Minggu, 18 Januari 2015

RPP kelas 7 Bab 6 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No: 3.11 - 3

Sekolah                        :  SMP . . . . . . Surakarta
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :VII/1
Materi Pokok               :  Lagu
Alokasi Waktu             :  4 x 40 menit

A.     Kompetensi Inti
Peserta didik mampu memahami fungsi social dan unsur kebahasaan dalam lagu, serta menangkap makna lagu.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator


No
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1      Mensyukuri kesempatan dapat mem-
pelajarai bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi  internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

1.1.1.      Bersemangat dalam melaksanakansetiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2.      Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaranBahasa Inggris
1.1.3.      Dengan penuh kesungguhan menyanyikan lagu tentang “I have A Dream”.

2.3. Menunjukkan perilaku peduli,  dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
2.3.1.   Menyapa guru dan teman
            menggunakan bahasa Inggris
            yang berterima
2.3.2. Menjawab atau menjelaskan
pertanyaan teman yang kurang
paham dengan konteks/materi.


3.1Memahami fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lagu berbahasa
       Inggris sesuai dengan konteks
penggunaannya.

3.1.1        Menggunakan unsur-unsur kebahasaan yang benar (intonasi, pengucapan, struktur bahasa).
3.1.2        Menemukan kata benda tunggal dan kata benda jamak dalam lagu “I have A Dream”
3.1.2.      Mendengarkan lagu berbahasa Inggris


4.14 Menangkap makna lagu.
4.1.1.   Menirukan pengucapan dengan
menyanyikan sesuai dengan
lagu yang didengar.
4.1.2.   Mengidentifikasi makna dari
            lagu “I Have A Dream"
4.1.3.   Mengidentifikasi kata kata
            dalam sajak.
4.1.4..  Menemukan informasi rinci  
            yang tersurat dari lagu “I Have
            A Dream”


4.1.5..  Menemukan informasi rinci  
            yang tersirat dari lagu “I Have
            A Dream”
4.1.6.   Menemukan makna kata yang
ada dalam lagu berbahasa
            Inggris. Misal : I Have A
            Dream.
4.1.7.   Menuliskan sebuah sajak dalam
            bahasa Inggris.



C.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

1.1.4.      Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.5.      Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaranBahasa Inggris
1.1.6.      Dengan penuh kesungguhan menyanyikan lagu tentang “I have A Dream”.
2.3.1.   Menyapa guru dan teman
            menggunakan bahasa Inggris
            yang berterima
2.3.2.  Menjawab atau menjelaskan  
            pertanyaan teman yang kurang
            paham dengan konteks/materi.
3.1.3        Menggunakan unsur-unsur kebahasaan yang benar (intonasi, pengucapan, struktur bahasa).
3.1.4        Menemukan kata benda tunggal dan kata benda jamak dalam lagu “I have A Dream”
3.1.3.      Mendengarkan lagu berbahasa Inggris
4.1.1.   Menirukan pengucapan dengan
menyanyikan sesuai dengan
lagu yang didengar.
4.1.2.   Mengidentifikasi makna dari
            lagu “I Have A Dream"
4.1.3.   Mengidentifikasi kata kata
            dalam sajak.
4.1.4..  Menemukan informasi rinci  
            yang tersurat dari lagu “I Have
            A Dream”
4.1.5..  Menemukan informasi rinci  
            yang tersirat dari lagu “I Have
            A Dream”
4.1.6.   Menemukan makna kata yang
            ada dalam lagu berbahasa
            Inggris. Misal : I Have A
            Dream.
4.1.7.   Menuliskan sebuah sajak dalam
            bahasa Inggris

D.    Materi Pembelajaran
I Have A Dream
I.                    I have a dream, a song to sing
To help me cope with anything
If you see the wonder of a very tale
You can take the future even if you fail

                   Reff
I believe in angels
Something good in everything I see
I believe in angels when I know the time is right for me
I’ll cross the stream – I have A dream

            II. O yeah
I have a dream, a fantasy
To help me through reality
And my destination makes it worth the while
Pushing through the darkness, still another mile.
Reff.

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Scientific approach dengan model pembelajaran discovery dan problem based learning.

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.Media             : Lagu
2.Alat/Bahan    : Audio/Video, LCD, White board
3.Sumber Belajar : internet
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10.menit)
a.       Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran ;
b.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang lagu dalam bahasa inggris yang pernah didengar dan disukai ;
c.       Menyampaikan secara garis besar mengenai kosa kata dalam lagu dan menjelaskan kepada peserta didik hal-hal apa saja yang akan mempengaruhi proses penilaian.
2.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
SISWA
GURU
WAKTU
Mengamati (observing)
·   Mengamati sebuah bait lagu
·   Mendengarkan guru membaca bait lagu berbahasa Inggris .
·       Menirukanbait lagu yang dibaca dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
·       Mencermati kata terakhir dalam setiap baris  dan menuliskan kata tersebut dalam table





·       Membaca kata kata tersebut dan menyimpulkan makna bersajak (berima) dalam kata kata tersebut.


-     memberikan contoh lagu dalam bahasa inggris.
      
-     Membaca bait  lagu (I Have A Dream  )
dan menyuruh siswa menirukannya.

-menyuruh peserta didik untuk mengamati kata terakhir dalam setiap baris dan menyuruh peserta didik untuk menuliskan kata tersebut dalam table.

Menyuruh siswa untuk membaca kata kata tersebut dan menyimpulkan makna bersajak (berfima) dalam kata kata tersebut

30 menit
Mempertanyakan
(Questioning)
*Mendengarkan dan
menyanyikan lagu secara
lengkap
·    Mempertanyakan dan menemukan informasi rinci dalam lirik.

·    Mencari kosa kata baru yang terdapat dalam lagu dan mencoba untuk mencari arti dari kosa kata baru yang ditemukan





-Memperdengarkan dan
   menyayikan lagu

Secara lengkap.
-     Memberi kesempatan siswa untuk mencari informasi rinciyang ada lagu.


menanyakan kosa kata yang terdapat dalam lagu



20 menit
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)

Mengidentifikasi makna lagu yang sedang dipelajari dengan menjawab pertanyaan.




.







-     Memerintahkan peserta didik untuk mengidentifikasii lirik lagu dengan menjawab pertanyaan.




30 menit
Mengasosiasi (Associating)
·       Peserta didik mencermati contoh yang ada dalam table


·       Peserta secara individu mencari kata yang bersajak ( berima) dengan kata kata yang ada dalam tabel



-      Memintapeserta didik mengamati contoh dan memperhatikan bahwa kata see berima dengan kata me, dan be

-      Meminta peserta didik untuk menemukan kata yang bersajak (berima) dengan kata – kata yang ada dalam tabel





30 menit
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
Peserta didik menyanyikan lagu yang diajarkan.

Peserta didik membuat  puisi berdasarkan topic yang diberikan.


Menyuruh peserta didik menyanyikan lagu yang diajarkan.
Menyuruh siswa membuat puisi berdasarkan topic yang diberikan


30 menit

3.      Penutup (10 .menit)
a)      Guru memberikan refleksi kepada peserta didik.
b)      Memberikan pertanyaan tentang topik yang diajarkan.
c)      Memintapesera didik untuk memberikan kesimpulan pembelajaran.
d)      Memberi penugasan kelompok untuk minggu depan.

4.      Penilaian
a.       Aspek pengetahuan             : tes tulis
b.      Aspek keterampilan            : praktik
c.       Aspek sikap                        : observasi

1.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : melengkapi kalimat dalam lagu, soal
2.      Pedoman Penskoran





Format Penilaian :
a.      Aspek Pengetahuan
Jika jawaban benar nilai 1
Jika jawaban salah nilai 0
Score : jumlah benar x 5  x 100
      4
b.      Aspek keterampilan

No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Knowledge
1.
Kelancaran ( fluency )

2.
Pengucapan ( pronunciation )

3.
Intonasi ( Intonation )

Attitude
1.
Berani ( brave )

2.
Percaya diri ( confidence )

3.
Berkomunikasi baik ( communicative )

Action

1.
Melakukan tindak komunikasi ( communicative action )

Total

Rata-Rata



Rubrik Penilaian
A. Knowledge
NO
Aspek yang dinilai
Kriteria
Score
1.

Kelancaran
( fluency )
Sangat lancar
5
Lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
2.
Pengucapan
( pronounciation )
Hampir sempurna
5
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
1
3.
Intonasi
( intonation )
Hampir sempurna
5
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
1

B. Attitude
NO
Aspek yang dinilai
Kriteria
Score
1.

Berani ( Brave )
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
5
Pernah menunjukkan sikap tidak berani
4
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani
3
Sering menunjukkan sikap tidak berani
2
Sangat sering menunjukkan sikap tidak berani
1
2.
Percaya diri
(Confidence)
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak PD
5
Pernah menunjukkan sikap tidak PD
4
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak PD
3
Sering menunjukkan sikap tidak PD
2
Sangat sering menunjukkan sikap tidak PD
1
3.
Berkomunikasi baik
(communicative)
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
5
Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
3
Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
2
Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
1



C. Action
NO
Aspek yang dinilai
Kriteria
Score
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat (communicative action )
Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
5
Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4
Beberapa kali melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2
Tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1

c.       Aspek sikap

Lembar Observasi

Aspek Sikap
Deskriptor
Hasil Observasi
Ya
Tidak
Tanggung jawab
Peduli
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran


Menunjukkan sikap peduli


Kerjasama

Cinta damai

Menunjukkan sikap kerjasama dengan teman


Menunjukkan sikap cinta damai



MENGETAHUI:                            Surakarta,     September 2014

Kepala SMP Negeri    Surakarta                                       Guru Bidang Studi.

INSTRUMENT
(Dilaksanakan pada tahap Experimenting)
From the book page 101
Example:
Complete the song while listening !
I Have a dream, a song to sing … .
To help me cope with … .
If you see the wonder of a fairy … .
You can take the future even if you … .

(Dilaksanakan pada tahap Communicating)
Observe the last word of each line. What are they ? Write down in the table.
I Have A Dream
I.                    I have a dream, a song to sing
                  To help me cope with anything
                   If you see the wonder of a very tale
                  You can take the future even if you fail

                   Reff :
                   I believe in angels
                   Something good in everything I see
                   I believe in angels when I know the time is right for me
                   I’ll cross the stream – I have A dream

            II.         O yeah
I have a dream, a fantasy
To help me through reality
And my destination makes it worth the while
Pushing through the darkness, still another mile.

Line
Word
1

2

3

4



Activity 3
With a friend practice reading those last words using the right pronunciation. Do you notice that the word in Line 1 rhymes with the word in Line 2 ? The word in Line 3 rhymes with the word in Line 4 ? Do you know what rhyme means ? Discuss it with your friend.

Activity 4
Work individually to find two words that rhyme with each of the following words.  Observe the examples. Write down your words in the table.
See
me
be
Dream


Wonder


Take


Believe


Cope


Time


Right


While



Activity 7
Read the lyric carefully. Find the meaning of each of these words or phrases. Then discuss it with your friend.
Words/phrases
Meaning
Cope with

Wonder

Future

Stream

Destination

Push through

Worth

Angels



Activity 8
Read the lyric again carefully. With a friend, answer the following questions.
1.       What might be the best title for the song ?
2.       What is the song about ?
3.       What does this line “You can take the future even if you fail” mean ?
4.       Do you think the song teaches us to be optimistic or pessimistic ? Why do you think so ? Give evidence to support your answer ?
5.       What might “my destination” mean ?
6.       What does this stanza mean ? Please retell this stanza using your own words.
I believe in angels
Something good in everything I see
                   I believe in angels when I know the time is right for me
                   I’ll cross the stream – I have A dream




7.      Why do you think some words need to be repeated ?
8.      Which line do you like most ? Why ??
9.      Do you like the song ? What makes you like the song
10.  What can you learn from the song ?

1 komentar: