Selasa, 13 November 2012

Kisi-kisi Semester Gasal Kelas 7

KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GASAL





Mata Pelajaran :  BAHASA INGGRIS

Kelas :  VII

Tahun Pelajaran :  2012/2013






No MATERI INDIKATOR Bentuk No
Soal Soal

1. Teks Fungsional  Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'notice'

"Notice"  tentang kehidupan di sekolah, siswa diberi pertanyaan tentang;

 a. gambaran umum teks tersebut PG 1
 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 2
2. Teks Fungsional  diberikan sebuah teks tentang library card, siswa diberi 

"Iibrary Card"  pertanyaan tentang;

 a. jenis teks tersebut PG 8

 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 9
 c. informasi tersirat dari dalam teks PG 10
3. Teks Fungsional  diberikan sebuah teks greeting card berupa ucapan ulang tahun 

"greeting Card"  seorang teman, siswa diberi pertanyaan tentang;

 a.  Tujuan dari teks PG 26

 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 27
 c. informasi tersirat dari dalam teks PG 28
4. Teks fungsional pendek  Diberikan sebuah teks berupa 'family tree', siswa diberi 

 berupa 'family tree'  pertanyaan tentang;

 a. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 14
 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 15
5. Teks Fungsional  Disajikan sebuah teks fungsional berupa 'announcement' 

"Announcement"  tentang "school life", siswa diberikan pertanyaan tentang;

 a. tujuan dari teks tersebut PG 31

 b. informasi rinci dari bacaan PG 32
 c. menemukan pernyataan yang benar berdasarkan bacaan PG 33
6. Teks Fungsional  Disajikan sebuah teks tentang 'school regulation', siswa diberikan;

"School Regulation"  a. pertanyaan tentang tujuan komunikatif dari teks PG 18

 b. perintah untuk menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 19
 c. perintah untuk mencari makna suatu kata/frase dari teks PG 20
7. Teks Fungsional  Disajikan sebuah teks tentang "jadwal pelajaran", siswa diberikan

"time table"  perintah untuk; PG 36

 a. menemukan informasi rinci tersurat dari bacaan PG 37

 b. menentukan informasi tersirat dari bacaan
 c. memilih pernyataan yang benar menurut bacaan PG 38
8.  Dialog transaksional Diberikan dialog rumpang tentang perkenalan yang menanyakan

"introduction" nama, alamat rumah dan pekerjaan, siswa diberikan perintah; 

 a.  Melengkapi dialog dengan kalimat yang benar PG 3

 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari bacaan PG 4
 c.  Menentukan tujuan komunikatif dari bacaan PG 5
9.  Dialog interpersonal  Diberikan sebuah dialog rumpang tentang menyapa orang, siswa

 greeting  diberi perintah untuk;

 a. melengkapi dialog rumpang tersebut dengan ungkapan/kalimat PG 16

     yang sesuai
 b. menemukan informasi tersirat dari dialog PG 17
10. Dialog Transaksional /   diberikan sebuah dialog rumpang tentang ucapan terima kasih

Interpersonal tentang  dan responnya, siswa melengkapi dialog tersebut. PG 11

ucapan terima kasih
11.  Dialog Transaksional/   Diberikan sebuah dialog rumpang tentang menyapa orang yang PG 21

 Interpersonal tentang  sudah dikenal dan diberikan perintah untuk melengkapi

 menyapa orang yang   dialog tersebut
 sudah dikenal
12.  Dialog Transaksional /   Diberikan dialog rumpang tentang memerintah seseorang

 Interpersonal tentang  untuk melakukan sesuatu dan perintah untuk melengkapi PG 29

 perintah melakukan   kalimat tersebut
 sesuatu
13.  Dialog Transaksional /   Diberikan dialog tentang menyapa orang yang belum dikenal, siswa

 Interpersonal menyapa  diberi pertanyaan tentang; PG 30

 orang yang belum kenal  a.  Gambaran umum dari dialog
 b.  informasi rinci tersurat dari dalam teks
14. Dialog Transaksional /   Diberikan sebuah dialog rumpang tentang ungkapan 

Interpersonal tentang  kesantunan, siswa diminta untuk;

ungkapan kesantunan  a. melengkapi dialog tersebut dengan ungkapan yg benar PG 34
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari bacaan PG 35
15.  Teks dialog tentang  Diberikan sebuah teks dialog tentang profesi di dalam sebuah  

 'profession'  keluarga, siswa diberi pertanyaan tentang;

 a.  Gambaran umum dari dialog

 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 42
 c. untuk memilih pernyataan yang benar berdasarkan bacaan PG 43
16. Teks dialog tentang  Disajikan sebuah teks dialog tentang kegiatan di perpustakaan, 

Kegiatan di perpustakaan  siswa diberikan pertanyaan;

 a. untuk menemukan informasi rinci tersurat dari bacaan PG 44

 b. untuk mencari padanan kata/synonim dari salah satu kata/ PG 45
     frase dari bacaan
17. Dialog Transaksional /   Diberikan sebuah dialog tentang permintaan maaf, siswa diberi

Interpersonal tentang  pertanyaan tentang;

permintaan maaf  a. maksud/tujuan dari teks tersebut PG 6
 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 7
18.  Dialog Transaksional /   Diberikan dialog tentang meminta dan memberi informasi

 Interpersonal tentang  a. Diberikan pertanyaan tentang tujuan dari bacaan PG 39

 meminta dan memberi  b. Diberikan pertanyaan tentang informasi tersirat dari bacaan PG 40
 informasi  c. Diberikan pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks PG 41
19.  Kosa kata tentang  Diberikan kata-kata acak tentang profesi seseorang dan 

 'profession'  diberikan perintah untuk menyusun kata-kata tersebut PG 25
 menjadi kalimat yang bermakna
20. Teks tentang  Diberikan teks tentang kehidupan rumah tangga, siswa diberi

kegiatan dalam rumah  pertanyaan tentang;

tangga  a. gambaran umum dari bacaan PG 22

 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 23
 c. rujukan salah satu kata/frase dalam bacaan PG 24
21.  teks pendek tentang   disajikan sebuah teks sederhana tentang sekolah/kegiatan di suatu
 sekolah/kehidupan di   sekolah, siswa diberi perintah untuk;
 sekolah   a. menemukan gambaran umum dari bacaan PG 12
 b. menemuka informasi rinci tersurat dari bacaan PG 13
24 Dialog transaksional/ Diberikan 6-8 kalimat acak tentang memperkenalkan orang   Essay 46
interpersonal tentang  lain, siswa diminta mengurutkan menjadi dialog yang bermakna
"introduction"  (di dalam dialog ada salam, how do you do, asking information,  
 thanking, dan leave taking)
25  Announcement  Disajikan sebuah teks pengumuman tentang kehidupan di sekolah, Essay 47
 siswa menjawab pertanyaan tentang;
 a. jenis teks yang disajikan a
 b. informasi rinci tersurat dari dalam teks b
 c. informasi tersirat dari teks  c
26  Family life  Diberikan gambar sebuah 'family tree' lengkap dengan keterangan Essay 48
 profesinya di bawah nama, kemudian diberikan teks rumpang  a - d
 tentang silsilah keluarga tersebut, siswa melengkapi teks tersebut
 dengan jawaban yang benar sesuai dengan 'family tree' yg ada.
27  Greeting  Disajikan sebuah dialog rumpang tentang perkenalan, siswa Essay 49a
 melengkapi dialog tersebut dengan benar. 49b
28  'greeting card'  Siswa diberi perintah untuk membuat sebuah kartu ucapan ulang Essay 50
 tahun seorang teman sekelasnya. Diberikan data-data tertentu
 seputar ulang tahun tersebut, misal ulang tahun ke-12, tanggal 
 5 Desember 2012, dst.

Kisi-kisi Semester Gasal Kelas 9


KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GASAL






Mata Pelajaran :  BAHASA INGGRIS

Kelas :  IX

Tahun Pelajaran :  2012/2013






NO MATERI INDIKATOR Bentuk No
Soal Soal


1.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan dialog tentang asking/giving certainty, siswa 
 tentang meminta dan memberi kepastian  diberikan pertanyaan tentang tujuan dari teks
 tentang mengungkapkan dan menanggapi  Disajikan dialog tentang expressing and responding doubt or
 keraguan  uncertainty, siswa diberikan perintah untuk;
 a. mencari gambaran umum dari teks PG 9
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 10
2.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan sebuah teks dialog tentang asking repetition,  siswa PG 3
 tentang meminta pengulangan  diberi pertanyaan tentang tujuan komunikatif dari teks
3.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan sebuah dialog tentang showing admiration/amazement, 
 tentang menyatakan kekaguman/pujian  siswa diberikan pertanyaan tentang;
 a. tujuan komunikatif dari teks PG 22
 b. menemukan informasi tersirat dari teks PG 23
4.  Dialog Transaksional/interpersonal   Disajikan sebuah dialog rumpang tentang menanggapi suatu 
 tentang menanggapi berita baik atau buruk  berita baik/buruk, siswa diberi perintah untuk;
 a.  Melengkapi dialog dengan ungkapan yang benar PG 43
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 44
5.  Short functional text 'announcement'   Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'announcement',
 siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 17
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 18
6.  Short functional text 'notice' dengan tema  Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'notice/caution',
 'teknologi'/nature  yg berhubungan dgn teknologi, siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 1
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 2
7.  Short functional text 'advertisement'  Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa 'advertisement',
 tentang teknologi  tentang teknologi, siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 4
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 5
 c. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 6
8.  Short functional text 'short message'  Disajikan sebuah teks 'short message' yg berhubungan dengan
 lingkungan, siswa diberi perintah untuk;
 a. menemukan gambaran umum teks PG 7
 b. menemukan informasi tersirat dari teks PG 8
9.  Short functional text 'instruction'  Disajikan sebuah teks fungsional 'instruction' tentang lingkungan,
 siswa diberi perintah untuk;
 a. menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 28
 b. menemukan rujukan salah satu kata dari dalam teks PG 29
10.  Short functional text 'announcement'  Disajikan sebuah teks fungsional pendek 'announcement' yang
 berhubungan dengan 'nature', siswa diberi pertanyaan tentang;
 a.  Tujuan komunikatif dari teks PG 11
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 12
 c.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 13
11.  Short functional text 'formal/personal letter'  Disajikan sebuah teks fungsional pendek 'letter' yg berhubungan
 dengan alam/lingkungan, siswa diberi perintah untuk;
 a. menemukan tujuan komunikatif dari teks PG 34
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 35
 c. menemukan sinonim dari salah satu kata/frase dari teks PG 36
12.  Teks report tentang nature  Diberikan sebuah teks report tentang alam, siswa diberi
 perintah untuk;
 a. menentukan gambaran umum salah satu paragraf dari teks' PG 19
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 20
 c.  Mencari rujukan salah satu kata/frase dari dalam teks PG 21
13.  Teks Report tentang teknology Diberikan sebuah teks report tentang teknologi, siswa diberi pe
 perintah untuk;
 a.  Mencari gambaran umum dari teks PG 24
 b.  menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 25

 c.  Menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 26
 d.  Mencari sinonim salah satu kata dari dalam teks PG 27
14.  Teks report tentang environment  Diberikan sebuah teks report tentang environment, siswa diberi
 perintah untuk;
 a. menentukan tujuan komunikatif dari bacaan PG 30
 b. menemukan informasi rinci tersurat dari teks PG 31
 c.  Mencari gambaran umum dari salah satu paragraf PG 32
 d.  Menemukan informasi tersirat dari teks PG 33
15.  Teks report rumpang   Disajikan sebuah teks report rumpang tentang alam, siswa  PG 37
 diminta melengkapi paragraf ini dengan kata kerja yang sesuai PG 38
16.  Teks procedure tentang nature  Diberikan sebuah teks procedure tentang alam, siswa diberikan
 pertanyaan tentang;
 a.  Gambaran umum dari bacaan PG 14
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 15
 c.  Menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 16
17.  Teks procedure tentang teknology  Diberikan sebuah teks procedure tentang teknologi, siswa
 diberi pertanyaan tentang;
 a.  menemukan tujuan fungsional dari teks PG 40
 b.  Menemukan informasi rinci tersurat dari dalam teks PG 41
 c.  Mencari pernyataan yang benar berdasarkan bacaan PG 42
18.  kata acak jadi kalimat   Diberikan 8 - 10 kata/frase acak yang berhubungan dengan alam,
 siswa diminta mengurutkannya menjadi sebuah kalimat yang PG 39
 bermakna
19.  kalimat acak jadi teks report  Diberikan 6 - 8 kalimat acak tentang fenomena alam, siswa  PG 45
 diminta mengurutkan kalimat-kalimat tadi sehingga menjadi 
 sebuah teks report yang bermakna
20. Teks report tentang fenomena alam  Diberikan sebuah teks report tentang fenomena, siswa
 diberi pertanyaan tentang;
 a.  Gambaran umum dari bacaan Essay 46a
 b.  Mencari informasi rinci dari bacaan Essay 46b
 c.  Menemukan reference dari salah satu kata/frase dari teks Essay 46c
21. Teks Fungsional   Diberikan kalimat-kalimat dan frase-frase acak, siswa diminta Essay 47
"Personal/formal letter"   mengurutkan kalimat-kalimat dan frase-frase tersebut agar 
  menjadi sebuah surat  yang baik.
22.  Text fungsional 'message'  diberikan 8 hingga 10 kata/frase yang diacak, siswa diminta Essay 48
 mengurutkan kata/frase tersebut sehingga menjadi sebuah 
 teks message yang bermakna
23.  Teks report rumpang tentang teknologi/  Diberikan sebuah teks rumpang tentang teknologi, siswa 49a
 nature  diminta melengkapi teks tersebut dengan verb, adjective, 49b
 dan noun yang benar. 49c
24.  Teks Procedure  diberikan enam hingga delapan gambar suatu proses pembuatan  Essay 50
 sesuatu, dilengkapi dengan beberapa clues (kata kunci) di, 
 bawah gambar, dengan urutan gambar yang masih acak, siswa 
 diminta membuat teks prosedurnya dengan urutan yang benar