Minggu, 18 Januari 2015

RPP Kelas 8 Bab 3 K'13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)

Sekolah              :  SMP ...
Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester        :  VIII/Satu
Materi Pokok     :  Giving and Responding to Instructions and Prohibition
Alokasi Waktu :  2 Pertemuan (4 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.2 Memberi   instruksi dan  larangan  menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi tentang memberi instruksi dan larangan beserta responnya
2.1.4 Merespon instruksi dan larangan dengan menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.


3.1      3.1. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, larangan, minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan memberi instruksi dan responsnya.
3.1.2 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan larangan  dan responsnya.
3.1.3 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan memberi instruksi dan responsnya.
3.1.4 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan larangan  dan responsnya.
3.1.5 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan memberi instruksi  dan responsnya.
3.1.6 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan  larangan  dan responsnya.

4.3   Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, larangan, dan minta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
                                
4.3.1 Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan memberi instruksi.
4.3.2 Melengkapi teks percakapan yang melibatkan ungkapan larangan
4.3.3 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan memberi instruksi
4.3.4 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan larangan




C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik:
1.1.1.1  Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1  Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1  Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima;
2.1.2.1  Memberi   instruksi dan  larangan  menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2.1.3.1 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan                 konteks/materi tentang memberi instruksi dan larangan beserta responnya;
 2.1.4.1 Merespon instruksi dan larangan dengan menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
3.1.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan memberi instruksi dan responsnya;
3.1.2.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan larangan  dan responsnya.
3.1.3.1 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan memberi
             instruksi dan responsnya.
3.1.4.1 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan larangan  
             dan responsnya.
3.1.5.1 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan memberi instruksi  dan responsnya.
3.1.5.2 Menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan memberi  instruksi  dan responsnya dengan tepat;
3.1.6.1 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan  larangan   dan responsnya. melafalkan ungkapan pamitan dan responsnya dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
3.1.6.2 Menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan larangan dan responsnya dengan tepat;
4.1.1.1 Melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan memberi instruksi dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat ;
4.1.2.1 Melengkapi teks interpersonal rumpang yang melibatkan ungkapan larangan dan responsnya dengan kata/frasa/kalimat ;
4.1.3.1 Menyusun ungkapan memberi instruksi  lisan dan responsnya dengan tepat ;
4.1.3.2 Melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan memberi instruksi   dan responsnya sesuai dengan konteksnya;
4.1.4.1 Menyusun ungkapan larangan  lisan dan responsnya dengan tepat ;
4.1.4.2 Melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan larangan  sesuai dengan konteksnya;





D.  Materi Pembelajaran
1.  Fungsi Sosial dari ungkapan:
a. Memberi instruksi
b. Larangan
2.  Struktur Teks dari percakapan yang menggunakan ungkapan memberi instruksi dan larangan yaitu:
            (ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
                   Instructions
             Responses
Open the window, please
Of course.
Come in, please
Thank you
Clean the whiteboard ,please.
Yes , Ma’am
Please put the book on the table
All right.



                 Prohibitions
            Response
Don’t be late
I won’t...
Don’t tell Lina that we will give her a special gift
Sure
You don’t have to buy anything for me
It is not a big deal



3.  Unsur Kebahasaan dari ungkapan memberi instruksi dan  larangan  yaitu

a.       Unsur kebahasaan : please,okay, sure, sorry
b.      Tata bahasa : kalimat imperative positif, kalimat imparative negatif,
c.       Ungkapan memberi instruksi  dan responsnya (open the door, please. All right.come in, please , thank you, clean the whiteboard ,please. Yes ma’am Please put the book on the table !dsb.)
d.      Ungkapan larangan  dan responsnya (Don’t be late . I won’t...Don’t tell Lina that we will
give her a special gift,  sure, you don’t have to buy anything for me, it is not a big deal dsb.)
e.   Bentuk pendek (Don’t, won’t, dsb.)
f.  Makna kata berkaitan dengan tema berupa kata/frasa/kalimat yang berkaitan  dengan ungkapan memberi instruksi  dan  larangan (come in, sit down, be on time ,  Don’t be latedon’t tell, don’t be careless dsb)
g. Ucapan/pelafalan, tekanan kata, dan intonasi dari kosa kata (berupa    kata/frasa/kalimat) berkaitan dengan tema.
            h. Ejaan dan tanda baca.
            i.  Tulisan tangan.

E.  Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Saintifik
2.  Pendekatan Komunikatif

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.      Video dan gambar
b.      Kartu situasi terbuat dari BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi situasi yang harus diperankan oleh peserta didik.
2. Alat/Bahan
·         Komputer & LCD
3. SumberBelajar
·         KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. Bahasa Inggris When English Rings the Bell SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan hal 35-37


G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
3) Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan ungkapan memberi instruksi dan larangan.
b) Peserta didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2) Menanya
a) Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan.
b) Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana memberi perintah dan merespon perintah.
c) Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana larangan  dan merespon larangan.
3) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a) Secara berpasangan peserta didik mempraktekkan percakapan yang ada di halaman 35-37
b)  Peserta didik mencari contoh instruksi yang lain beserta responnya.
c)  Peserta didik mencari contoh larangan yang lain beserta responnya.
e) Peserta menuliskan beberapa kalimat tentang ungkapan memberi instruksi dan larangan beserta responnya berdasarkan pada gambar yang telah ditemukan (buku teks halaman  41)
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Peserta didik  memainkan peran pembicara dengan benar dan jelas ( buku teks halaman  42)
                  b) Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a) Secara berpasangan peserta didik mempraktekkan ungkapan instruksi beserta responnya
                  b) Secara berpasangan peserta didik mempraktekkan ungkapan larangan beserta
                     responnya
c) Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.  Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3) Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan memberi instruksi dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

a. Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3) Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4)  Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencipta
a)  Secara berpasangan peserta didik melengkapi  dialog rumpang yang melibatkan ungkapan memberi memberi instruksi  dan responsnya lalu memperagakannya.
b)  Secara berpasangan peserta didik melengkapi  dialog rumpang yang melibatkan ungkapan larangan dan responsnya lalu memperagakannya.
c)  Secara berpasangan peserta didik melakukan  percakapan dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard (ungkapan memberi  instruksi).
d)  Secara berpasangan peserta didik melakukan  percakapan dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard ( ungkapan larangan).

c. Penutup (10 Menit)
1)  Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)  Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1

Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran
Bahasa Inggris
1


JUMLAH
2

d. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2. Kompetensi Sikap Sosial
a.    TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b.    Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi :

No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Santun

Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1

Merespon perintah  guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi ungkapan memberi perintah  dan larangan  beserta  responsnya
1

Merespon  perintah  dari guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Merespon larrangan  guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



Jumlah
5

d. Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.  Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian :TesTertulis
b.      Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
c.       Kisi-kisi :

No.
Indikator
Jumlah Butir
Soal
Nomor Butir
Soal
1
Disajikan pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan memberi perintah  dan  larangan dengan benar.
5
I.1-5
2

Disajikan ungkapan memberi perintah  dan larangan beserta responnya secara acak, peserta didik dapat menjodohkan ungkapan dan respon dengan benar.
5

II.1-5
3

Disajikan gambar  dengan ilustrasi  yang jelas, peserta didik dapat menentukan ungkapan memberi perintah dan larangan yang tepat.
2
III.1-2

JUMLAH
12


d. Instrumen: lihat Lampiran 4A.
e. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4. Keterampilan
a.    TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
b.    Bentuk Instrumen :  (Tes Tertulis)
c.      Tes Praktik Keterampilan Berbicara), dan Rubrik Penilaian Tes Praktik
d. Kisi-kisi:
1) Tes Tertulis

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1

Disajikan beberapa gambar peserta didik melengkapi tabel berdasarkan gambar dengan menuliskan huruf I untuk Instruksi dan P untuk Prohibition
8

1-8
2

Disajikan teks rumpang ungkapan memberi perintah dan larangan siswa melengkapi dengan memilih kata yang sesuai
6

9-14
3

Disajikan kalimat yang menyatakan situasi, siswa membuat kalimat ungkapan memberi instruksi dan larangan .
2
14-15

JUMLAH
14


2) Tes Praktik

No.

Indikator
Jumlah Butir Soal

Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan memberi perintah , larangan  dan responsnya dengan lancar, runtut dan berterima secara berpasangan.

2

e.  Instrumen: lihat Lampiran 5Adan Lampiran 5B.
f.  Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.


Surakarta,  __ _____________ 2014


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




________________________                                          _________________________
NIP. ...                                                                              NIP. ….



















                                                                                         
LAMPIRAN 1A

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.  Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan
memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C. Lembar Observasi

LEMBAR OBSERVASI
Kelas : …
Semester : …
Tahun Pelajaran : ...
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai : Bersyukur

Indikator Sikap :
1. Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
2. Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.


No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual (1 – 4)
Jumlah
Perolehan
Skor

Skor Akhir
Tuntas/
Tidak Tuntas

Indikator 1
Indikator 2
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.






11.






12.






13.






14.






15.






16.






17.






18.






19.






20.






21.






22.






23.






24.






25.






26.






27.






28.






29.






30.






31.






32.








Surakarta,    Juli 2014

Guru Mata Pelajaran



___________________




















LAMPIRAN 1B

INSTRUMEN PENILAIAN KI-1 (SIKAP SPIRITUAL)
LEMBAR PENILAIAN DIRI

A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2. Instrumen ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.

B. Petunjuk Pengisian
1. Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan member tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang dinyatakan
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang dinyatakan
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku dinyatakan
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang dinyatakan

2. Kolom SKOR AKHIR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.

C. Lembar Penilaian Diri

LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama : ...
Kelas/Nomor Urut : …
Semester : ...
TahunPelajaran : …
Hari/Tanggal Pengisian : …
Butir Nilai : Bersyukur

Indikator Sikap :
1. Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
2. Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.


No
Pernyataan

Skor
Perolehan
Skor
Skor
Akhir
Tuntas/
Tdk Tuntas
1
2
3
4
1
Saya bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.







2
Saya serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris








Peserta Didik


_____________

LAMPIRAN 2A

INSTRUMENPENILAIANKI-2 (SIKAP SOSIAL)
LEMBAR OBSERVASI

A. Petunjuk Umum
Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.
Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan
memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabilaSELALUmelakukanperilaku yang diamati
3 = apabilaSERINGmelakukanperilaku yang diamati
2 =apabilaKADANG-KADANGmelakukanperilaku yang diamati
1= apabilaTIDAKPERNAHmelakukanperilaku yang diamati

C. Lembar Observasi

LEMBAR OBSERVASI
Kelas : …
Semester : …
TahunPelajaran : ...
PeriodePengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai : Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.

Indikator Sikap :
1. Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2. Berpamitan pada guru dan siswa menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
3. Menanyakan kepada guru dan teman hal-hal yang tidak jelas berkaitan dengan konteks/materi pembelajaran ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
4. Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
5. Mengulangi ungkapan sapaan dan atau pamitan dengan lebih jelas ketika guru dan teman kurang paham.
6. Menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
7. Menjawab ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.











No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Sosial
Jumlah
Perolehan
Skor

Skor Akhir
Tuntas/
Tidak tuntas

1
2
3
4
5
1.
Abadi
3
4
3
3
3
16
(16:20)x4=3,20
Tuntas
2.
Asri
3
3
2
3
2
13
(13:20)x4=2,60
Tuntas
3.
dst.








4.









5.









6.









7.









8.









9.









10.









11.









12.









13.









14.









15.









16.









17.









18.









19.









20.









21.









22.









23.









24.









25.









26.









27.









28.









29.









30.









31.









32.











Surakarta,    Juli 2014

Guru Mata Pelajaran

___________________

















LAMPIRAN 2B

INSTRUMENPENILAIANKI-2 (SIKAP SOSIAL)
LEMBAR PENILAIAN DIRI

A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2. Instrumen ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.

B. Petunjuk Pengisian
1. Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang dinyatakan
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang dinyatakan
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku dinyatakan
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang dinyatakan
2. Kolom SKOR AKHIR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.

C. Lembar Penilaian Diri

LEMBAR PENILAIAN DIRI

Nama : ...
Kelas/Nomor Urut :…
Semester : ...
TahunPelajaran :…
Hari/TanggalPengisian :…
Butir Nilai : Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

Indikator Sikap :
1. Menyapa guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
2. Berpamitan pada guru dan siswa menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
3. Menanyakan kepada guru dan teman hal-hal yang tidak jelas berkaitan dengan konteks/materi pembelajaran ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
4. Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya.
5. Mengulangi ungkapan sapaan dan atau pamitan dengan lebih jelas ketika guru dan teman kurang paham.
6. Menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
7. Menjawab ungkapan pamitaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima




No.
Pernyataan
Skor
Peroleh an Skor

Skor Akhir
Nilai
Tuntas/
Tidak
Tuntas
1
2
3
4




1.
Saat pembelajaran Bahasa Inggris,
saya:







Tuntas
2.
menyapa guru dan teman
menggunakan Bahasa Inggris
yang berterima.







Tuntas
3.
berpamitan pada guru dan siswa
menggunakan Bahasa Inggris
yang berterima








4.
menjawab atau menjelaskan
pertanyaan teman yang kurang
paham dengan konteks/ materi
ungkapan sapaan dan pamitan
dan responsnya








5.
menjawab sapaan guru dan
teman menggunakan Bahasa
Inggris yang berterima.








6.
menjawab ungkapan pamitaan
guru dan teman menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima









JUMLAH









Peserta Didik

____________
LAMPIRAN 3

PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR KI-1 & KI-2
(SIKAP SPIRITUAL & SIKAP SOSIAL)


1. Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor Akhir =  x 4


Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4


2. Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                 : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C)            : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)           : apabila memperoleh Skor Akhir: Skor Akhir ≤ 1,33




LAMPIRAN 4A
 (Buku siswa halaman 43)

LAMPIRAN 5A



Sentences
Picture
L/p
1.Open your book


2. Don’t walk on the grass


3. Don’t  scream


4.Stand up


5.Open the door .please


6.Stop fighting


7.Don’t look the door


8.Don’t cheat










Tidak ada komentar:

Posting Komentar