Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 7 Bab 3 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 03)

Sekolah              :  SMP ...
Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester        :  VII/Satu
Materi Pokok     :   Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama  hari,tanggal,bulan
Alokasi Waktu :  3 Pertemuan (6 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
2.1.4 Menjawab sapaan guru dan teman mengguna kan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.5 Menjawab ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.

3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

3.1.1  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan  unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari dan nama waktu dalam hari.


4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.1.1   Menyusun teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari dan nama waktu dalam hari.
4.1.2        Menyampaikan teks tulis untuk menyatakan nama hari dan nama kegiatan dalam hari secara lisan






C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.2.1  menjawab pertanyaan atau menjelaskan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan nama hari, tanggal, bulan  dan tahun serta waktu dalam hari .
3.1.1.1 mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan dan tahun serta waktu dalam hari
3.1.2.1 mengidentifikasi fungsi penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta waktu dalam hari
3.1.3.1 mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan penggunaan angka nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari
3.1.4.1 melafalkan ungkapan penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari  dengan  lafal yang benar;
4.1.1.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan angka nama hari, tanggal, dan tahun serta nama waktu dalam hari  sapaan dan  dengan tepat;
4.1.2.1 melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari yang diperdengarkan dengan tepat;
4.1.3.1 melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan  penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari yang diperdengarkan dengan tepat

D.  Materi Pembelajaran
1.  Fungsi Sosial
Menyadari pentingnya (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun untuk mengelola kehidupan manusia.
2.  Struktur Teks dari percakaan yang menggunakan ungkapan penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari , yaitu:
a. opening
b. content/sustaining
c. closing
3.  Unsur Kebahasaan dari ungkapan penggunaan angka dalam nama hari, tanggal dan tahun serta nama waktu dalam hari  yaitu:
(1)     Kosa kata terkait hari, bulan, waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
(2)           Kata kerja dalam simple present tense: be, have.
(3)    Kata tanya What time? What date?, When?
(4)    Kata ganti it dan artikel the.
(5)    Angka kardinal dan angka ordinal
(6)    Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(7)    Ejaan dan tanda baca
(8)    Tulisan tangan


E.  Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Scientific


F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.      Notasi dan lirik lagu “The Names of the Months”.(Tersedia di Buku “When English Rings a Bell” halaman 66)
b.      Flashcard terbuat dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi kata kunci.
c.       Kartu situasi terbuat dari BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi situasi yang harus diperankan oleh peserta didik.
2. Alat/Bahan
·         Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·         KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
     2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik mengamati kalender di ruang kelas
b) Peserta didik mengamati nama hari dan nama waktu dalam hari
2) Menanya
a)  Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b)  Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menanyakan nama hari dan waktu dalam hari 
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks dari guiding questions
b)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari  guiding questions
c)  Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari guiding questions
d)  Secara berpasangan peserta didik menemukan ungkapaan nama hari dan waktu dalam hari



4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data yang dimiliki saat bekerja berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan penggunaan nama hari dan tanggal
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

a. Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.  
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara berpasangan peserta didik melengkapi  dialog rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan nama tanggal,bulan dan tahun
b)  Secara berpasangan peserta didik melengkapi  rumpang yang melibatkan ungkapan penggunaan nama bulan dan tahun
e)  Secara berpasangan peserta didik melakukan 2 percakapan dengan menggunakan nama tanggal bulan dan tahun
f)  Secara berpasangan peserta didik melakukan 2 percakapan tentang hari-hari besar nasional dan hari lahir pahlawan-pahlawan  nasional

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang






3. Pertemuan ketiga

a.      Pendahuluan (10 menit)

1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
     2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
5)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
6)  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
7)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara berpasangan peserta didik melengkapi  dialog yang melibatkan ungkapan penggunaan nama tanggal,bulan dan tahun.
b)  Secara berpasangan peserta didik membuat dialog yang melibatkan ungkapan penggunaan nama tanggal,bulan dan tahun
e)  Secara berpasangan peserta didik melakukan 2 percakapan dengan menggunakan nama tanggal,bulan dan tahun

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang


H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembarobservasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.


2. Kompetensi Sikap Sosial
a.    TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.    Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Santun

Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1

Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya
1

Menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Menjawab ungkapan pamitan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



Jumlah
5

d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.  Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian :TesTertulis
b.      j. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c.       k. Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan sapaan dan pamitan dengan benar.
4
I.1-4
2

Disajikan ungkapan sapaan dan pamitan beserta responnya secara acak, peserta didik dapat menjodohkan ungkapan dan respon dengan benar.
6

II.1-6
3

Disajikan gambar 2 orang atau lebih saling bertemu dengan ilustrasi waktu yang jelas, peserta didik dapat menentukan ungkapan sapaan yang tepat.
6
III.1-6

JUMLAH
16


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
a.    TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
b.    Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan), Kartu situasi
c.      Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Diperdengarkan teks percakapan yang melibatkan ungkap an sapaan dan pamitan, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentangkonteks situasi dari teks tersebut.
3

1-3
2

Diperdengarkan teks percakapan yang melibatkan ungkap an sapaan dan pamitan, peserta didikdapatmenjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (unsur kebahasaan) pada teks tersebutdenganbenar.
2

4-5
3

Diperdengarkan teks percakapan yg melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan, peserta didik dapat mejawab pertanya an tentang ungkapan sapaan dan pamitan dengan benar.
3
6-8

JUMLAH
8


2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan, pamitan dan responsnya dengan lancar, runtut dan berterima secara berpasangan.

2

e.  Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f.  Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.


Surakarta,  __ _____________ 2015


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




________________________                                          _________________________
NIP. ...                                                                              NIP. ...      



Tidak ada komentar:

Posting Komentar