Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 8 Bab 8 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)

Sekolah              :  Kelompok 8
Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester        :  VIII/2
Materi Pokok     :  Describing people, animal, and thing
Alokasi Waktu :  8 pertemuan ( 16 jam )

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1





3.10   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan nya .

3.1.1        Mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif.
3.1.2        Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan  dalam teks deskriptif lisan dan tulis tentang orang.
3.1.3        Mengidentifikasi makna dalam teks deskriptif  lisan dan tulis, pendek dan sederhana
3.1.4        Mengidentifikasi struktur teks dan unsur  kebahasaan dalam teks deskriptif lisan dan tulis tentang binatang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.5        Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks deskriptif lisan dan tulis tentang benda sesuai dengan konteks penggunaannya.



4.11 Menangkap makna
        dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.
4.12 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


4.11.1 Melengkapi teks deskriptif tulis sangat pendek dan sederhana
4.11.2 melengkapi teks deskripsif lisan sangat pendek dan sederhana



4.12.1 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang orang dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang binatang dengan memperhatikan fungsi sosial, strukturteks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.3 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang benda dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.4 Melengkapi teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang orang dengan memperhatikan fungsisosial, strukturteks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.5 Melengkapi teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang binatang, dengan memperhatikan fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.6 Melengkapi teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.


`



C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1.1.1     bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.1.1.2     Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1            
3.11.1.1    Mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif.
3.11.1.2    Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan  dalam teks deskriptif lisan dan tulis tentang orang.
3.11.1.3    Mengidentifikasi makna dalam teks deskriptif  lisan dan tulis, pendek dan sederhana
3.11.1.4     Mengidentifikasi struktur teks dan unsur  kebahasaan dalam teks deskriptif lisan dan tulis tentang binatang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11.1.5    Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks deskriptif lisan dan tulis tentang benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.1       Melengkapi teks deskriptif tulis sangat pendek dan sederhana
4.11.2       Melengkapi teks deskripsif lisan sangat pendek dan sederhana
4.12.1       Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang orang, dengan memperhatikan fungsisosial, strukturteks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.2      Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang binatang          dengan memperhatikan fungsi sosial, strukturteks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.3      Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang benda dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.4       Melengkapi teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang orang dengan memperhatikan fungsisosial, strukturteks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.5 Melengkapi teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang binatang, dengan memperhatikan fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.12.6 Melengkapi teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, tentang benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

D.  Materi Pembelajaran
Teks deskriptif pendek dan sederhana tentang orang, binatang dan benda
1.  Fungsi Sosial dari ungkapan:
Membanggakan, menjual, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb nya.
2.  Struktur Teks ( gagasan utama dan informasi rinci )
a. menyebutkan nama orang, binatang, benda dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan.
b. menyebutkan sifat orang, binatang, benda dan bagiannya.
c. menyebutkan tindakan dari atau terkait dengan orang, binatang, benda yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai. Panjang teks kurang lebih 6 (tiga) kalimat

3.  Unsur Kebahasaan dari ungkapan sapaan dan pamitan, yaitu:
(1)   a. Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2)   Kata ganti it, they, she, we, dst.; our, my, your, their, dst.
(3)   Kata sifat tentang orang, binatang, benda dalam kehidupan siswa di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan atau tanpa kata keterangan quite, very.
(4)   Frasa nominal seperti dark brown, cute little cat, beautiful red flower
(5)   Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dll.
(6)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(7)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(8)   Ejaan dan tanda baca
(9)   Tulisan tangan

E.  Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Saintifik
2.  Pendekatan Komunikatif

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.      Gambar orang, binatang, benda.
b.      Video
c.       Flashcard terbuat dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi kata kunci.
2. Alat/Bahan
·         Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·         KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Good Morning” untuk  membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video yang menayangkan kata sifat
b) Peserta didik menuliskan kata sifat yang telah dibaca dari tayangan
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang kata sifat ( physical appearance)
c)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana mendeskripsikan orang
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari contoh teks yang ditayangkan ( teks descriptive tentang orang)
c)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari contoh teks yany ditayangkan ( teks deskriptif tentang orang)
d)  Secara individu peserta didik mendeskripsikan salah satu dari teman sekelasnya masing-masing.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik, dengan teks yang diperoleh dari guru peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara individu  peserta didik melengkapi teks deskriptif rumpang tentang orang
b)  Secara individu peserta didik membuat teks deskriptif dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard.
c)  Secara individu peserta didik mengungkapkan deskripsi tentang orang dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembarobservasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
a.    TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.    Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Santun

Berkomunikasi dengan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1


1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang mendeskripsikan orang
1

Menjawab pertanyaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Menjawab pertanyaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



Jumlah
5

d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.  Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian :TesTertulis
b.      j. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c.       k. Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan rumpang teks deskriptif orang, peserta didik dapat melengkapinya
4
I.1-4
2

Disajikan flascard peserta didik dapat membuatnya menjadi sebuah tek deskriptif tentang orang.
6

II.1-6
3

Disajikan 1 gambar orang , peserta didik dapat mendeskripsikanya dengan ungkapan dan struktur kebakasaan yang benar.
6
III.1-6

JUMLAH
16


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
a.    TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
b.    Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan),
c.      Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Diperlihatkankan teks deskritif tentang orang peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang konteks situasi dari teks tersebut.
3

1-3
2

Diperlihatkan teks deskriptif tentang orang, peserta didikndapat menjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks tersebutdenganbenar.
2

4-5
3

Diperlihatkan teks deskriptif tentang orang, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang mendeskripsikan orang
3
6-8

JUMLAH
8


2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan gambar orang, peserta didik diminta untuk menceritakan/ mendeskripsikan secara tulis dan lisan

1

e.  Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f.  Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.


3. Pertemuan Ketiga

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Good Morning” untuk  membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video yang menayangkan kata sifat dan gambar binatang
b) Peserta didik menuliskan kata sifat yang telah dibaca dari tayangan
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang kata sifat ( physical appearance)
c)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana mendeskripsikan binatang
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari contoh teks yang ditayangkan ( teks descriptif tentang binatang)
c)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari contoh teks yany ditayangkan ( teks deskriptif tentang binatang)
d)  Secara individu peserta didik mendeskripsikan salah satu binatang dari beberapa gambar binatang yang di tampiljan guru
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik, dengan teks yang diperoleh dari guru peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

4. Pertemuan Keempat

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara individu  peserta didik melengkapi teks deskriptif rumpang tentang binatang
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan teks deskriptif
c)  Secara individu peserta didik mengungkapkan deskripsi tentang binatang dari gambar binatang yang di persiapkan
c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembarobservasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
d.   TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
e.    Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
f.        Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Santun

Berkomunikasi dengan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1


1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang mendeskripsikan binatang dengan menggunakan bahasa inggris yang berterima
1

Menjawab pertanyaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Mendeskripsikan gambar sebuah binatang dengan menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



Jumlah
5

d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.  Kompetensi Pengetahuan
d.      Teknik Penilaian :TesTertulis
e.       j. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
f.        k. Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan rumpang teks deskriptif tentang seekor binatang, peserta didik dapat melengkapinya
4
I.1-4
2

Disajikan teks deskriptif tentang binatang peserta didik dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut.
6

II.1-6
3

Peserta didik menyiapkan  1 gambar binatang , kemudian peserta didik dapat mendeskripsikanya dengan ungkapan dan struktur kebakasaan yang benar.
6
III.1-6

JUMLAH
16


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
d.   TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
e.    Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan), Kartu situasi
f.       Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Diperlihatkankan teks deskritif tentang binatang peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang konteks situasi dari teks tersebut.
3

1-3
2

Diperlihatkan teks deskriptif tentang binatang, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks tersebutdenganbenar.
2

4-5
3

Diperlihatkan teks deskriptif tentang binatang, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang mendeskripsikan binatang
3
6-8

JUMLAH
8


2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan gambar binatang, peserta didik diminta untuk menceritakan/ mendeskripsikan secara tulis dan lisan

1

e.  Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f.  Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.


3. Pertemuan Kelima

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Good Morning” untuk  membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video yang menayangkan kata sifat dan gambar benda
b) Peserta didik menuliskan kata sifat yang telah dibaca dari tayangan
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang kata sifat benda
 c)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana mendeskripsikan benda
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari contoh teks yang ditayangkan ( teks descriptif tentang benda)
c)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari contoh teks yany ditayangkan ( teks deskriptif tentang benda)
d)  Secara individu peserta didik mendeskripsikan suatu benda dari beberapa gambar benda yang di tampiljan guru
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik, dengan teks yang diperoleh dari guru peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

6. Pertemuan Keenam

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara individu  peserta didik melengkapi teks deskriptif rumpang tentang benda
b)  Secara individu peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan teks deskriptif yang di sediakan oleh guru.
c)  Secara individu peserta didik mengungkapkan deskripsi tentang benda dari gambar yang dipersiapkan masing-masing peserta didik.

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembarobservasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
g.    TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
h.   Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
i.         Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Santun

Berkomunikasi dengan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1


1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang mendeskripsikan benda dengan menggunakan bahasa inggris yang berterima
1

Menjawab pertanyaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Mendeskripsikan gambar benda dengan menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



Jumlah
5

d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.  Kompetensi Pengetahuan
g.      Teknik Penilaian :TesTertulis
h.      j. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
i.        k. Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan rumpang teks deskriptif tentang benda, peserta didik dapat melengkapinya
4
I.1-4
2

Disajikan sebuah teks deskriptif tentang benda ( monument nasional) peserta didik dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks
6

II.1-6
3

Peserta didik mempersiapkan  1 gambar benda (rumah peserta didik masing-masing) , peserta didik dapat mendeskripsikanya dengan ungkapan dan struktur kebakasaan yang benar.
6
III.1-6

JUMLAH
16


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
g.    TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
h.   Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan), Kartu situasi
i.        Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Diperlihatkankan teks deskritif tentang benda peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang konteks situasi dari teks tersebut.
3

1-3
2

Diperlihatkan teks deskriptif tentang benda, peserta didikndapat menjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks tersebutdenganbenar.
2

4-5
3

Diperlihatkan teks deskriptif tentang benda, peserta didik dapat mejawab pertanyaan tentang mendeskripsikan binatang
3
6-8

JUMLAH
8


2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan gambar benda, peserta didik diminta untuk menceritakan/ mendeskripsikan secara tulis dan lisan

1

e.  Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f.  Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5
                                                                                                                        Surakarta,   Januari 2015 
             Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran







Materi Pelajaran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEic4aawllmL5yrBqhwccOcX6JQX5_ABEdDufnT5JPT1uYj7t2Xs6l_32iKTRM66z7nqy-lwl4RcsE04oSs8qL_E87POZNQF5BDQV2-QKGgod9du8xkJZXdaisNppBTsUp-VBwkjs9Is5aU/s320/DC+KURSUS.gif

The definition/ pengertian text descriptive
Descriptive text is a text which says what a person or a thing is like.

Teks Deskriptif yaitu teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda.
The Purpose/ tujuanya :
Its purpose is to describe and reveal a particular person, place or thing. 
Tujuannya adalah untuk menggambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu. 
Bisa dikatakan juga bahwa Descriptive text adalah teks yang menjelaskan tentang seperti apakah orang atau benda yang dideskripsikan, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain.


Struktur Descriptive Text (generic structure) adalah :
1. Identification (identifikasi) adalah pendahuluan , berupa gambaran umum tentang suatu topik.
2. Description (deskripsi) adalah berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan.

Ciri-ciri Descriptive Text :
- Menggunakan simple present tense 
- Menggunakan attribute verb, seperti be (am, is, are) 
- Hanya fokus pada satu objek tersebut.

Irfan Bachdim
Irfan bachdim is a popular football player in Indonesia. His full name is Irfan Haarys Bachdim. He was born in Amsterdam,Neterlands,on Agust 11,1988. He is twenty five years old now.
He is 1,72m tall . He has black hair and white skin. He is very handsome with his pointed nose. He is an Indonesian footballer dutch descent, He is a naturalized player results by PSSI together with Christian Gonzales for Indonesia to strengthen the national team. Currently,he is strengthening PERSEMA Malang in Indonesia super league.
CONTOH TEXT DESCRIPTIVE

Generic Structure
Irfan Bachdim
Identification
Irfan bachdim is a popular football player in Indonesia. His full name is Irfan Haarys Bachdim. He was born in Amsterdam,Neterlands,on Agust 11,1988. He is twenty five years old now.

Descriptions
He is 1,72m tall . He has black hair and white skin. He is very handsome with his pointed nose. He is an Indonesian footballer dutch descent, He is a naturalized player results by PSSI together with Christian Gonzales for Indonesia to strengthen the national team. Currently,he is strengthening PERSEMA Malang in Indonesia super league.








a.     Complete the paragraph by the word in the suitable word below!

b.      Love                c. is                  e. doesn’t                    g. tall               i. color
c.       a problem        d. us                f. has                           h. take care      j. friendly

My mother

My mother …(1) a beautiful person. She is not tall but not short, and she …(2) curly hair and brown. Her eyes color are like honey and her  skin …(3) is light brown, and she has a beautiful smile. She is 160 …(4)  .


She is a very kind person. She is very lovely… (5), patient, and she loves to help people. I …(6) my mom, because she is a good example to me. She loves being in the Church, and she loves sing and dance too.

She is a very good woman, wife and mother. She always …(7) of her family. She likes her house to be clean and organized. She is a very organized person, and all things in the house are in the right place. She …(8)  like messes.

She always has a smile on her face. She is so sweet and lovely. I like when I am going to sleep or went I wake up or when I am going to go to some places, she always give me a kiss, and when the family have …(9) she always be with us to helps us and to give …(10) all her love.


b. Create the simple descriptive text by using the clues words !
-          Mr. Dodi
-          English teacher
-          SMP Purnama Bhakti Bandung
-          Palem street no 30 bandung
-          175 cm
-          Black hair
-          Bright skin
-          Smart
-          Flat nose

c. Describe the people of the picture!








a.        Complete the paragaraph  with the suitable words below!


a.      Run away       c. have                   e. has                                  g. selects
b.      Sleepy             d. sleep                  f. a different                     h. jumps

My Dog
I …(1)  two pets, over all are dogs. The first dog‘s name is Blacky and the second is Chico. That is blacky, he …(2)  black and white fur. Thats one is Chico with brown, white, and black fur. Because of his fur, several people not called it dog, but cat.

Although they all are dog, they have …(3) habits. Blacky likes walking and going to anywhere by motorcycle. He always …(4) to my motorcycle when I sit on the motorcycle. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLSNjkJfiO4pSRSZk08o1jGsEAJp5s75SRYJ8knwO24QrP1AYSQ7yTsssVH2C0MFHWbLY9GudE4rfkFwaAOF5_k2e9-AkFotpGGUxSrQy1gscODnWjeQSSzv7d4z0MLZovThSWWbXwckfp/s1600/dog.png
Blacky likes to …(5) his food before he eats  it, he will not eat his food when his food was in bad conditions or he doesnt like it, he does not ever  eat for one day because there’s not food he like. He just eats bakso, meat, and bone, he never eat dog‘s food because he doesn’t like the taste And then Blacky just … (6) on sofa or on his bed, and he usually barks when someone come to my house.

Chico are very like to eat, he always hungry and hungry again. He was eat 6 time or more on a day, so he’s body going fat. He also sleeps anywhere when he was…(7) . Then he was scary when someone or another dog (except blacky) come to my house so he was …(8) and hide on my room.



RABBIT


            A rabbit is a small mammal with a short tail and pointed ears. Rabbits live in burrows in the ground. Each burrow is the home of a single family. The first fossils which can be attributed to this family came from North America but now they are found in every part of the world. Compared to is small body, rabbit has large sized ears.
            A rabbit is a weak and timid animal and is always surrounded by many enemies. Therefore nature has gifted it with large ears to help it to hear even the fun of drop sound. The large area of the ear catches almost every sound wave produced in the air and transfers them into the inner ear. This makes the rabbit to detect its enemies in time and run to safety zones.

b. Answer the questions based on the teks!
       1. What kind of animal is the rabbit?
       2. How is the physical appearance of the rabbit?
       3. What make the rabbit to detect its enemies and run to safety zones?
       4. What is the synonym of produced?
       5. Therefore, nature has gifted it
            The underlined word refers to …

c.    Create the descriptive text based on the picture of animal you bring!



a.      Complete the paragraph with the suitable word below!
-          Painted           - bananas       -fresh                  - trees                     -a place
-          Rooms                        - a garage       - activities         - vegetables                        - clean

Our house is …(1) where we stay and have our daily …(2) . it is important for our family to have the house. Our house is large and …(3) . it is beautiful, too. My house has brick wall. It is …(4) light brown. The door and windows are brown. The house has some …(5) .  they are : a living room, 3 bedrooms, a kitchen, a bedroom, and …(6) . it has also a verandah and a front yard. The garden is beside the house. There are also many other … (7)and plant in the garden. They are fruit trees and … (8), such as orange, mango, … (9), beans and spinach. At he front yard, there are flower plants and mango trees. The plants make our home …(10) and beautiful.
           


b.      Answer the question based on the text!


THE GARUDA PANCASILA
            The Garuda Pancasila is the symbol of our country, the Republic of Indonesia. It has philosophical meanings. Garuda was the transport of God wisnu in Hindus believe.

The garuda has the specific feathers, 17 on the wings, 8 on tail, and 45 on the neck. They symbolizes the date of Indonesia proclamation on August 17, 1945. The Garuda has a bed hanging on the neck. It has the 5 principles, Pancasila. They are (1) believe in the One Supreme God (2) just and Civilized humanity, (3) The Unity of Indonesia, (4) Democracy led by the wisdom of deliberation among reperesentative, (5) Social justice for the whole of the people of Indonesia.

1.      What does the text tell us about?
2.      What does the symbol belong to?
3.      What was garuda in Hindus believe
4.      “ It “ has phylosopical … . it refers to …
5.      Symbolizes has the same meaning with …



c.       Create the descriptive text of thing of the picture you have prepared!



















Ada empat aspek yang dinilai dalam tes berbicara di atas:
1.      Kelancaran, dengan skor 5 bila sangat lancar,
Skor 4 bila lancar,
Skor 3 bila cukup lancar
Skor 2 bila kurang lancar
Skor 1 bila tidak lancar.
2.      Pengucapan, dengan skor 5 bila pengucapan hampir sempurna,
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
3.      Intonasi, dengan skor 5 bila pengucapan hampir sempurna,
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
4.      Pilihan kata, dengan skor 5 bila sangat variatif dan tepat,
Skor 4 bila variatif dan tepat
Skor 3 bila cukup variatif dan tepat
Skor 2 bila kurang variatif dan tepat
                                          Skor 1 bila tidak variatif dan tidak tepat

Scoring of Task 1 and Task 2:

Nilai siswa  x 100
         20

 
 






























Lampiran 3: Instrumen Peninaian

Penilaian:
1.  KINERJA (praktik)
1.1. Melakukan monolog tentang deskripsi orang, binatang dan benda  di depan kelas / berpasangan
1.2. Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks  dan unsur kebahasaan dalam membuat teks deskriptif.
2. Observasi
               Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
·      Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
·      Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks deskriptif
·      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
3. Portofolio
·      Kumpulan catatan kemajuan belajar siswa atau rekaman monolog teks deskriptif.
·      Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif  berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·      Kumpulan hasil tes dan latihan.
·      Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
4.  Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
·      Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain



Lampiran 4: Rubrik Penilaian

Rubrik Penilaian:

a.       Aspek Sikap

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh

2.
Tanggung jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab

3.
Peduli
5: selalu peduli
4: sering pedul
3: kadang-kadang peduli
2: jarang peduli
1: tidak pernah peduli


4.
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama

5.
Cinta damai
5: selalu cinta damai
4: sering cinta damai
3: kadang-kadang cinta damai
2: jarang cinta damai
1: tidak pernah cinta damai



b.      Aspek Pengetahuan

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

4.
Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2  = kurang memahami
1 = tidak memahami


c.       Aspek Tingkah laku

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat




1 komentar: