RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
03)
Sekolah :
SMP ...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari,tanggal,bulan
Alokasi Waktu : 3
Pertemuan (6
JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun
dan
peduli
dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 Menyapa guru
dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitan
pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau
menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan
sapaan dan pamitan dan responsnya.
2.1.4 Menjawab
sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5 Menjawab
ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
|
3.1. Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
|
3.1.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan
dan menanyakan nama hari dan
nama waktu dalam hari.
|
|
4.1. Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun,
dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1
Menyusun
teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari dan nama
waktu dalam hari.
4.1.2
Menyampaikan
teks tulis untuk menyatakan nama
hari dan nama kegiatan dalam
hari secara lisan
|
|
|
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 menyapa guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.2.1
menjawab pertanyaan atau menjelaskan teman yang kurang paham dengan
konteks/ materi ungkapan nama hari, tanggal,
bulan dan tahun serta waktu dalam hari .
3.1.1.1 mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan dan tahun serta waktu dalam hari
3.1.2.1 mengidentifikasi fungsi penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta waktu dalam
hari
3.1.3.1 mengidentifikasi struktur teks
percakapan yang menggunakan penggunaan angka
nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari
3.1.4.1
melafalkan ungkapan penggunaan angka dalam nama hari,
tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari dengan lafal yang benar;
4.1.1.1 melengkapi teks interpersonal
rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan angka
nama hari, tanggal, dan tahun serta nama waktu dalam hari sapaan dan
dengan tepat;
4.1.2.1 melengkapi teks interpersonal
rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan angka
dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari yang diperdengarkan
dengan tepat;
4.1.3.1
melakukan
percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan penggunaan angka dalam nama hari,
tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari yang diperdengarkan dengan tepat
D. Materi Pembelajaran
1. Fungsi Sosial
Menyadari pentingnya (a) nama hari, (b) bulan, (c)
nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun
untuk mengelola kehidupan manusia.
2. Struktur
Teks dari percakaan yang menggunakan ungkapan penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam
hari ,
yaitu:
a. opening
b. content/sustaining
c. closing
3. Unsur
Kebahasaan dari ungkapan penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam
hari yaitu:
(1) Kosa kata terkait hari, bulan,
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
(2)
Kata kerja dalam simple present tense: be,
have.
(3) Kata tanya What time? What date?, When?
(4) Kata ganti it dan artikel the.
(5) Angka kardinal dan angka ordinal
(6) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(7) Ejaan dan tanda baca
(8) Tulisan tangan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.
Notasi dan lirik lagu “The Names of the Months”.(Tersedia di Buku “When
English Rings a Bell” halaman 66)
b.
Flashcard terbuat
dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi kata kunci.
c.
Kartu situasi terbuat dari
BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi situasi yang harus diperankan
oleh peserta didik.
2.
Alat/Bahan
·
Komputer & LCD
3.
SumberBelajar
·
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014.
Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan
mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa
kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal
sebelumnya.
3)
Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)
Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mengamati kalender di ruang kelas
b) Peserta didik mengamati
nama hari dan nama waktu dalam hari
2) Menanya
a) Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan
pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur
kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b) Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan
tentang bagaimana menanyakan nama hari dan waktu dalam hari
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang isi teks dari guiding questions
b) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari guiding questions
c) Secara berpasangan peserta didik menjawab
pertanyaan tentang struktur teks dari guiding questions
d) Secara berpasangan peserta didik menemukan
ungkapaan nama hari dan waktu dalam hari
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari
tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data yang dimiliki saat bekerja
berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka
rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru
bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan
jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik
dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
dari guru.
c. Penutup
(10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru memberikan tugas kepada peserta didik
untuk mempraktikkan penggunaan nama hari dan tanggal
4) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak
peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta
didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta
didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang
dipelajari sebelumnya.
3) Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1)
Mencipta
a) Secara berpasangan peserta didik melengkapi dialog rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan nama tanggal,bulan dan tahun
b) Secara berpasangan peserta didik melengkapi rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan nama bulan dan tahun
e) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan dengan menggunakan nama tanggal bulan dan tahun
f) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan tentang hari-hari besar nasional dan hari lahir pahlawan-pahlawan nasional
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang
3. Pertemuan ketiga
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan
mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa
kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang
materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal
sebelumnya.
3)
Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)
Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
5) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang
dipelajari sebelumnya.
6) Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
7) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1)
Mencipta
a) Secara berpasangan peserta didik melengkapi dialog yang melibatkan ungkapan penggunaan nama tanggal,bulan dan tahun.
b) Secara berpasangan peserta didik membuat
dialog yang melibatkan ungkapan penggunaan nama tanggal,bulan dan tahun
e) Secara berpasangan peserta didik melakukan 2
percakapan dengan menggunakan nama tanggal,bulan dan tahun
c. Penutup (10 Menit)
1) Guru dan peserta didik secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
3) Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran
yang akan datang
H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a.
TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembarobservasi dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Bersyukur
|
Bersemangat dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris.
|
1
|
Serius dalam
melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa
Inggris
|
1
|
||
|
|
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
1A dan
Lampiran
1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
2. Kompetensi Sikap
Sosial
a. TeknikPenilaian
: Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Instrumen
|
1.
|
Santun
|
Menyapa guru dan
teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
1
|
Berpamitan pada
guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
2.
|
Peduli
|
Menjawab atau
menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan
sapaan dan pamitan dan responsnya
|
1
|
Menjawab sapaan
guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
Menjawab ungkapan
pamitan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
|
|
Jumlah
|
5
|
d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan
Skor: lihat Lampiran
3.
3. Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :TesTertulis
b. j.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c. k.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Soal
|
Nomor
Butir
Soal
|
1
|
Disajikan
pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan
ungkapan sapaan dan pamitan dengan benar.
|
4
|
I.1-4
|
2
|
Disajikan ungkapan
sapaan dan pamitan beserta responnya secara acak, peserta didik dapat
menjodohkan ungkapan dan respon dengan benar.
|
6
|
II.1-6
|
3
|
Disajikan
gambar 2 orang atau lebih saling bertemu dengan ilustrasi waktu yang jelas,
peserta didik dapat menentukan ungkapan sapaan yang tepat.
|
6
|
III.1-6
|
|
JUMLAH
|
16
|
|
d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.
4. Keterampilan
a. TeknikPenilaian
:Tes Tertulis dan Praktik
b. Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan), Kartu
situasi
c. Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan
Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Soal
|
1
|
Diperdengarkan teks percakapan yang
melibatkan ungkap an sapaan dan pamitan, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentangkonteks situasi dari teks tersebut.
|
3
|
1-3
|
2
|
Diperdengarkan teks percakapan yang
melibatkan ungkap an sapaan dan pamitan, peserta didikdapatmenjawab
pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks
tersebutdenganbenar.
|
2
|
4-5
|
3
|
Diperdengarkan teks
percakapan yg melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan, peserta didik dapat mejawab
pertanya an tentang ungkapan sapaan dan pamitan dengan benar.
|
3
|
6-8
|
|
JUMLAH
|
8
|
|
2) Tes Praktik
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
|
Disajikan 2 kartu situasi
yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta
didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan, pamitan dan responsnya dengan lancar,
runtut dan berterima secara berpasangan.
|
2
|
e. Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.
Surakarta, __ _____________ 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________
_________________________
NIP. ... NIP.
...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar