Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SMP ............
Matapelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : When I was a child
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
A.Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3: Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
2.2.Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
3.11.Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.13.Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau, denganmemperhatikanfungsisosial, struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks
Indikator
:
·
Mengidentifikasi
kata kerja serta tense yang digunakan secara benar
·
Memahami
struktur teks dan unsur kebahasaan ( verb, intonasi, ucapan dan tekanan kata)
yang benar.
·
Memahami,
menyatakan, menanyakan kalimat lisan dan tulis yang menyatakan keadaan atau
kejadian atau kegiatan yang terjadi disaat lampau.
C.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada
pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada
pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris
yang berterima;
2.1.2.1mengidentifikasi kata kerja bentuk 2
2.1.3.1memahami struktur teks dan unsur kebahasaan .
2.1.4.1menyatakan dan menanyakan kalimat secara lisan
(intonasi, ucapan dan tekanan kata) dan tertulis.
2.1.5.1Memahami, menyatakan, menanyakankalimat secara lisan
dan tertulis yang menyatakan keadaan atau kejadian atau kegiatan yang terjadi
pada waktu lampau.
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. Fungsi
sosial
Melaporkan,
menceritakan, menjelaskan.
2. Unsur
kebahasaan
Kata
kerja dalam Simple Past Tense
Kalimat
dengan pola Simple past tense
3. Struktur
teks
What did
you do after school yesterday? My brother and I went fishing in the river; Who
opened the box? Yusuf did; he got an accident. he was riding on his motorcycle
and hit the lamp post.
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan
Pembelajaran)
Scientific Approach dengan pendekatan Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : power point
2. Alat/Bahan :
laptop, LCD, papan tulis, lembar kerja
3.
Sumber Belajar :KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. BahasaInggrisWhen English Rings the BellSMP/MTs Kelas VIII.Jakarta:
KementerianPendidikandanKebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan;
- salam dan tegur sapa
-cheking
kehadiran siswa.
-mengarahkan anak ke materi yang akan dibahas.
Kegiatan inti
1. Pertemuan
Kesatu ( 2 JPL )
a. Mengamati
/Observing
Peserta didik
|
Guru
|
· membaca dan
memahami instruksi kegiatan memainkan peran fakta sebelumnya dan fakta
saat ini.
· belajar ‘
memerankan’ tokoh-tokoh dalam gambar
|
· Mengarahkan.
· Mengarahkan.
|
b. Mempertanyakan/Questioning
Peserta didik
|
Guru
|
· menanyakan kejadian/kegiatan yang terjadi
saat lampau dan sekarang.
|
·
Mengarahkan dan menilai bahasa lisan peserta
didik
|
c. Mengumpulkan
informasi/collecting information
Peserta didik
|
Guru
|
membaca nyaring dan bermakna tentang teks-teks
yang ditulis Dayu secara bersama dengan meniru guru
membaca
nyaring dan bermakna teks-teks yang ditulis Dayu secara individu di depan
kelas.
|
membacakan teks diikuti siswa.
mengarahkan
|
d. Mengasosiasi/ associating
Peserta didik
|
Guru
|
·
membaca nyaring dan bermakna teks-teks yang
ditulis Dayu di depan kelas dan kemudian dilaksanakan di kelompok masing agar
semua peserta didik berkesempatan untuk berlatih dan mendapat balikan dari
teman-temanny a
|
·
Mengarahkan siswa untuk bermain peran.
|
e. Mengkomunikasikan/communicating
Peserta didik
|
Guru
|
· membuat 5
kalimat tentang keadaan atau kegiatan atau kejadian yang benar-benar mereka
lakukanatau alami sendiri atau orang lain yang mereka tahu, disertai dengan
pernyataan sebab, cara atau waktunya secara individu.
· diminta
membacakan hasil kerjanya di depan kelas.
|
·
Mengarahkan siswa untuk bekerja bersama
kelompoknya, supaya bisa saling membantu dan mengarahkan juga untuk menanya.
·
Menilai bahasa lisan dan tulis peserta didik.
|
2.
Pertemuan ke dua (2 JPL)
a.Mengamati
/Observing
Peserta didik
|
Guru
|
· membaca dan
memahami instruksi tentang melengkapi
dengan pernyataan perbandingan deskriptif yang sesuai dengan yang diucapkan
setiap tokoh.
· belajar menyalin dengan tulisan tangan dan
sekaligus melengkapi dengan pernyataan perbandingan yang sesuai dengan dengan
teks
|
· Mengarahkan.
· Mengarahkan.
|
b.Mempertanyakan/Questioning
Peserta didik
|
Guru
|
· menanyakan , yang ada di bagian buku halaman
: 154
|
·
Mengarahkan siswa untuk bertanya.
|
c. Mengumpulkan
informasi/collecting information
Peserta didik
|
Guru
|
membaca nyaring dan bermakna teks-teks yang ditulis Dayu secara berlatih dan mendapatkan balikan dari
teman-teman sekelompoknya.
|
Mengarahkan siswa
bermain peran dan juga bertanya.
Menilai bahasa lisan
peserta didik.
|
d.Mengasosiasi/associating
Peserta didik
|
Guru
|
·
menyalin tabel kata kerja untuk mengenal dan
mendalami empat bentuk infleksi kata kerja.
·
menghafal kata kerja secara individu,
bersama, berganti, berulang-ulang. Sampai mereka terbiasa, hafal,dan dapat
mengingat secara otomatis.
|
·
Mengarahkan
·
Menilai bahasa lisan peserta didik ketika
mengucap setiap kata.
|
|
|
e.Mengkomunikasikan/communicating
Peserta didik
|
Guru
|
· melakukan refleksi tentang apa yang telah
dipelajari dan diketahui sampai pada tahap ini.Dengan cara melengkapi
pernyataan dalam kotak refleksi.
|
·
Membimbing siswa untuk mereflesi yang sedang
mereka pelajari.
|
3.
Pertemuan ke tiga (2 JPL)
a.Mengamati
/Observing
Peserta didik
|
Guru
|
· membaca dan memahami instruksi yang intinya melakukan penilaian diri
khususnya dalam membuat kalimat di kegiatan B.
|
· Mengarahkan.
|
b.Mempertanyakan/Questioning
Peserta didik
|
Guru
|
· menanyakan tentang : How many sentences have miror
mistake?...............
|
·
Mengarahkan siswa untuk bertanya.
|
c.
Mengumpulkan informasi/collecting information
Peserta didik
|
Guru
|
mengidentifikasi dan menuliskan fakta-fakta
yang terjadi pada setiap masa kehidupan Dayu.
mengidentifikasi alasan yang diberikan Dayu
dengan cara menyalin dengan tulisan tangan.
|
Mengarahkan siswa
Menilai juga bahasa lisan peserta didik ketika
membacakannya.
|
d.Mengasosiasi/associating
Peserta didik
|
Guru
|
·
memerankan sebagai tokoh dalam perckapan
tertulis
·
menghafal kata kerja secara individu,
bersama, berganti, berulang-ulang. Sampai mereka terbiasa, hafal,dan dapat
mengingat secara otomatis.
|
·
Mengarahkan siswa untuk bermain peran.
·
Menilai bahasa lisan peserta didik
|
|
|
e.Mengkomunikasikan/communicating
Peserta didik
|
Guru
|
· membuat teks seperti yang telah dibuat Dayu
tentang masa kecilnya dan masa sebelum ini, dengan judul yang telah
disediakan. Dikerjakan kelompok (terdiri 5orang), masing-masing menyumbangkan
3 kalimat.
|
·
Membimbing siswa
·
Menilai bahasa tulis dan lisan ketika siswa
membacakannya.
|
4.
Pertemuan ke empat (2 JPL)
a.Mengamati
/Observing
Peserta didik
|
Guru
|
· membaca dan memahami instruksi yang intinya melakukan refleksi tentang apa
yang telah dipelajari dan diketahui dengan cara melengkapi pernyataan dalam
kotak refleksi
|
· Membimbing siswa
untuk merefleksikan yang sedang mereka pelajari, yaitu : bahwa belajar menyatakan
keadaan (state)/ kejadian yang terjadi diwaktu lampau. Predikat memiliki
variasi bentuk sesuai dengan finitenya.
|
b.Mempertanyakan/Questioning
Peserta didik
|
Guru
|
· menanyakan
tentang :
- Do you
remember the different forms of the verb....?
-Let’s look
closely at the four form and describe the differences
|
·
Mengarahkan siswa untuk bertanya.
|
c.
Mengumpulkan informasi/collecting information
Peserta didik
|
Guru
|
menyalin
tabel kata kerja ke dalam buku catatannya untuk mengenal dan mendalami empat
bentuk refleksi kata kerja yang terdapat dalam teks Dayu, dan kemudian
menghafalnya secara mekanik untuk pembiasaan.
bersama-sama, berganti-ganti dan
berulang-ulang, menghafal keempatbentuk tersebut, sampai mereka terbiasa,
hafal, dan dapat mengingat secara otomatis.
|
Mengarahkan siswa untuk
bertanya.
Menilai juga bahasa lisan peserta didik ketika
mengucapkan setiap kata.
|
d.Mengasosiasi/associating
Peserta didik
|
Guru
|
·
melengkapi pernyataan yang sesuai dengan
yang diucapkan setiap tokoh.
·
menyalin dengan melengkapi 10 kalimat
rumpang dengan tulisan tangan.menghafal kata kerja secara individu, bersama,
berganti, berulang-ulang. Sampai mereka terbiasa, hafal,dan dapat mengingat
secara otomatis.
|
·
Mengarahkan siswa untuk bertanya.
·
Menilai bahasa tulis dan lisan ketika
membaca.
|
|
|
e.Mengkomunikasikan/communicating
Peserta didik
|
Guru
|
· diminta untuk
melakukan evaluasi diri mengenai apa yang sudah dipahaminya. Urutannya :
-siswa diminta menulis
apa yang sudah dipelajari.
-siswa diminta untuk
menulis bagian mana yang paling disukai.
-siswa diminta untuk menuliskan
kesulitan yang dihadapi.
-siswa diminta untuk
menuliskan usaha yang dilakukan untuk perbaikan kedepan.
|
·
Melihat bagian evaluasi diri, termasuk
memberikan tambahan, remidial kepada siswa yang belum paham.
|
Penutup:
-
Memberi
tugas kepada siswa
-
Merefleksikan
pembelajaran yang telah diperoleh di bab 9
-
Salam
penutup
H. Penilaian
Sikap:
Observasi, penilaian diri, teman sejawat menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating
scale)
Pengetahuan:
Lisan&penugasan
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik
KINERJA (praktik)
Simulasi atau bermain peran ( role play ) dalam bentuk
interaksi dengan menceritakan pengalaman di waktu lampau.
1.
Observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian
· Upaya menggunakan
bahasa Inggris dalam berbagai kesempatan.
· Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
Rubrik
a. Aspek Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
|
|
3.
|
Peduli
|
5: selalu peduli
4: sering pedul
3: kadang-kadang peduli
2: jarang peduli
1: tidak pernah peduli
|
|
4.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
5.
|
Cinta damai
|
5: selalu cinta damai
4: sering cinta damai
3: kadang-kadang cinta damai
2: jarang cinta damai
1: tidak pernah cinta damai
|
|
b. Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2= kurang memahami
1 = tidak memahami
|
|
c. Aspek Tingkah
Laku
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
|
5 = Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
|
d.Aspek Ketrampilan Menulis
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Criteria
|
Skore
|
|
PenulisanKosa Kata
|
100% penulisan kata
tepat
|
5
|
80% penulisan kata
tepat
|
4
|
||
60% penulisan kata
tepat
|
3
|
||
40% penulisan kata
tepat
|
2
|
||
20% penulisan kata
tepat
|
1
|
||
|
Ketepatan Tata Bahasa
|
100% penggunaan tata
bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
||
|
Kerapian Tulisan
|
Rapi dan terbaca
|
5
|
Kurang rapid an
kurang terbaca
|
3
|
Surakarta.......................................
Mengetahui,
Kepalasekolah Guru
matapelajaran
terima kasih atas ilmunya yang sangat membantu
BalasHapus