Selasa, 13 November 2012

Kisi-kisi Semester Gasal Kelas 9


KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GASAL






Mata Pelajaran :  BAHASA INGGRIS

Kelas :  IX

Tahun Pelajaran :  2012/2013






NO MATERI INDIKATOR Bentuk No
Soal Soal


1.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan dialog tentang asking/giving certainty, siswa 
 tentang meminta dan memberi kepastian  diberikan pertanyaan tentang tujuan dari teks
 tentang mengungkapkan dan menanggapi  Disajikan dialog tentang expressing and responding doubt or
 keraguan  uncertainty, siswa diberikan perintah untuk;
 a. mencari gambaran umum dari teks PG 9
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 10
2.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan sebuah teks dialog tentang asking repetition,  siswa PG 3
 tentang meminta pengulangan  diberi pertanyaan tentang tujuan komunikatif dari teks
3.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan sebuah dialog tentang showing admiration/amazement, 
 tentang menyatakan kekaguman/pujian  siswa diberikan pertanyaan tentang;
 a. tujuan komunikatif dari teks PG 22
 b. menemukan informasi tersirat dari teks PG 23
4.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan sebuah dialog rumpang tentang menanggapi suatu 
 tentang menanggapi berita baik atau buruk  berita baik/buruk, siswa diberi perintah untuk;
 a.  Melengkapi dialog dengan ungkapan yang benar PG 43
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 44
5.  Short functional text 'announcement'   Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'announcement',
 siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 17
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 18
6.  Short functional text 'notice' dengan tema  Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'notice/caution',
 'teknologi'/nature  yg berhubungan dgn teknologi, siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 1
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 2
7.  Short functional text 'advertisement'  Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'advertisement',
 tentang teknologi  tentang teknologi, siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 4
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 5
 c. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 6
8.  Short functional text 'short message'  Disajikan sebuah teks 'short message' yg berhubungan dengan
 lingkungan, siswa diberi perintah untuk;
 a. menemukan gambaran umum teks PG 7
 b. menemukan informasi tersirat dari teks PG 8
9.  Short functional text 'instruction'  Disajikan sebuah teks fungsional 'instruction' tentang lingkungan,
 siswa diberi perintah untuk;
 a. menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 28
 b. menemukan rujukan salah satu kata dari dalam teks PG 29
10.  Short functional text 'announcement'  Disajikan sebuah teks fungsional pendek 'announcement' yang
 berhubungan dengan 'nature', siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Tujuan komunikatif dari teks PG 11
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 12
 c.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 13
11.  Short functional text 'formal/personal letter'  Disajikan sebuah teks fungsional pendek 'letter' yg berhubungan
 dengan alam/lingkungan, siswa diberi perintah untuk;
 a. menemukan tujuan komunikatif dari teks PG 34
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 35
 c. menemukan sinonim dari salah satu kata/frase dari teks PG 36
12.  Teks report tentang nature  Diberikan sebuah teks report tentang alam, siswa diberi
 perintah untuk;
 a. menentukan gambaran umum salah satu paragraf dari teks' PG 19
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 20
 c.  Mencari rujukan salah satu kata/frase dari dalam teks PG 21
13.  Teks Report tentang teknology Diberikan sebuah teks report tentang teknologi, siswa diberi pe
 perintah untuk;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 24
 b.  menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 25

 c.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 26
 d.  Mencari sinonim salah satu kata dari dalam teks PG 27
14.  Teks report tentang environment  Diberikan sebuah teks report tentang environment, siswa diberi
 perintah untuk;
 a. menentukan tujuan komunikatif dari bacaan PG 30
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 31
 c.  Mencari gambaran umum dari salah satu paragraf PG 32
 d.  Menemukan informasi tersirat dari teks PG 33
15.  Teks report rumpang   Disajikan sebuah teks report rumpang tentang alam, siswa  PG 37
 diminta melengkapi paragraf ini dengan kata kerja yang sesuai PG 38
16.  Teks procedure tentang nature  Diberikan sebuah teks procedure tentang alam, siswa diberikan
 pertanyaan tentang;
 a.  Gambaran umum dari bacaan PG 14
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 15
 c.  Menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 16
17.  Teks procedure tentang teknology  Diberikan sebuah teks procedure tentang teknologi, siswa
 diberi pertanyaan tentang;
 a.  menemukan tujuan fungsional dari teks PG 40
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 41
 c.  Mencari pernyataan yang benar berdasarkan bacaan PG 42
18.  kata acak jadi kalimat   Diberikan 8 - 10 kata/frase acak yang berhubungan dengan alam,
 siswa diminta mengurutkannya menjadi sebuah kalimat yang PG 39
 bermakna
19.  kalimat acak jadi teks report  Diberikan 6 - 8 kalimat acak tentang fenomena alam, siswa  PG 45
 diminta mengurutkan kalimat-kalimat tadi sehingga menjadi 
 sebuah teks report yang bermakna
20. Teks report tentang fenomena alam  Diberikan sebuah teks report tentang fenomena, siswa
 diberi pertanyaan tentang;
 a.  Gambaran umum dari bacaan Essay 46a
 b.  Mencari informasi rinci dari bacaan Essay 46b
 c.  Menemukan reference dari salah satu kata/frase dari teks Essay 46c
21. Teks Fungsional   Diberikan kalimat-kalimat dan frase-frase acak, siswa diminta Essay 47
"Personal/formal letter"   mengurutkan kalimat-kalimat dan frase-frase tersebut agar 
  menjadi sebuah surat  yang baik.
22.  Text fungsional 'message'  diberikan 8 hingga 10 kata/frase yang diacak, siswa diminta Essay 48
 mengurutkan kata/frase tersebut sehingga menjadi sebuah 
 teks message yang bermakna
23.  Teks report rumpang tentang teknologi/  Diberikan sebuah teks rumpang tentang teknologi, siswa 49a
 nature  diminta melengkapi teks tersebut dengan verb, adjective, 49b
 dan noun yang benar. 49c
24.  Teks Procedure  diberikan enam hingga delapan gambar suatu proses pembuatan  Essay 50
 sesuatu, dilengkapi dengan beberapa clues (kata kunci) di, 
 bawah gambar, dengan urutan gambar yang masih acak, siswa 
 diminta membuat teks prosedurnya dengan urutan yang benar


























































































































































































































































































































































































































































































































Kisi-kisi Semester Gasal Kelas 8

KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GASAL





Mata Pelajaran :  BAHASA INGGRIS

Kelas :  VIII

Tahun Pelajaran :  2012/2013






NO MATERI INDIKATOR Bentuk No
Soal Soal
1 Teks Fungsional  Diberikan gambar sebuah label suatu produk, siswa 
 'label'  diberi pertanyaan tentang;
 a.  Gambaran umum dari teks PG 17
 b.  Informasi rinci tersurat dari teks PG 18
2  Teks fungsional pendek  Diberikan teks 'advertisement' tentang tourism, siswa
 'advertisement'  diberikan pertanyaan tentang;
 a. tujuan komunikatif dari teks PG 4
 b. informasi rinci tersurat dari teks PG 5
3  Teks fungsional  Diberikan teks fungsional "Greeting card", siswa diberikan,
 'Greeting card'  a.  pertanyaan tentang gambaran umum dari bacaan PG 1
 b.  pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari bacaan PG 2
Teks Fungsional  Disajikan teks fungsional berupa 'personal letter' yang  
"personal letter"  berkaitan dengan 'health', siswa diberikan pertanyaan;
 a.  tentang informasi rinci tersurat dari teks PG 23
 b.  tentang gambaran umum bacaan PG 24
 c.  tentang informasi tersirat PG 25
Teks Fungsional  Disajikan sebuah teks 'invitation' suatu acara, siswa;
"invitation"  a.  Diberikan pertanyaan tentang tujuan dari teks  PG 14
 b.  Diberikan pertanyaan tentang informasi rinci tersurat PG 15
 c.  Diberikan pertanyaan untuk mencari kata rujukan PG 16
      (reference) yang tepat dari bacaan
 Teks fungsional pendek  Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'ucapan
 'condolence'  bela sungkawa', siswa diberi pertanyaan tentang;
 a. tujuan komunikatif dari teks PG 43
 b. informasi rinci tersurat dari  bacaan  PG 44
Teks Fungsional  Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa jadwal
 'time schedule'  kegiatan seseorang, siswa diberikan
 a.  pertanyaan tentang tujuan dari teks tersebut PG 31
 b.  pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks PG 32
 c. memilih pernyataan yang benar berdasarkan bacaan PG 33
Dialog transaksional    Diberikan dialog rumpang tentang meminta atau  PG 45
meminta atau menolak   menolak barang/jasa, siswa diberi perintah untuk
 barang/jasa   melengkapinya
Dialog Transaksional /   Diberikan sebuah dialog tentang mengakui/mengingkari
Interpersonal tentang   suatu fakta, siswa diberi pertanyaan tentang maksud/ PG 8
 mengakui/mengingkari  tujuan komunikatif teks tersebut
 fakta
Teks dialog tentang  disajikan sebuah dialog yang mengandung pujian di
"memuji"  di dalamnya, siswa diberikan;
 a. pertanyaan tentang tujuan dari teks tersebut PG 29
 b. informasi tersirat dari teks PG 30
Dialog Transaksional /    Diberikan dialog rumpang tentang meminta dan  PG 22
Interpersonal ttg meminta    memberi pendapat, siswa diberikan pertanyaan untuk
dan memberi pendapat  memilih pernyataan yang benar menurut dialog
Dialog Transaksional   Disajikan sebuah dialog tentang mengundang seseorang
mengundang dan   dan responnya, siswa diberikan pertanyaan tentang;
menolak undangan  a.  tujuan komunikatif teks tersebut PG 12
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 13
 Dialog Transaksional /   Diberikan dialog rumpang tentang 'agreement/ PG 3
 Interpersonal tentang  disagreement, siswa melengkapi dialog tersebut dengan
 agreement/disagreement  ungkapan yang sesuai.
 Dialog Transaksional /   Disajikan sebuah dialog tentang menyetujui atau tidak
 Interpersonal tentang  menyetujui, siswa diberikan perintah untuk;
 menyetujui/tidak  a. memilih pernyataan yang benar dari bacaan PG 6
 menyetujui   b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 7
 Teks recount tentang  Disajikan sebuah teks recount dengan tema 'kesehatan',
 'health'  siswa diberi perintah untuk;
 a.  Menemukan gambaran umum dari teks PG 26
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 27
 c.  Menemukan antonym salah satu kata/frase dari teks PG 28
 Teks Recount tentang  Diberikan teks recount pendek berbentuk post card, dengan 
 'travelling'  tema 'traveling', siswa diberi pertanyaan; 
 a.  tentang tujuan dari teks tersebut PG 9
 b. untuk mencari makna suatu kata/frase dari bacaan PG 10
 c. untuk memilih salah satu jawaban yang benar PG 11
 Teks Deskriptif   Diberikan teks descriptive tentang sebuah tempat wisata
 tentang travelling  di lndonesia, siswa diberikan;
 a. pertanyaan tentang gagasan dari salah satu paragraf PG 34
 b. pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari bacaan  PG 35
 c. pertanyaan untuk mencari reference salah satu kata  PG 36
     atau frase dari bacaan
Teks Deskriptif tentang   Disajikan sebuah teks descriptive tentang hewan langka, 
 "fauna" langka   siswa diberikan;
 a. pertanyaan tentang gagasan utama salah satu paragraf PG 19
 b. pertanyaan untuk mencari pernyataan yang benar PG 20
     berdasarkan bacaan
 c. pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks PG 21
Teks deskriptif tentang  Diberikan sebuah teks descriptive rumpang tentang  PG 37-38
 sebuah tempat wisata  sebuah tourist destination, dan perintah untuk melengkapi
 teks rumpang tersebut dengan kata kerja/sifat
Teks recount tentang Diberikan teks recount dengan tema travelling, siswa 
 "traveling"  diberikan;
 a. pertanyaan tentang gagasan utama dari bacaan PG 39
 b. pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks PG 40
 c. perintah mencari sinonim salah satu kata/frase dari teks PG 41
 Simple Past Tense; teks  Diberikan 6 - 7 kalimat yang masih acak urutannya, dengan PG 42
 recount   tema tentang 'friendship', siswa diminta mengurutkan 
 kalimat-kalimat tersebut menjadi teks recount yg bermakna
Teks Deskriptif   Diberikan teks descriptive tentang flora (bunga, misal) asli
 Indonesia yang dilindungi, siswa diberikan;
 a. pertanyaan tentang gagasan utama bacaan Essay 47a
 b. pertanyaan tentang informasi rinci dari bacaaan Essay 47b
 c. diberikan perintah untuk mencari rujukan dari kata  Essay 47c
     tertentu dari bacaan
Teks Fungsional  Diberikan kalimat-kalimat acak tentang 'personal letter' Essay 46
"personal letter"  siswa diminta mengurutkan kalimat-kalimat tersebut
 menjadi teks yang bermakna
 Teks fungsional pendek  Diberikan situasi; seorang teman, yang bernama Ana misal,  Essay 48
 'invitation'  akan melangsungkan upacara tunangan, dilengkapi dengan
 hari, tanggal, tempat, alamat, rsvp, no telp, dll., siswa di-
 minta membuat kartu undangan untuk acara tersebut.
Teks recount  Diberikan teks recount rumpang tentang perjalanan wisata,  Essay 49
 siswa diminta melengkapi teks recount rumpang tersebut a - d
 dengan verb; baik regular maupun irregular
 Menyusun kata acak  Diberikan 8 - 9 kata acak, siswa mengurutkan kata-kata Essay 50
 tersebut menjadi sebuah kalimat yang bermakna