Kelancaran
|
Intonasi
|
Pemahanan
|
Total
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 4
= sangat bervariasinya kosakata, sangat lancer, intonasi sangat baik dan pemahaman
sangattinggi.
Skor
3 = bervariasinya kosakata,
lancar, intonasi baik,
dan pemahamanbaik.
Skor
2 = kosa kata cukup bervariasi, cukup lancar, intonasi cukup baik dan pemahaman
cukup.
Skor
1 = kosakata sangat kurang bervariasi, kurang lancar, intonasi kurang baik dan
Nilaiakhir = [ (skorperolehan
/skormaksimal) X 4]
b.
Kompetensiketerampilan
Teknik
:tespraktek.
Rubrikpenilaian:
No.
|
Nama
|
Kosakata
|
Kelancaran
|
Pengucapan
|
Intonasi
|
Total
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Skor
4 = sangatlancardalampengucapan, intonasidankosakatasangatbervariasi.
Skor
3 = lancardalampengucapan, intonasi, pengucapandankosakatabervariasi.
Skor
2 = cukuplancardalampengucapan, intonasi, dankosakatacukupbervariasi.
Skor
1 = kuranglancardalampengucapan, intonasidankosakatasangatkurangbervariasi.
Nilaiakhir = [ (skorperolehan/skormaksimal) X 4]
c.
Kompetensi sikap
Teknik
:jurnal
RubrikPenilaian:
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Idris
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu konsistenmenunjukkan
sikap sesuai aspeksikap
3 = apabila sering konsistenmenunjukkan
sikap sesuai aspeksikapdan
kadang-kadang tidak
sesuai aspeksikap
2 = apabila kadang-kadang konsistenmenunjukkan
sikap sesuai aspeksikapdan
sering tidak
sesuai aspeksikap
1 = apabila tidak pernah konsistenmenunjukkan
sikap sesuai aspeksikap
Nilaiakhir
= [(skorperolehan/skormaksimal) X 4)
Urakarta, 5 Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMP N 1 Surakarta Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Lampiran 1
KegiatanPendahuluan
1.Do you remember what we discussed yesterday ?
2. Have you ever seen a
circus ?
3. What animals are there in the circus ?
4. Animals in the circus can do many things, like dancing,
jumping, cycling, etc. Do
you know who trains them ? What do you call for a person who
does funny things
in the circus ?
( Setelah guru memberipertanyaan, guru
membertahuituadalahsalahsatujenispekerjaandanituadalahmateri yang akandibahas )
KegiatanInti
1.Mengamati
Make a group of five !
1. Arrange the jumbled pieces of picture then tell us what the
picture is about, what
he/she does, where does he/she usually do.
-He is a baker. He bakes bread. He is in the
bakery.
2. Arrange the jumbled pieces of picture then tell us what the
picture is about, what
he/she does, where does he/she usually do, What does he/she
need to do it ?
3.Observe the following picture then tell us about the picture
in five sentences
4.Observe the following picture then tell us who they are,
where they are, what they do.
5.Observe the following picture then describe it !
Mempertanyakan
1.What
is your father occupation ?
2.
Is he a hard worker ?
3.
Where does he work ?
4.
How does he get there ?
Mengasosiasi/menganalisis
Observe the
following picture then answer the following questions !
1.What is he ?
2. What does he
do ?
3. What for
does he make them ?
4. How does he
make them ?
5. Do you think
it is difficult to make them ?Why ?
Berkomunikasi
Do in pair !
Make a dialogue with your friends ! Ask about what
your parents’ occupation then practice it in front of classmates !
Penutup
Ask
your schoolmates about their parents’ occupation, Write down all information you
get in your journal
Lampiran test tertulis.
Describe about your neighbours’occupation !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar